10 Desain Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Luas, Inspirasi untuk Lahan Terbatas

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 11 Oktober 2023 15:24
10 Desain Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Luas, Inspirasi untuk Lahan Terbatas
Desain rumah tipe 36 agar terlihat luas menjadi salah satu pilihan yang paling banyak diminati hunian Indonesia, karena desainnya yang minimalis dengan memaksimalkan penggunaan lahan ruang terbatas

Rumah dengan tipe 36 seringkali menjadi tantangan dalam merancangnya agar hunian terasa lebih luas dan nyaman. Meskipun terbatas pada ukurannya, kini desain rumah tipe 36 dapat direnovasi agar terlihat lebih luas. Sehingga menjadi tempat tinggal yang indah dan fungsional dengan desain rumah tipe 36 yang tepat.

Sesuai dengan sebutannya, rumah tipe 36 ini memiliki luas bangunan 36 meter persegi. Contoh rumah yang cukup populer digunakan pada model rumah 36 adalah tipe 36/60 dan tipe 36/72. Maksudnya adalah rumah tersebut dijual dengan luas bangunan berukuran 36 meter persegi dan luas tanah selebar 60 meter persegi. 

Rumah tipe 36 kini menjadi salah satu pilihan yang paling banyak diminati hunian Indonesia, karena desainnya yang minimalis dengan memaksimalkan penggunaan lahan ruang terbatas. Oleh karena itu, penting bagi pemilik rumah maupun ahli interior untuk dapat mengatur desain rumah tipe 36 agar terlihat luas dan dapat berfungsi secara optimal. Rumah minimalis tipe 36 sangat pas dan cocok untuk menjadi tempat tinggal keluarga kecil atau rumah pasutri yang baru menikah dengan desain yang minimalis. 

Memilih model rumah memang menyenangkan di lain sisi juga sangat tricky. Kamu dapat memilih desain rumah tipe 36 yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhanmu. Mencari inspirasi rumah memang susah dan membutuhkan waktu yang tidak sekejap mata. Namun demi memberikan kenyamanan pada penghuninya, kamu perlu menciptakan rumah tipe 36 yang sesuai. 

Meskipun desainnya terlihat mungil, desain rumah tipe 36 tetap memberikan tampilan yang modern dan indah. Berikut ini telah kami rangkumkan beberapa desain rumah tipe 36 agar terlihat luas. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

1 dari 10 halaman

Desain Rumah Tipe 36 Bergaya Sederhana

Desain Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Luas © Diadona

Rekomendasi yang pertama ini cukup populer digunakan pada rumah Indonesia, dengan model yang sederhana. Desain rumah tipe 36 sederhana dibangun pada sebuah hunian dengan dimensi seluas 9x4 meter atau sekitar 60 hingga 72 meter persegi. Pada umumnya terdiri atas 2 ruang kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang dapur.

Desain rumah tipe 36 agar terlihat luas, kamu dapat menyatukan ruang tamu dengan ruang keluarga, atau ruang keluarga dengan dapur. Untuk kamu yang sudah  berkeluarga dan sudah memiliki momongan, maka pilihan rumah tipe  36 sederhana ini akan memberikan hunian yang terasa luas dan lapang. 

 

2 dari 10 halaman

Desain Rumah Tipe 36 Dengan 1 Lantai

Desain Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Luas © Diadona

Rumah kecil minimalis tipe 36 dengan satu lantai ini adalah salah satu jenis rumah dengan luas bangunan berdimensi 6x6 meter persegi. Tipikal rumah ini cukup populer digunakan oleh kalangan masyarakat karena ukurannya yang ideal, tidak terlalu luas dan tidak terlalu kecil. Rumah jenis ini banyak digemari oleh keluarga dengan jumlah anggota yang tidak terlalu banyak.

Sehingga cocok bagi kamu yang baru saja menikah dan hendak mencari rekomendasi rumah ideal. Desain rumah tipe 36 agar terlihat luas, dapat didesain dengan pengaturan tata letak ruangan yang pas dan memaksimalkan penggunaan ruang yang baik agar berfungsi secara optimal. Jika memungkinkan kamu dapat menambahkan area taman dan carport di depan rumah. 

 

3 dari 10 halaman

Desain Rumah Tipe 36 Dengan 2 Lantai

Desain Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Luas © Diadona

Jika kamu ingin memaksimalkan lahan pada hunian minimalis, maka solusinya adalah dengan menciptakan model 2 lantai pada desain rumah tipe 36 agar terlihat luas. Rekomendasi rumah tipe 36 dengan 2 lantai terdiri atas tiga kamar tidur, dua kamar mandi pada sisi lantai atas dan lantai bawah.

Ruang tamu dan ruang keluarga dengan ukurang yang lebih lebar, serta area garasi yang berukuran luas untuk menyimpan kendaraanmu. Jika ingin memaksimalkan tata letak ruangan dengan baik, kamu dapat menerapkan area berkumpul keluarga di lantai bawah dan ruang tidur di lantai atas. Untuk menambahkan kesan lebih segar kamu dapat menciptakan area balkon dengan taman mini, yang memudahkan penghuni rumah untuk bersantai sekaligus menikmati pemandangan luar.

 

4 dari 10 halaman

Desain Rumah Tipe 36 Bernuansa Industrial

Desain Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Luas © Diadona

Mendambakan rumah bernuansa industrial pada hunian minimalis? Rumah tipe 36 dengan konsep industrial akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Untuk menciptakan rumah tipe 36 bergaya industrial, kamu dapat memadukan elemen-elemen desain yang berhubungan dengan estetika industri seperti logam, beton dengan perpaduan kayu.

Ciri khas hunian industrial adalah memiliki langit-langit yang terbuka dengan mengekspos susunan kabel yang tersusun rapi. Untuk memperkuat nuansa industrial, kamu dapat menerapkan dinding terbuka dengan batu bata ekspos atau beton polos. Dengan menerapkan gaya industrial, akan membuat desain rumah tipe 36 terlihat luas dan lapang.

5 dari 10 halaman

Desain Rumah Tipe 36 Dengan Dua Teras Depan dan Belakang

Desain Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Luas © Diadona

Meskipun ukurannya tidak terlalu lebar, desain rumah dengan teras depan dan belakang dapat diterapkan pada hunian tipe 36 loh! Untuk kamu yang menyukai konsep rumah bernuansa sejuk dan asri dapat tentunya akan menyukai model rumah ini, karena menciptakan suasana yang nyaman dan betah bagi penghuninya.

Desain rumah tipe 36 agar terlihat luas, dapat disusun dengan dua ruang kamar tidur yang bersebelahan menghadap ruang utama yakni ruang tamu atau ruang keluarga. Jika kamu ingin menerapkan konsep rumah dengan 2 taman ini, pastikan untuk melakukan perawatan secara rutin agar taman tetap terlihat asri. 

 

6 dari 10 halaman

Desain Rumah Tipe 36 Bergaya Klasik

Desain Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Luas © Diadona

Menciptakan desain rumah tipe 36 dengan nuansa klasik dapat memberikan tampilan yang lebih elegan dan abadi pada hunian minimalis. Ciri khas yang terlihat dari desain rumah ini adalah menerapkan palet warna netral seperti putih, hitam, beige pada dinding maupun elemen dekorasinya sehingga desain rumah tipe 36 tampak terlihat luas.

Lantai kayu atau lantai vinyl dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan aksen klasik. Biasanya desain rumah klasik modern memiliki tampilan fasad yang elegan dengan sentuhan interior rumah yang modern. Pastikan jika dekorasi rumah klasik ini sesuai dengan gaya dan kebutuhanmu ya!

 

7 dari 10 halaman

Desain Rumah Tipe 36 Ala Scandinavian

Desain Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Luas © Diadona

Desain rumah tipe 36 Ala Scandinavian dikenal dengan kesederhanaan, kenyamanan dan tampilannya yang bersih. Gaya rumah ini menjadi sangat populer karena fokus pada pemanfaatan cahaya alami dan bahan-bahan bernuansa alam. Warna-warna netral seperti putih. beige, abu-abu kerap kali digunakan untuk menciptakan tampilan khas Scandinavian.

Dinding putih bersih dengan aksen kayu atau b8atu bata menjadi ciri khas desain Scandinavian untuk memberikan nuansa modern. Desain rumah tipe 36 agar terlihat luas, dapat dimaksimalkan dengan tata letak ruang yang baik, bahkan jika memungkinkan kamu dapat menambah garasi mini untuk menaruh motor. 

 

8 dari 10 halaman

Desain Rumah Tipe 36 Dengan Tambahan Ekstra Outdoor

Desain Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Luas © Diadona

Pada umumnya rumah tipe 36 dibangun dengan ukuran lahan seluas 60 meter hingga 72 meter persegi dengan menyisakan sedikit lahan kosong. Pada area ekstra tersebut, kamu dapat menyulapnya menjadi area teras minimalis dengan ukuran sederhana. Dengan menambahkan tanaman pot akan memberikan kesan asri pada lahan tersebut.

Kamu juga dapat menambahkan meja dan kursi untuk sekedar menyeruput kopi di sore hari atau bersantai bersama keluarga. Pada desain rumah tipe 36 agar terlihat luas, kamu dapat memberikan warna palet putih agar rumah lebih terkesan terang dan lapang. Dengan dua kamar tidur dan dua kamar mandi akan menjadi rumah tipe 36 yang ideal.

 

9 dari 10 halaman

Desain Rumah Tipe 36 Dengan Gaya Japandi

Desain Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Luas © Diadona

Kamu menginginkan rumah tipe 36 dengan nuansa Jepang? Desain rumah tipe 36 bergaya Japandi ini akan menjadi pilihan yang paling cocok. Mendesain rumah dengan nuansa Jepang dapat menciptakan atmosfer yang tenang, alami dan harmonis. Material berupa kayu dan bambu menjadi ciri khas pada hunian Jepang untuk memberikan nuansa yang hangat.

Kamu dapat menambahkan tatami atau tikar alami sebagai lantai rumah tradisional Jepang pada area ruang tamu atau kamar tidur. Nah, agar desain rumah tipe 36 terlihat luas, hindarilah dekorasi berlebihan dengan menambahkan sedikit aksesori dekoratif yang memiliki makna simbolis tertentu.

10 dari 10 halaman

Desain Rumah Tipe 36 Bergaya Kekinian

Desain Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Luas © Diadona

Rekomendasi terakhir yang dapat kamu terapkan pada rumah tipe 36 adalah hunian bergaya kekinian. Dengan memaksimalkan tata letak ruang berisi 2 ruang tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu dan taman minimalis menciptakan rumah dengan lahan optimal.

Pertimbangkan area luar maupun dalam ruangan yang modern dengan konsep terbuka, sehingga desain rumah tipe 36 terlihat luas. Investasikan pada perabotan dengan desain yang unik dan menonjol untuk menambahkan sentuhan kekinian pada ruangan seperti lampu gantung modern di depan rumah.  

 

Nah, itulah 10 desain rumah tipe 36 yang dapat kamu jadikan inspirasi dalam membangun rumah. Pastikan mengatur tata letak dengan baik pada desain rumah tipe 36, agar terlihat luas dan lapang. Kira-kira desain mana nih yang paling cocok dengan kebutuhan keluargamu? Yuk tentukan pilihanmu!

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar