10 Model Balkon Minimalis yang Cantik, Fungsional dan Hemat Budget

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 10 Oktober 2023 21:52
10 Model Balkon Minimalis yang Cantik, Fungsional dan Hemat Budget
Ada model balkon minimalis yang berfungsi sebagai tempat bersantai, taman dan lainnya.

Ruang santai di rumah tanpa membutuhkan lahan yang luas? Balkon minimalis di rumah bisa menjadi solusi untuk kamu. Sekecil apapun balkon di lantai 2 rumah bisa kamu manfaatkan untuk beragam hal, mulai dari untuk taman di balkon, tempat menjemur pakaian, hingga ruang untuk bersantai. Semuanya adalah tentang mendekorasi balkon secara cerdas untuk memaksimalkan ruang sempit ini.

Menerapkan konsep minimalis pada balkon rumah tidak perlu yang berlebihan. Sebagai langkah awal, kamu perlu menentukan furnitur apa yang akan digunakan, nih Diazens! Konsep minimalis ini mengutamakan ruang yang multifungsi agar terlihat saving space dan tidak sumpek. Trus tambahkan hiasan atau tanaman pada balkon yang sudah disesuaikan dengan kondisi hujan, angin dan cahaya matahari di lokasi tersebut.

Bingung harus mulai mendekorasi balkon secara minimalis dari mana? Nah, coba deh intip ide model balkon minimalis yang udah Diadona kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 10 halaman

Model Balkon Minimalis Terbuka Simpel

Model Balkon Minimalis Terbuka Simpel © Diadona

Membuat balkon terlihat indah dan nyaman sebenarnya nggak perlu interior yang neko-neko. Justru, jika terlalu berlebihan akan terlihat sumpek apalagi dengan ukuran balkon yang tidak terlalu luas. Model balkon terbuka tapi simpel yang satu ini, bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin tempat istirahat nyaman dan nggak mahal.

Model balkon ini, kamu dapat menggunakan furnitur material kayu seperti meja dan kursi kayu yang cocok digunakan di luar ruangan. Memilih bentuk furnitur yang sesuai dengan ukuran balkon juga tidak boleh luput dari perhatian kamu.

Dengan begitu, balkon dapat terlihat lapang dan bersih. Kamu juga dapat menambah beberapa tanaman hias untuk menghadirkan nuansa warm yang nyaman.

 

 

2 dari 10 halaman

Model Balkon Minimalis dengan Taman Mungil

Model Balkon Minimalis dengan Taman Mungil © Diadona

Manfaatkan balkon untuk menambah keindahan rumah dengan menjadikannya sebagai taman mungil. Bikin taman vertikal yang murah meriah atau pot dari barang bekas. Tak perlu beli tanaman mahal, yang penting telaten merawatnya maka akan subur dan bikin balkon jadi cantik.

 

 

3 dari 10 halaman

Taman di Balkon Lantai 2

Taman di Balkon Lantai 2 Sederhana © Diadona

Area balkon tentu kamu bisa manfaatkan untuk menambah estetik rumah dengan menambahkan tanaman hias. Pilih jenis tanaman yang sesuai dengan suhu, angin, hujan dan sinar matahari di balkon rumah. Selain itu pilih pot dan jenis tanaman yang tidak berat agar tak menjadi beban bangunan.

4 dari 10 halaman

Model Balkon Minimalis yang Mungil

Model Balkon Minimalis yang Mungil © Diadona

Memiliki balkon dengan ukuran mungil bukan berarti tidak bisa dijadikan tempat yang nyaman untuk bersantai. Balkon mungil kamu dapat disulap menjadi tempat ternyaman di bagian rumah kamu. 

Memilih furnitur dan elemen dekoratif yang sesuai inilah yang menjadi kuncinya. Kamu dapat menggunakan furnitur simpel dan efisien seperti sofa mini polos dan bean bag. Tidak perlu menggunakan pajangan dekorasi yang berlebihan dan bikin budget membengkak, kamu hanya perlu memilih desain dekoratif pada dinding atau lantai.

 

5 dari 10 halaman

Model Balkon dengan Tempat Kerja Tertutup Kaca

Model Balkon dengan Tempat Kerja Tertutup Kaca © Diadona

Membuat balkon sebagai tempat bersantai sekaligus tempat bekerja atau belajar? Yap, bisa banget tentunya. Tentunya dalam melakukan kegiatan bekerja atau belajar dengan waktu yang lama pasti merasa lelah atau jenuh. Melihat pemandangan dari atas balkon dapat membuat pikiran jadi fresh.

Kamu dapat membuat tampilan model balkon minimalis ala kantor dengan model kaca. Model balkon minimalis dengan tampilan tertutup ini dapat menjadi pilihan untuk menciptakan tempat kerja yang nyaman. Kamu juga bisa menambahkan tirai yang bisa kamu atur ingin terlihat tertutup atau transparan.

6 dari 10 halaman

Model Balkon Minimalis Mungil Natural

Model Balkon Minimalis Mungil Natural © Diadona

Bosan dengan tampilan balkon mungil yang itu-itu saja? Supaya nggak jenuh, kamu bisa nih menerapkan model balkon minimalis mungil yang satu ini. 

Balkon ini hampir semua interiornya menggunakan aksen kayu seperti lantai, dinding, atap, bahkan pagar balkon bagian bawah. Elemen dekoratif dan furnitur yang digunakan pun cukup minim seperti menambahkan beberapa tanaman hias, meja kecil unik dan kursi.

7 dari 10 halaman

Model Balkon Minimalis dengan Konsep Mini Bar

Model Balkon Minimalis dengan Konsep Mini Bar © Diadona

Ingin memiliki model bakon minimalis dengan ala ala tempat cafe yang instagramable? Model balkon yang satu ini sabi buat kamu terapin, nih! Konsep ala mini bar pada balkon rumah ini, menyediakan tempat yang cozy untuk nongkrong atau sekedar me time yang menenangkan. 

Dengan menggunakan meja memanjang dengan lebar ramping, dapat mengaitkannya pada pagar balkon. Model ini membuat balkon terlihat modern dan kamu pun nyaman bersantai dengan suguhan pemandangan di bawah.

 

8 dari 10 halaman

Model Balkon Minimalis Semi Terbuka dengan Atap Anyaman

Model Balkon Minimalis Semi Terbuka dengan Atap Anyaman © Diadona

Rekomendasi selanjutnya adalah balkon dengan model semi terbuka. Disebut demikian karena model balkon minimalis ini menggunakan material yang cukup terbuka seperti pada bagian atap yang menggunakan material rotan anyam yang memiliki rongga pada setiap polanya. 

Sedangkan, di bagian pagar balkon menggunakan pagar dengan model expanded yang memiliki detail seperti jaring-jaring. Sekilas jika dilihat dari bawah terlihat balkon yang tertutup. Model balkon satu ini terlihat unik dan menciptakan suasana yang menyenangkan ketika bersantai. 

 

9 dari 10 halaman

Model Balkon Minimalis Simpel Modern

Model Balkon Minimalis Simpel Modern © Diadona

Balkon dengan model modern tidak perlu diragukan kembali tampilannya. Balkon simpel modern dibuat dengan arsitektur yang sedikit terbuka salah satunya seperti penggunaan pagar dengan material kaca ini. Membuat siapapun yang berada di balkon dapat melihat jelas seluruh pemandangan di bawahnya. 

Tatanan simpel modern ini juga menggunakan warna yang netral dan furnitur yang tidak berlebihan. Furnitur yang digunakan biasanya memiliki tampilan yang kontemporer seperti bentuk kursi dan meja pada gambar tersebut. Balkon mini kamu terlihat unik, lapang dan modern dilihat dari semua sisi. 

10 dari 10 halaman

Model Balkon Minimalis Simpel yang Nyaman

Model Balkon Minimalis Simpel yang Nyaman © Diadona

Terakhir, model balkon simpel yang nyaman untuk bersantai. Tidak harus dengan furnitur dan elemen dekoratif yang tidak berlebihan, kamu dapat membuat balkon rumah terasa menyenangkan ketika bersantai. 

Balkon dengan tampilan yang terlihat homie ini, dibuat tidak terlalu tertutup ataupun terbuka. Dengan mengkombinasi pagar balkon beton dan kaca membuatnya cukup tertutup. Selain itu, menyediakan kasur di balkon merupakai menjadi tempat bersantai dan tidur yang nyaman dan menenangkan. 

Model balkon minimalis baiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Kamu suka yang mana?

Penulis : Aulia Amanda Safitri 

 

Beri Komentar