8 Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit yang Tetap Terlihat Elegan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 12 Oktober 2023 16:32
8 Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit yang Tetap Terlihat Elegan
Intip berbagai ide tangga rumah minimalis ruang sempit untuk rumah 2 lantai.

Ide tangga rumah minimalis ruang sempit menjadi salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan hunian. Adapun tangga dijadikan sebagai penghubung antara satu lantai dengan lantai lainnya agar bisa terkoneksi di dalam rumah. 

Selain itu, kamu juga bisa membuat ruangan kecil di bawah tangga yang bisa digunakan untuk tempat menyimpan benda. Barang-barang yang ada di rumahmu tentunya dapat tersimpan rapi sehingga bisa membantumu dalam menghemat tempat, khususnya bila memiliki rumah dengan lahan yang terbatas. 

Selain adanya nilai fungsi, tangga pun dapat memberikan nilai estetika pada rumahmu. Pemilihan tangga yang cantik akan membuat tampilan rumah terasa lebih modern dan kamu pun jadi makin betah berada di rumah. Oleh karenanya, terdapat rekomendasi tangga rumah minimalis ruang sempit yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi.

1 dari 8 halaman

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit dengan Bahan Besi

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit © Diadona

Menggunakan besi sebagai bahan penyusun tangga diyakinkan memiliki kekuatan yang jauh lebih baik daripada kayu maupun beton. Tentang ketahanan, besi juga merupakan salah satu bahan yang memiliki sifat awet dan tahan lama sehingga kamu bisa menghemat untuk biaya perawatan tangga rumah. 

Dibalik adanya kelebihan, tentunya juga ada kekurangan yang dimiliki oleh bahan besi. Kekurangan besi pada tangga yaitu dapat menjadikan suasana rumah terasa lebih bising saat menaikinya. Hal ini dikhawatirkan akan sedikit mengganggu kenyamanan penghuni rumah.

2 dari 8 halaman

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit dengan Model Lipat

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit © Diadona

Tangga di rumah tidak hanya dirancang bersifat statis, tetapi juga bisa bersifat dinamis loh! Maksud dari sifat dinamis ini adalah ketika kamu bisa menggunakan tangga lantai rumah yang disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Sebagai contoh desain tangga yang satu ini, di mana kamu dapat membuka tangga saat ingin menggunakannya. Adapun jika kamu sudah selesai menggunakan tangga, maka kamu juga bisa melipatnya kembali ke arah samping. Model tangga yang satu ini cocok banget kan digunakan di rumah minimalis?

3 dari 8 halaman

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit dengan Desain Spiral

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit © Diadona

Tangga dengan desain spiral adalah tangga yang sengaja diciptakan dengan bentuk yang terlihat melingkar. Desain spiral membuat para penghuni rumah ikut merasakan berputar saat berjalan menggunakan tangga. 

Tangga putar tidak memerlukan banyak tempat untuk memasangkannya karena cenderung memiliki ukuran yang tinggi. Oleh sebab itu, model tangga ini juga cocok digunakan di hunian yang minimalis.

4 dari 8 halaman

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit dengan Desain Mengapung

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit © Diadona

Tangga model apung adalah tangga yang dipasangkan dengan cara menempelkan salah satu sisi tangga ke dinding. Model ini memiliki tapak yang tidak memerlukan penggunaan ruang di setiap anak tangganya, sehingga lebih hemat saat pemasangannya.

Model yang satu ini memang bisa memberikan tampilan yang unik tetapi juga sedikit membahayakan. Bila kamu merasa membutuhkan adanya pengawasan yang aman saat ingin menggunakan tangga ini, kamu dapat memasangkan pegangan di dinding.

5 dari 8 halaman

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit dengan Letter L

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit © Diadona

Tangga model letter L adalah tangga dengan model yang terlihat seperti huruf L dan memiliki kemiringan sudut sebesar 90 derajat. Tangga ini memiliki sisi pembatas atau bordes yang dipasangkan di setiap anak tangga. Oleh karenanya, tidak heran jika model ini lebih disukai oleh masyarakat karena memiliki tampilan yang aman untuk digunakan di rumah. 

Kelebihan tangga letter L lainnya yaitu memiliki bentuk yang praktis dan tidak memerlukan detail khusus sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu saat memasangkannya.

6 dari 8 halaman

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit dengan Letter U

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit © Diadona

Berbeda dengan tangga letter L yang memiliki kemiringan sudut 90 derajat, tangga dengan letter U justru memiliki kemiringan sebesar 120 derajat. Patahan di setiap tangga dalam model letter L dibuat tidak lurus, tetapi berlawanan. 

Dengan tampilan visual yang menarik, model tangga letter U ternyata lebih repot saat dipasangkan sehingga memerlukan tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan model tangga lainnya. Adanya belokan pada model tangga ini menjadikan sedikit ribet ketika ingin memindahkan barang-barang melalui tangga.

7 dari 8 halaman

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit dengan Storage

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit © Diadona

Dengan memiliki tangga artinya kamu juga memiliki sebuah ruang kosong yang bisa digunakan pada bagian bawah tangga. Hadirnya ruang kosong di tangga dapat dijadikan sebagai salah satu tempat yang ideal untuk mewujudkan solusi penyimpanan secara efisien. 

Kamu bisa mengkreasikan penggunaan ruang kosong di bawah tangga untuk dijadikan sebagai lemari mini yang tertutup ataupun tempat untuk menaruh barang-barang yang ingin ditampilkan secara terbuka.

8 dari 8 halaman

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit dengan Kaca

Tangga Rumah Minimalis Ruang Sempit © Diadona

Siapa sangka jika bahan kaca ternyata bisa digunakan untuk menyusun tangga di rumah? Bahan kaca memiliki sifat bahan yang tahan terhadap jamur, sehingga cocok dipasang di rumah yang rentan terhadap kelembapan.

Selain itu, bahan kaca yang biasanya digunakan untuk memasang tangga memiliki ukuran yang lebih tebal dan kokoh dibandingkan kaca yang digunakan untuk jendela. Kehadiran kaca dalam tangga di rumah dapat menjadikan tampilan seluruh ruangan rumah terlihat lebih cerah, mewah dan luas. 

Memiliki tangga rumah minimalis ruang sempit dapat menciptakan sebuah kebanggan tersendiri. Selain memiliki fungsi dan nilai estetika, adanya tangga minimalis juga bisa dijadikan sebagai investasi yang bisa meningkatkan nilai jual rumah. Mana nih model tangga yang paling kamu sukai?

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar