8 Rumah Bali Minimalis dengan Model yang Menarik, Berasa Liburan Terus!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 3 Oktober 2023 19:49
8 Rumah Bali Minimalis dengan Model yang Menarik, Berasa Liburan Terus!
Berbagai pesona model rumah Bali minimalis ini memanjakan mata.

Rumah Bali minimalis adalah model rumah yang terinspirasi dari rumah masyarakat yang ada di Pulau Bali, khususnya yang memiliki agama Hindu. Rumah Bali memiliki model yang unik dan berbeda dengan model-model rumah lainnya. 

Dalam pembangunannya, kehadiran rumah Bali juga tidak didesain dengan cara asal-asalan. Dengan memadukan berbagai nilai seperti seni, budaya, adat dan agama menjadikan rumah ini dianggap sebagai salah satu konsep rumah yang tiada bandingannya. 

Lebih lanjut, berikut ini rekomendasi gaya rumah Bali minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membangun rumah.

1 dari 8 halaman

Rumah Bali Minimalis Modern

Rumah Bali Minimalis © Diadona

Konsep modern dari rumah Bali tidak menghilangkan unsur alam yang berada di sekitarnya. Seperti dengan kehadiran tanaman dan pemasangan paving batu yang diletakkan di halaman depan rumah, menjadikan rumah terasa lebih asri dan alami. 

Rumah Bali modern juga dilengkapi dengan eksterior halaman rumah yang menggunakan 2 lampu taman serta lampu dinding depan rumah untuk memberikan tampilan yang mencolok dan elegan.

2 dari 8 halaman

Rumah Bali Minimalis yang Sederhana

Rumah Bali Minimalis © Diadona

Meskipun terlihat sederhana, bentuk rumah Bali yang satu ini menonjolkan salah satu bagian yaitu pintu masuk utama rumah atau gapura yang bernama angkul-angkul. Angkul-angkul memuat sebuah konsep rumah yang biasa digunakan oleh masyarakat Hindu saat membangun tempat tinggal, yaitu Tri Hitarakana. 

Tidak hanya memberikan kesan yang indah saja, tetapi angkul-angkul sendiri juga memiliki struktur bangunan yang memiliki nilai magis. Konsep gapura ini juga dilengkapi dengan beberapa anak tangga.

3 dari 8 halaman

Rumah Bali Minimalis Klasik

Rumah Bali Minimalis © Diadona

Beberapa rumah Bali biasanya memiliki sebuah ruangan terbuka yang bernama Bale. Bale pun ada berbagai jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Seperti Bale Sepakat di mana kamu bisa menjadikan ruangan ini sebagai tempat berkumpul dan bersantai bersama anggota keluarga. 

Ciri dari Bale Sepakat yaitu memiliki 4 tiang yang menyangga atap megah. Dekorasi dari Bale ini tentunya juga menggunakan ukiran dan motif khas Bali yang ditampilkan di setiap sisi ruangan. 

4 dari 8 halaman

Rumah Bali Minimalis 2 Lantai

Rumah Bali Minimalis © Diadona

Kehadiran rumah Bali dengan 2 lantai merupakan solusi yang terbaik saat kamu memiliki lahan rumah dan budget yang terbatas. Rumah berlantai 2 ini juga dapat disesuaikan dengan luas lahan yang ada, sehingga bentuk rumah akan terasa lebih memanjang dan membuat kesan rumah terasa lebih megah.  

Seperti desain rumah yang satu ini, kamu bisa bikin gazebo di lantai 2. Gazebo tersebut memiliki bagian atap yang dibentuk runcing di setiap sudutnya yang menampilkan salah satu dari ciri khas atap Bali. 

5 dari 8 halaman

Rumah Bali Minimalis dengan Batu Alam

Rumah Bali Minimalis © Diadona

Batu alam yang dipasangkan pada dinding rumah memberikan kesan yang natural. Batu ini juga memiliki manfaat yang baik untuk di rumah, yaitu tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem dan tentunya tidak menjadikan dinding rumah kamu cepat lembap. 

Dengan menggunakan batu ini, perawatan pada dinding rumah juga tidak memerlukan biaya yang terlalu besar sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu investasi dalam membangun rumah bergaya Bali yang terbaik.

6 dari 8 halaman

Rumah Bali Minimalis Dengan Ilalang

Rumah Bali Minimalis © Diadona

Penggunaan ilalang dalam rumah Bali nyatanya telah digunakan oleh masyarakat Bali sejak ratusan tahun yang lalu. Ilalang digunakan sebagai atap rumah yang memiliki celah sebagai ventilasi udara sekaligus mengalirkan udara segar ke dalam ruangan. Dengan menggunakan atap ilalang, ruangan di rumah kamu tentunya akan terasa lebih sejuk meskipun cuaca di luar sedang panas. 

Material ilalang dalam atap juga merupakan bahan yang dianggap ramah lingkungan karena terbuat dari batang bilah bambu, rumput alang-alang dan tali.

7 dari 8 halaman

Rumah Bali Minimalis Cantik dengan Batu Bata

Rumah Bali Minimalis © Diadona

Batu bata berwarna merah sering digunakan untuk membangun rumah Bali. Adapun penggunaan batu bata sendiri pada rumah Bali disusun dengan memperlihatkan tekstur aslinya secara sengaja dan ditempelkan dengan cairan semen sebagai perekatnya. 

Penempatan batu bata merah biasanya dipasang pada bangunan-bangunan yang terletak di ruangan, sehingga memiliki kesan yang lebih alami. Dengan batu bata, tampilan rumah akan terasa lebih cantik dan menawan.

8 dari 8 halaman

Rumah Bali Minimalis dengan Halaman Samping

Rumah Bali Minimalis © Diadona

Kehadiran halaman samping di rumah bisa digunakan untuk tempat dalam melakukan berbagai aktivitas bersama orang banyak. Tujuan dibuat halaman samping rumah yaitu agar bisa dijadikan sebagai akses untuk terkoneksi ke halaman belakang.

Halaman samping dihiasi dengan berbagai jenis tanaman dan rumput-rumput yang membuat tampilan rumah lebih leluasa dan segar. Agar tidak terlalu polos, akses jalan pada halaman ini dapat ditambahkan dengan batu alam di sekitarnya supaya terlihat makin indah. 

Rumah Bali minimalis merupakan salah gaya rumah yang cukup populer dan menarik. Dengan ciri khas yang menonjol, tidak heran banyak orang yang menyukai rumah bergaya Bali ini. Gimana nih menurutmu rumah minimalis dengan sentuhan Bali begini?

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani 

Beri Komentar