6 Tips dan Trik Pemakaian Kulkas Dua Pintu, Biar Gak Boros Listrik!

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 28 November 2020 10:00
6 Tips dan Trik Pemakaian Kulkas Dua Pintu, Biar Gak Boros Listrik!
Jangan biarkan setiap sisi rak dalamnya tidak terisi ya Moms!

Ketersediaan kulkas pada setiap hunian bukan menjadi hal yang baru. Didukung oleh kebutuhan manusia yang kian beragam sepeti halnya menyediakan makanan yang awet dengan cara dibekukan serta didinginkan membuat kulkas jadi pilihan tepat guna serta kebutuhan praktis.

Kulkas dua pintu seringkali banyak digunakan serta dikenal akan penggunaan listriknya yang memakan banyak daya besar. Bukan tanpa sebab, kulkas dua pintu kapasitasnya juga bertambah. Dengan fungsi untuk menyimpan bahan serta aneka makanan biar tetap awet dan tahan lama, kulkas harus mampu beroperasi selama 24 jam penuh setiap hari tanpa dimatikan, kecuali saat akan dibersihkan.

Hal inilah yang menjadi dasar alasan emngapa kulkas menjadi salah satu perabot rumah tangga yang menyedot cukup banyak listrik. Kendati demikian, ada beberapa merek kulkas seperti halnya kulkas dua pintu Sharp, LG, dan Aqua yang diklaim mampu mengurangi penggunaan listrik.

Selain menggunakan kulkas 2 pintu hemat listrik, ada beberapa trik yang bisa Moms lakukan untuk menghemat tagihan listrik. Melansir dari Hipwee pada Jumat (27/11/2020), berikut ulaan selengkapnya.

 

1 dari 6 halaman

1. Atur Suhu Kulkas Sesuai Kebutuhan

Ilustrasi kulkas dan isinya © Diadona

Setel pengaturan suhu kulkas secara ideal yakni 1,5-3 derajat Celcius. Suhu ini diyakini tidak terlalu dingin untuk membekukan makanan juga serta juga tidak terlalu hangat untuk bikin makanan jadi cepat busuk. Sedangkan untuk freezer sekitar -15 derajat Celsius. Hindari menyetel suhu terlalu rendah, kecuali tidak terisi penuh. Menyetel suhu terlalu dingin akan memberatkan kinerja kompresor pada kulkas.

2 dari 6 halaman

2. Mengatur Isi Kulkas Biar Tidak Penuh dan Kosong

Optimalkan penggunaan dengan cara mengatur penempatan barang dalam kulkas agar tidak terlalu sesak serta tidak terlalu kosong melompong. Penyimpanan yang berlebih akan menutup jalur aliran udara dingin yang akan mengganggu sirkulasi udara. Akhirnya kompresor kulkas akan bekerja lebih berat dan menyedot banyak listrik untuk mencapai suhu yang telah diatur. Sebaliknya, saat kulkas kosong, maka akan lebih banyak ruang untuk udara hangat dari luar yang masuk saat kulkas dibuka, sehingga lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk mendinginkan kembali udara hangat yang masuk tersebut.

3 dari 6 halaman

3. Posisi Penempatan Kulkas Barang

Hindari meletakkan kulkas dengan posisi menempel pada dinding. Beri jarak minimal 10-15 cm dengan dinding dan sekitar 30 cm dengan langit-langit supaya kulkas memiliki ruanan yang cukup untuk mengeluarkan udara panas. Jika kulkas terasa cepat panas, beban kerjanya akan lebih berat sehingga daya listrik yang dibutuhkan untuk beroperasi jadi lebih banyak. Selain itu, indari pula meletakkan kulkas pada ruangan sempit, terkena sinar matahari langsung, atau dekat dengan barang yang menghasilkan panas, seperti rice cooker, microwave, kompor, atau oven.

4 dari 6 halaman

4. Tutup Rapat Pintu Kulkas dan Jangan Sering Dibuka-Buka

Ilustrasi Kulkas © Diadona

Pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat setiap kali selesai mengambil makanan dari dalam kulkas. Pintu kulkas yang tertutup rapat akan membuat suhu dinginnya tercapai lebih cepat. Usahakan juga untuk tidak membuka pintu kulkas terlalu sering dan terlalu lama. Setiapkali dibuka, kompresor akan bekerja ekstra untuk menurunkan udara hangat dari luar hingga mencapai suhu kulkas.

5 dari 6 halaman

5. Makanan dan Minuman Tidak Dalam Keadaan Panas Saat Masuk Kulkas

Jangan langsung menaruh olahan makanan atau minuman yang masih dalam keadaan panas ke dalam kulkas walau kulkas dalam keadaan prima. Sebaiknya tunggu beberapa saat terlebih dahulu hingga makanan atau minuman jadi agak dingin. Menyimpan makanan atau minuman panas langsung ke dalam kulkas bisa berdampak pada suhu di dalam kulkas sehingga proses pendinginan mesin semakin berat dan membutuhkan listrik lebih banyak.

6 dari 6 halaman

6. Bersihkan Kulkas Secara Rutin

Membersihkan kulkas secara berkala bisa menghindarkan kulkas dari kotoran dan bau yang tidak sedap, termasuk juga menghemat listrik. STak hanya rak dan bodinya, menggunakan air hangat dan baking soda sat membersihkan serta bunga es yang menumpuk juga perlu dilakukan secara rutin. Penumpukan bunga es bisa menutup jalur keluar pendistribusian udara dingin di dalam kulkas yang membuat kinerja kulkas jadi berat dan konsumsi energi jadi lebih besar.

Itulah tadi beberapa tips dan trik dalam menghemat daya listrik untuk penggunaan kulkas dua pintu. Semoga menginspirasi ya Moms.

Beri Komentar