22 Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis yang Elegan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 19 Januari 2024 15:36
22 Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis yang Elegan
Motif keramik teras depan rumah minimalis hadir dengan berbagai motif yang bisa memberikan tampilan depan rumah yang cantik dan menarik

Motif keramik teras depan rumah minimalis dapat disesuaikan dengan gaya desain rumah minimalis yang cenderung bersih, sederhana, dan elegan. Rumah minimalis bukan hanya tentang kesederhanaan dalam desain, namun juga tentang menciptakan keindahan melalui elemen-elemen yang dipilih dengan cermat. Teras depan rumah menjadi area yang sangat mempengaruhi tampilan rumah minimalis karena menjadi wajah utama dari sebuah hunian yang dilihat pertama kali oleh tamu atau tetangga.

Salah satu aspek penting dalam merancang teras adalah memperhatikan pemilihan motif keramik teras depan rumah minimalis yang sesuai. Keramik bukan hanya berfungsi sebagai melapisi lantai teras, tetapi juga menjadi elemen dekoratif untuk memberikan tampilan depan rumah yang cantik dan menarik. Terkadang pemilihan motif keramik teras depan rumah minimalis sengaja dibuat berbeda dengan keramik dalam ruangan. 

Pemilik rumah biasanya memilih permukaan yang lebih kasar pada keramik teras depan rumah. Mengapa? Karena keramik pada bagian teras rentan untuk terkena cuaca di luar rumah seperti  air hujan. Jika terkena air hujan permukaan lantai mudah licin, agar penghuni tidak mudah terpeleset, maka pemilihan motif keramik perlu diperhatikan. Keramik teras biasanya memiliki motif yang bervariasi dan bertekstur. 

Nah untuk kamu yang sedang merencanakan pembangunan rumah, kami disini telah merangkum 10 rekomendasi motif keramik teras depan rumah minimalis yang dapat kamu tiru. Yuk simak di bawah ini!

1 dari 23 halaman

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis Dengan Monokrom

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Rekomendasi motif keramik teras depan rumah minimalis yang pertama adalah model monokrom. Motif keramik monokrom dibuat dengan mencampur pola diagonal dengan pola kotak yang terlihat estetis.

Jika ingin motif yang simple kamu dapat memilih keramik dengan warna monokrom seperti putih, abu-abu atau hitam yang memberikan tampilan bersih, rapi dan elegan. Jika rumah kamu berkonsep kontemporer atau klasik, maka motif keramik dengan model monokrom ini sangat cocok untuk dipadukan dengan gaya rumahmu.

2 dari 23 halaman

Material Batu Alam untuk Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Motif keramik dengan tampilan batu alami sering menjadi pilihan yang populer untuk diaplikasikan di teras rumah. Motif batu alam akan menciptakan kesan alami dan rustik yang akan serasi jika diaplikasikan dengan desain minimalis.

Material utama dari batu alam akan memberikan suasana asri, sehingga menciptakan tampilan rumah menjadi lebih indah dan nyaman. Selain diaplikasikan di teras depan rumah, motif keramik depan rumah minimalis dengan menggunakan batu alam juga dapat diterapkan pada halaman belakang rumah loh!

3 dari 23 halaman

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis dengan Model Mozaik

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Kamu ingin mendapatkan tampilan teras depan rumah yang menarik? Maka motif keramik mozaik dapat menjadi jawabannya. Motif keramik teras depan rumah minimalis bermodel mozaik akan sangat cocok untuk membuat tampilan rumah minimalis menjadi lebih unik dan terlihat manis.

Jika kamu memiliki teras dengan ukuran yang kecil, dengan mengaplikasikan motif keramik mozaik akan terlihat semakin lapang. Desainnya yang unik dengan motif bunga akan sangat pas jika dikombinasikan dengan berbagai warna cat dinding rumahmu. 

4 dari 23 halaman

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis Bernuansa Biru Tosca Cerah

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Penerapan motif keramik teras depan rumah minimalis dengan nuansa biru cerah akan membuat tampilan depan rumah menjadi lebih segar dan menawan. Warna biru cerah dapat menciptakan kesan yang menyambut dan menenangkan.

Jika kamu menyukai sentuhan budaya, motif keramik di atas dengan model batik bernuansa biru dapat memberikan tampilan yang eksotis dan menarik pada teras depan rumah. Untuk memperkuat nuansa biru, kamu dapat menambahkan pintu dengan palet warna yang sama seperti keramik. Gunakan cat warna dinding yang netral agar tampilan teras depan tidak terlalu colorful.

5 dari 23 halaman

Pola Bertingkat Untuk Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Model keramik bertingkat ini akan sangat cocok dipadukan pada rumah minimalis yang dibangun pada tanah yang landai. Dengan menggunakan keramik pola bertingkat, akan menciptakan tampilan teras depan rumah yang dinamis dan menarik.

Keramik pola bertingkat ini banyak digunakan pada rumah minimalis modern untuk menciptakan tampilan rumah yang lebih elegan. Pilihlah dua warna keramik yang berbeda namun serasi dengan nuansa rumah minimalis modern. Kamu dapat mencoba dengan memadukan warna abu-abu tua dan putih layaknya keramik bertingkat di atas. 

6 dari 23 halaman

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis dengan Nuansa Industrial

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Pilihan motif keramik untuk teras depan rumah minimalis dengan nuansa industrial dapat memberikan tampilan rumah menjadi lebih kontemporer dan berkesan. Motif industrial biasanya terinspirasi oleh unsur-unsur industri layaknya beton dan logam.

Keramik bertema industrial yang mirip dengan batu alami akan memberikan kesan “ raw” pada teras rumah, sehingga sangat pas untuk diaplikasikan pada teras rumah bergaya outdoor. Tidak hanya digunakan sebagai tampilan teras rumah, keramik industrial ini juga dapat digunakan sebagai ubin dapur maupun kamar mandi

7 dari 23 halaman

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis Sederhana

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Inspirasi selanjutnya tidak lagi asing ditemukan pada hunian modern atau minimalis. Motif keramik teras depan rumah minimalis bergaya sederhana ini memberikan kesan simple dari corak keramik yang dihasilkan. Motifnya yang sederhana dapat dipadukan dengan berbagai cat dinding berwarna netral dan berbagai warna dekorasi atau furnitur rumah.

Agar lebih aman, kamu dapat memilih motif keramik dari batu alam pada bagian teras depan yang bertekstur dengan permukaan kasar sehingga ketika terjadi hujan tidak terlalu licin.

8 dari 23 halaman

Model Diagonal Cocok Untuk Motif Teras Depan Rumah Minimalis

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Apakah kamu menginginkan sentuhan modern dan elegan pada tampilan depan rumahmu? Pilihan motif keramik teras depan rumah dengan model diagonal menjadi solusi yang paling tepat.

Motif keramik diagonal menjadi cara yang menarik untuk mengubah tampilan teras rumah minimalis menjadi lebih modern dan menarik dengan menciptakan garis-garis diagonal.

Kamu dapat memilih dua warna keramik layaknya contoh di atas, untuk dipadukan dengan motif diagonal agar tidak terkesan berlebihan. Desainnya yang sederhana dapat memungkinkan untuk dipadukan dengan berbagai dekorasi rumah contohnya seperti pot tanaman.

9 dari 23 halaman

Motif Keramik Kayu Untuk Teras Depan Rumah Minimalis

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Motif keramik kayu adalah pilihan yang menarik untuk menciptakan tampilan depan rumah minimalis menjadi lebih hangat dan alami. Dengan menghadirkan keindahan estetika kayu, kamu tidak perlu menghadapi masalah perawatan dan keawetan yang biasanya berkaitan dengan material kayu asli.

Kamu dapat mencoba motif pola kayu alami yang meniru tekstur dan warna layaknya kayu asli. Pilihan warnanya cukup beragam dari berbagai jenis kayu seperti oak, walnut, ek dan maple. Dalam memilih motif keramik kayu, kamu harus mempertimbangkan gaya desain ruangan dan tingkat perawatan yang diinginkan. 

10 dari 23 halaman

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis Bernuansa Hitam Polos

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Rekomendasi terakhir yang dapat kamu tiru adalah motif keramik teras depan rumah bernuansa hitam. Nuansa hitam polos yang dipakai dapat memberikan tampilan depan rumah menjadi lebih elegan dan mewah.

Biasanya dipakai pada hunian rumah bergaya modern minimalis. Warna hitam memberikan kesan kontemporer dan kontras yang kuat untuk dipadukan dengan dekoratif minimalis. Motif keramik ini mudah untuk dipadukan dengan berbagai ukuran teras baik ukuran kecil maupun lebar.

Kamu dapat memadukan keramik bernuansa hitam dengan batu alam yang warnanya senada untuk menciptakan kesan yang lebih alami dan modern.

11 dari 23 halaman

Motif Keramik Teras Depan Rumah Berbentuk Vertikal dan Horizontal

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Motif pola persegi berbentuk vertikal dan horizontal menjadi salah satu model yang cukup populer dipakai pada hunian rumah. Melapisi teras rumah dengan menggunakan motif keramik berbentuk vertikal dan horizontal akan memberikan kesan yang lebih nyaman pada area depan rumah.

Motif teras ini memberikan kesan yang lebih aesthetic pada teras depan rumah dengan tampilan yang lebih berbeda dari motif teras pada umumnya. Pertimbangkan pula untuk menambahkan kursi sebagai tempat bersantai bersama anggota keluargamu. 

12 dari 23 halaman

Motif Keramik Teras Depan Rumah Dengan Model Batu Kerikil

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Motif keramik teras depan rumah dengan model batu kerikil seringkali ditemukan pada keramik kamar mandi. Namun, seiring perkembangan desainnya yang semakin modern membuat motif batu kerikill dapat dipakai di berbagai area salah satunya area teras depan rumah. Keramik dengan motif batu kerikil mampu menciptakan tampilan yang alami dan organik. 

Desain keramik ini memiliki tekstur yang timbul layaknya tiga dimensi untuk menciptakan tampilan yang realistis. Motif yang ditawarkan juga beragam, sehingga akan mempermudah kamu untuk memilih motif batu kerikil yang sesuai dengan gaya interior rumah. Salah satu keuntungan menggunakan motif keramik model batu kerikil adalah kemudahan dalam perawatan atau perbaikan.

13 dari 23 halaman

Motif Keramik Teras Depan Rumah Model Hexagonal

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Motif keramik hexagonal adalah desain keramik yang memiliki bentuk dasar hexagonal dengan enam sisi dan enam sudut. Desainnya yang unik akan menciptakan tampilan yang artistik dan menarik dalam berbagai desain interior maupun eksterior rumah.

Motif keramik teras depan rumah dengan model hexagonal dapat digunakan pada berbagai gaya desain rumah, mulai dari tradisional hingga modern atau kamu dapat memadukannya. Model keramik ini biasanya dipasang pada jenis ubin berbahan keras dengan tingkat penyerapan air yang rendah. Dengan berbagai pilihan warna dan gaya, kamu dapat dengan mudah menyesuaikannya dengan selera dan kebutuhan.

14 dari 23 halaman

Motif Keramik Teras Depan Rumah Berbentuk Geometris

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Rekomendasi motif keramik teras depan rumah selanjutnya adalah berbentuk geometris. Pola geometris seperti motif kubus dalam grid di atas dapat memberikan tampilan yang modern dan kontemporer. Motif keramik geometri ini dapat menjadi sorotan visual pada area teras depan rumahmu dengan menciptakan suasana yang bersih dan simetris.

Kamu dapat memilih motif geometris yang sesuai dengan gaya desain rumah serta mudah untuk dipadukan dengan berbagai elemen interior teras depan rumah. Pilihan kursi santai berwarna hitam dapat menjadi pilihan yang tepat.aew

15 dari 23 halaman

Motif Keramik Teras Depan Rumah Dengan Model Damask

Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis © Diadona

Motif keramik teras depan rumah dengan model damask ini dapat menjadi rekomendasi terakhir yang bisa kamu jadikan inspirasi. Motif damask adalah motif yang terinspirasi dari model klasik Damas dengan latar belakang netral dan pola bunga. Dengan menggunakan motif damask akan menciptakan sentuhan teras rumah bergaya vintage, klasik dan elegan.

Beberapa model keramik Damask memiliki tampilan tekstur yang menarik dengan efek timbul untuk memberikan tampilan visual yang lebih dalam. Selain diterapkan pada teras depan rumah, motif ini juga dapat digunakan pada desain interior yang mewah seperti ruang tamu, ruang makan atau kamar tidur.

16 dari 23 halaman

Keramik Teras Rumah Mewah Motif Moroccan

Keramik Teras Rumah Mewah © Diadona

Motif moroccan merupakan motif yang terinspirasi interior milik perumahan ala Maroko. Ciri motif ini ditampilkan dengan memiliki desain kompleks yang saling mengikat antar bagian keramiknya serta warna yang mencolok. Motif moroccan dapat memberikan tampilan teras rumah menjadi terkesan eksotis dan elegan. 

Keuntungan yang ditawarkan apabila memilih motif moroccan yakni memiliki bahan anti terpeleset, sehingga sangat aman digunakan ketika menapakkan kaki.

17 dari 23 halaman

Keramik Teras Rumah Mewah Motif Polkadot

Keramik Teras Rumah Mewah © Diadona

Motif keramik polkadot merupakan salah satu motif yang mudah dibentuk karena hanya memiliki tampilan berupa bintik-bintik yang teratur. Bintik-bintik yang dihasilkan pada motif ini terbagi menjadi tiga kategori ukuran yang berbeda mulai dari ukuran kecil, ukuran sedang dan ukuran besar.

Motif keramik polkadot lebih sering dijumpai dengan menggunakan warna netral berupa hitam dan putih. Meskipun tampaknya sederhana, kehadiran motif ini dianggap sebagai motif yang bisa memberikan suasana ceria dan menyenangkan untuk penghuni teras.

18 dari 23 halaman

Keramik Teras Rumah Mewah Motif Catur

Keramik Teras Rumah Mewah © Diadona

Jika melihat keramik yang satu ini, pastinya jadi teringat salah satu permainan yang biasanya dilakukan oleh 2 pemain. Ya, motif ini mirip seperti papan catur yang identik dengan warna hitam-putih dan dipasangkan dengan cara berselang-seling. 

Dengan menghadirkan motif catur, tampilan teras rumah seketika jadi berubah dengan menghadirkan kesan retro yang artistik. Motif catur cocok untuk dipasang di teras yang memiliki dinding polos demi menjaga keindahan dan keserasiannya.

19 dari 23 halaman

Keramik Teras Rumah Mewah Motif Batik

Keramik Teras Rumah Mewah © Diadona

Siapa sangka jika tampilan teras dapat diperindah dengan menggunakan keramik yang memiliki motif batik? Kehadiran motif keramik batik ini mirip seperti motif batik kawung yang berasal dari Yogyakarta. Dalam sejarahnya, motif batik kawung dilambangkan sebagai kehidupan manusia yang diharapkan tidak akan lupa dengan asal-usulnya.  

Motif ini disusun secara geometris dengan memiliki tampilan berwarna abu-abu yang menenangkan. Pemasangan motif batik kawung di teras dapat menghadirkan sentuhan budaya lokal yang elegan.

20 dari 23 halaman

Keramik Teras Rumah Mewah Motif Kayu

Keramik Teras Rumah Mewah © Diadona

Keramik dengan motif kayu memiliki karakteristik yang bisa memberikan suasana teras menjadi tampak nyaman dan hangat saat dihuni. Keramik dengan motif kayu merupakan salah satu pilihan yang tepat jika ditanya mengenai persoalan daya ketahanannya. Motif keramik ini memiliki permukaan yang cukup tebal dan kuat, sehingga dapat dijadikan sebagai investasi terbaik untuk interior teras. 

Pilihan warna yang tersedia pada keramik motif kayu dapat terbagi menjadi warna cokelat tua dan muda. Warna keramik motif kayu yang tua memberikan kesan realistik yang terlihat seperti menggunakan kayu sungguhan.

21 dari 23 halaman

Keramik Teras Rumah Mewah Batu Alam

Keramik Teras Rumah Mewah © Diadona

Keramik dengan menggunakan bahan utama dari batu alam menjadi salah satu jenis keramik yang disukai oleh para pemilik rumah. Keramik batu alam memiliki motif batu yang bisa membuat tampilan teras rumah jadi terkesan alami.

Harga yang ditawarkan untuk keramik dengan motif batu alam di pasaran dapat terbilang cukup terjangkau dibandingkan dengan harga jual batu satuannya. Keramik dengan motif ini memiliki ketahanan yang cukup kuat dan tidak membutuhkan biaya yang besar untuk perawatannya.

22 dari 23 halaman

Keramik Teras Rumah Mewah Motif Mozaik

Keramik Teras Rumah Mewah © Diadona

Mozaik keramik adalah sebuah karya seni yang bisa memiliki kesan 2 hingga 3 dimensi. Mozaik ini tercipta atas berbagai kepingan atau pecahan dari berbagai bahan material seperti kaca dan keramik. Pecahan-pecahan tersebut nantinya disusun dan ditempelkan dengan bahan perekat, sehingga dapat membuat tampilannya tampak utuh seperti keramik baru yang utuh. 

Berbagai pilihan desain dan warna mozaik pun dapat dipilih sesuai dengan selera masing-masing. Semakin kecil ukuran dan semakin bagus motif keramiknya, maka harga yang ditawarkan pun jadi lebih mahal.

23 dari 23 halaman

Penggunaan motif keramik teras depan rumah minimalis harus disesuaikan dengan motif dan bentuk yang sepadan dengan gaya rumah agar menciptakan tampilan yang lebih selaras. Sehingga membuatnya lebih nyaman dipandang dan dapat dijadikan area bersantai sekaligus bersama keluarga atau kerabatmu di depan teras rumah minimalis. 

Bagaimana Diazen sudahkah menentukan pilihan motif keramik teras depan rumah minimalis yang sesuai dengan gaya desain hunianmu?

Yuk segera tentukan pilihanmu! Pastikan sebelumnya sudah berkonsultasi dengan ahli interior rumah ya untuk menentukan desain motif keramik yang tepat. 

Editor: An Nisa Maulidiyah, Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar