10 Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai dengan Desain yang Mirip Cottage di Hawai

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 13 Oktober 2023 13:09
10 Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai dengan Desain yang Mirip Cottage di Hawai
Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai memiliki desain yang klasik tapi bikin tampilan rumah jadi estetik bak cottage ala rumah di Hawai

Klasik dan mewah cocok untuk menggambarkan tampilan rumah klasik bergaya Mediterania. Rumah klasik mediterania 1 lantai banyak diterapkan pada hunian Indonesia, model rumah tersebut banyak diminati kalangan muda utamanya generasi milenial. Desainnya yang klasik membuat tampilan rumah menjadi lebih kekinian dan aesthetic. Jika kamu memiliki rumah minimalis tak perlu khawatir, karena desain klasik mediterania akan menyulap hunianmu menjadi lebih mewah dan berkelas. 

Rumah klasik mediterania 1 lantai merupakan rumah yang terinspirasi dari arsitektur klasik Mediterania, biasanya sering ditemukan pada hunian barat seperti Italia, Spanyol, dan Yunani. Gaya arsitektur model rumah ini cenderung menampilkan elemen seperti dinding yang cerah dan berlapis stuko, jendela berbentuk lengkungan, adanya pilar penyangga dengan corak vertikal serta penggunaan material batu alam atau marmer pada beberapa dekorasi rumah. 

Meskipun hanya terlihat 1 lantai tidak menjadi masalah karena dengan mendesain tata letak secara tepat, maka rumah mediterania akan terlihat lebih lapang, elegan dan memberikan kenyamanan bagi penghuninya. 

Bagi kamu yang sedang berencana untuk merenovasi desain rumah dengan model klasik mediterania 1 lantai, berikut ini telah kami rangkumkan beberapa ide dan referensi yang dapat ditiru. Check it out!

 

1 dari 10 halaman

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai Bergaya Modern

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai © Diadona

Rekomendasi pertama yang dapat kamu coba adalah rumah klasik mediterania 1 lantai dengan gaya modern kekinian. Beberapa orang memilih untuk menggabungkan elemen-elemen arsitektur mediterania dengan gaya desain interior modern.

Sehingga dapat menciptakan tampilan rumah satu lantai dengan penekanan pada kesederhanaan dan tampilan yang bersih. Kamu dapat menerapkan salah satu ciri khas arsitektur rumah mediterania dengan memasang jendela berbentuk lengkungan seperti contoh di atas. 

 

2 dari 10 halaman

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai Cocok Untuk Hunian Minimalis

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai © Diadona

Jika kamu memiliki hunian dengan ukuran minimalis tak perlu khawatir, karena desain rumah klasik mediterania 1 lantai dapat menjadi solusi untuk mempercantik desain rumahmu. Kamu dapat mencari referensi elemen-elemen arsitektur Mediterania yang lebih sederhana. Seperti atap datar atau sederhana, dinding dengan desain garis-garis dan penekanan warna netral pada tiap elemen dekorasinya.

Ventilasi dan pintu berbentuk lengkungan dapat ditiru untuk menonjolkan kesan mediterania klasik. Konsep mediterania yang khas dapat berpadu dengan model minimalis yang simple, sehingga menciptakan hunian elegan namun tetap berfungsi secara fungsional. 

 

3 dari 10 halaman

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai Bernuansa Cottage

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai © Diadona

Model ini merupakan rumah klasik mediterania 1 lantai yang terlihat sederhana dengan perpaduan desain mediterania dan cottage. Biasanya rumah cottage memiliki ciri khas atap miring dengan genteng merah, dinding berlapis stuko dan desain pintu kayu berbentuk lengkungan.

Elemen-elemen ini dapat dikombinasikan dengan desain klasik mediterania untuk menciptakan rumah yang terlihat modern dengan menonjolkan unsur-unsur autentik seperti cerobong asap yang dapat mendominasi rumah klasik mediterania dengan perpaduan cottage. 

 

4 dari 10 halaman

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai Yang Memanjang

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai © Diadona

Rumah klasik mediterania 1 lantai yang memanjang adalah jenis rumah yang dirancang dengan satu lantai namun memiliki bentuk memanjang ke samping rumah. Model rumah ini biasanya dipakai pada hunian barat dengan anggota keluarga yang banyak seperti gabungan keluarga antar saudara.

Rumah ini biasanya memiliki atap genteng berwarna merah bata yang datar mengikuti garis panjang rumah. Dinding eksterior rumahnya sering diberi lapisan stuko berwarna putih netral untuk menciptakan tampilan yang bersih dan klasik. Untuk memperkuat unsur mediterania, dapat menambahkan jendela berbentuk lengkungan pada pintu utama. 

 

5 dari 10 halaman

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai Bergaya Ala Spanish

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai © Diadona

Untuk kamu yang tinggal di dataran tinggi seperti perbukitan dapat mencoba untuk menerapkan rumah klasik mediterania 1 lantai bergaya Spanish. Dapat didominasi oleh eksterior rumah dan kombinasi warna dinding putih dengan biru. Kamu dapat melapisi dinding dengan dominasi warna putih tulang sedangkan warna biru mengisi aksen elemen eksterior seperti jendela, pintu rumah hingga resplang rumah.

Dengan menambahkan tanaman hias pada area depan rumah akan menciptakan kesan yang lebih asri dan sejuk bagi penghuninya. Menerapkan rumah klasik mediterania 1 lantai ala Spanish dapat menciptakan tampilan rumah yang terkesan nyaman dan homey. 

 

6 dari 10 halaman

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai Dengan Kolam

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai © Diadona

Jika kamu memiliki halaman rumah berukuran luas, dapat mencoba untuk menambahkan area bersantai dengan kolam renang layaknya contoh di atas. Kamu dapat menambahkan kursi untuk berbincang santai bersama keluarga sembari melihat anak-anak berenang.

Untuk menonjolkan desain mediterania, kamu dapat menggunakan material berupa batu marmer pada dinding kolam dan batu alam untuk dinding fasad rumah. Bagi kamu yang sudah berkeluarga, pilihan rumah klasik mediterania 1 lantai dengan kolam akan menjadi pilihan yang sangat pas untuk melepas jenuh setelah bekerja seharian.

 

7 dari 10 halaman

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai Berkonsep Bungalow

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai © Diadona

Untuk kamu yang ingin mencari tempat baru untuk menghabiskan waktu dan mengalihkan diri dari kesibukan setelah aktivitas seharian namun tetap ingin merasakan suasana nyaman seperti di rumah, maka rumah klasik mediterania 1 lantai berkonsep bungalow dapat menjadi solusi yang tepat. Dengan menggabungkan elemen arsitektur Mediterania dan konsep bungalow akan menciptakan desain rumah yang nyaman dan modern.

Jendela dan pintu dengan kusen berbentuk lengkung menjadi salah satu ciri khas yang mencolok pada arsitektur mediterania. Sedangkan teras berukuran sedang menjadi salah satu fitur rumah bungalow yang nyaman untuk bersantai atau sekedar menikmati cuaca luar rumah. Interior rumah model ini memilki langit-langit yang tinggi, lantai keramik dan elemen dekoratif seperti pilar-pilar minimalis untuk menggambarkan arsitektur rumah mediterania dengan perpaduan bungalow. 

 

8 dari 10 halaman

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai Bernuansa Tropis

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai © Diadona

Jika kamu tinggal di daerah dekat pantai, membangun rumah klasik mediterania 1 lantai dengan nuansa tropis akan menjadi pilihan yang tepat. Untuk menonjolkan nuansa tropis, dapat menambahkan beberapa varian tanaman tropis seperti kaktus, pohon kelapa, anggrek dan lainnya.

Pohon kelapa yang berwarna coklat kalem dipadukan dengan tanaman tropis lainnya dapat memberikan kesan asri pada halaman depan rumah mediterania. Selain itu, kamu juga dapat melengkapinya dengan gerbang bergaya melengkung untuk menciptakan kesan rumah yang elegan dan berkelas. Desain rumah klasik mediterania dengan konsep tropis ini sangat cocok untuk diterapkan pada hunian Indonesia yang memiliki cuaca tropis. 

 

9 dari 10 halaman

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai Bergaya Sederhana

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai © Diadona

Rumah klasik mediterania 1 lantai bergaya sederhana cukup banyak diterapkan pada hunian Indonesia, karena desainnya cocok untuk dipadukan dengan bahan material, bentuk bangunan dan iklim cuaca di Indonesia. Dengan lahan terbatas yang hanya memiliki 1 lantai bukan menjadi masalah untuk membangun desain rumah klasik mediterania.

Meskipun terlihat mungil, rumah klasik mediterania 1 lantai dapat menciptakan hunian menjadi lebih nyaman dan aesthetic loh! Dengan penataan tata letak ruangan yang tepat akan memberikan kesan rumah yang lebih lapang. 

 

10 dari 10 halaman

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai Dengan Desain Mewah

Rumah Klasik Mediterania 1 Lantai © Diadona

Rekomendasi terakhir yang dapat kamu tiru adalah rumah klasik mediterania 1 lantai dengan desain mewah. Meskipun hanya terdiri atas 1 lantai, model rumah mediterania ini tetap terlihat elegan loh! Material berupa batu granit yang berpadu dengan tembok beton berwarna natural banyak digunakan sebagai pondasi bangunan rumah tersebut.

Untuk menciptakan kesan lebih berkelas, kamu dapat menambahkan gerbang pintu masuk di depan rumah agar bangunan terlihat lebih kokoh dan menawan. Fasad rumah yang mewah dapat menambah kesan fancy pada rumah klasik mediterania.

Rumah klasik mediterania 1 lantai dapat kamu jadikan inspirasi untuk membangun atau merenovasi rumah idaman. Dari 10 model rumah tersebut, manakah yang sesuai dengan gaya atau seleramu? Yuk segera tentukan pilihanmu. Semoga artikel di atas dapat menginspirasi kamu dalam mencari ide atau referensi rumah idaman ya!




Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar