12 Tips Menata Ruang Keluarga Minimalis Sederhana, Bikin Nyaman dan Makin Betah di Rumah

Reporter : Arifina
Selasa, 28 Februari 2023 16:07
12 Tips Menata Ruang Keluarga Minimalis Sederhana, Bikin Nyaman dan Makin Betah di Rumah
Ruang keluarga yang nyaman bikin susah move on main ke luar rumah deh!

Ruang keluarga menjadi salah satu tempat yang paling banyak digunakan di rumah. Ruangan ini biasanya akan banyak digunakan bagi keluarga untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama sambil menikmati hiburan.

Nah, untuk menciptakan kenyamanan di ruang keluarga, perlu direncanakan dengan matang agar tidak terkesan hanya "ada-ada saja". Dua kunci utama untuk menciptakan ruang keluarga yang nyaman adalah melakukan penataan ruangan yang tepat dan menjaga kebersihan.

1 dari 13 halaman

Tapi, bagaimana jika ruang keluarga yang kamu miliki tidak luas? Jangan khawatir ya, kamu bisa menata ruang keluarga yang minimalis dan sederhana terlihat bagus dan estetik.

Berikut tips menata ruang keluarga minimalis sederhana yang sudah dirangkum diadona.id dari berbagai sumber.

2 dari 13 halaman

Perhatikan Pemilihan Furnitur

Menata ruang keluarga minimalis sederhana yang nyaman © Diadona

Menata ruang keluarga minimalis sederhana tentu memengaruhi model furnitur yang akan digunakan. Nah, pilihlah berbagai model furnitur yang memiliki bentuk dan ukuran proporsional dengan ruang keluarga kamu ya!

Ruang keluarga dengan desain minimalis dan furnitur yang sederhana akan membuat ruangan terasa nyaman untuk dihuni.

3 dari 13 halaman

Perhatikan Penggunaan Warna Ruangan

Pilih skema warna yang netral dan seimbang, seperti putih, abu-abu, atau beige. Warna-warna tersebut dapat membantu menciptakan kesan ruangan yang lebih besar dan bersih.

Penggunaan warna putih yang dominan, dengan tambahan sofa berwarna abu- abu memberikan kesan yang nyaman, lho!

4 dari 13 halaman

Gunakan Rak Dinding atau Lemari Terbuka

Menata ruang keluarga minimalis sederhana yang nyaman © Diadona

Jika ruang keluargamu terbatas, tambahan furnitur seperti rak dinding atau lemari terbuka untuk menyimpan barang-barang bisa menjadi pilihan nih!

Rak dinding dapat membantu menghemat ruang di lantai dan memberikan kesan ruang yang lebih terbuka.

5 dari 13 halaman

Perhatikan dalam Mengonsep Dekorasi

Menata ruang keluarga minimalis sederhana pastinya kamu perlu memperhatikan konsep dekorasi. Pilihlah konsep yang minimalis dan terfokus pada desain sederhana.

Jangan menggunakan dekorasi yang berlebihan atau terlalu banyak aksen, karena hal ini dapat membuat ruangan terlihat berantakan.

6 dari 13 halaman

Atur Pencahayaan

Menata ruang keluarga minimalis sederhana yang nyaman © Diadona

Pencahayaan yang baik dapat membantu menciptakan suasana ruang keluarga lebih nyaman.  Adanya cahaya yang tepat jkuga bisa membuat ruangan terlihat indah.

Tak harus dari cahaya matahari langsung, kamu bisa menggunakan lampu dengan intensitas yang cukup. Letakkan lampu pada titik-titik strategis seperti sudut-sudut ruangan.

7 dari 13 halaman

Biarkan Sebagian Area Tetap Kosong

Biar ruang keluargamu terlihat nyaman, jangan memenuhi semua area kosong dengan furnitur atau dekorasi.

Justru, biarkan beberapa area benar-benar kosong untuk memberikan kesan ruang yang lebih terbuka dan lega. Dengan begitu, kamu dan keluarga akan memiliki banyak space untuk berkumpul bersama dengan nyaman.

8 dari 13 halaman

Gunakan Palet Bernuansa Monokrom

Menata ruang keluarga minimalis sederhana yang nyaman © Diadona

Untuk ruang keluarga minimalis sederhana, penggunaan palet warna monokrom hitam putih bisa menjadi pilihan, lho! Warna ini dapat memberikan kesan elegan dan luas pada ruangan, serta mempertahankan tema sederhana dari rumah minimalis.

Namun, jangan sekadar mengecat dinding saja. Kamu bisa menambahkan ornamen cantik seperti permadani kecil, hiasan dinding, dan tanaman hias agar ruang keluarga tampak lebih hidup.

9 dari 13 halaman

Manfaatkan Sofa dengan Bentuk Unik

Meski ukuran ruang keluarga pada rumah minimalis, kamu tetap bisa mengeksplorasi dengan memilih jenis sofa yang tepat. Manfaatkan model sofa berbentuk L misalnya, ini dapat membuat ruang keluarga terasa nyaman.

Bentuk sofa yang memanjang begini akan membuat ruang keluarga lebih terkesan luas dan nyaman.

10 dari 13 halaman

Kombinasikan Dinding Putih dengan Furnitur Warna-Wrni

Menata ruang keluarga minimalis sederhana yang nyaman © Diadona

Untuk menambah kesan lebih ceria, kamu bisa mengkombinasikan dinding warna putih dengan furnitur yang berwarna-warni.

Mulai dari pemilihan sofa, meja, bantal, dan aksesori lainnya dengan warna yang berbeda-beda dan cerah. Warna-warna cerah dipercaya bisa meningkatkan semangat dan perasaan bahagia.

11 dari 13 halaman

Tambahkan Tanaman Hijau di Sudut Ruangan

Untuk membuat ruang keluarga terlihat lebih hidup, kamu dapat menambahkan tanaman hijau pada sudut ruangan.

Tidak hanya memberikan kesan segar, menempatkan tanaman juga dapat membantu menghasilkan udara bersih di dalam ruang keluarga yang minimalis, lho! Jika kamu tidak ingin repot merawat tanaman yang sebenarnya, kamu bisa memilih tanaman hias buatan untuk diletakkan di sudut ruangan.

12 dari 13 halaman

Pasang Koleksi Foto atau Gambar Favorit

Menata ruang keluarga minimalis sederhana yang nyaman © Diadona

Tampilkan koleksi foto atau gambar favoritmu dengan menata kolase di dinding ruang keluarga minimalis. Kamu bisa berkreasi dengan kertas untuk menemukan bentuk dan ukuran yang tepat sebelum menempelkannya di dinding.

Kombinasikan bingkai yang berbeda bentuk, tekstur, ukuran, dan warna untuk tampilan yang lebih menarik. Buat rangkaian cerita dengan kolase foto untuk menambah daya tarik.

Hiasan dinding lain seperti poster kanvas atau kaligrafi juga bisa menjadi pili8han nih! Hiasandapat menambah kesan hidup pada ruangan.

13 dari 13 halaman

Letakkan Cermin untuk Menambah Ornamen

Untuk menciptakan efek tampilan luas pada ruang keluarga minimalis sederhna, kamu dapat memanfaatkan cermin. Ornamen ini memiliki kemampuan untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas karena pantulannya.

Cermin juga dapat menambah estetika di area ruang keluargamu nih!

Beri Komentar