Pengertian Film dan Jenisnya Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 26 Juni 2020 10:20
Pengertian Film dan Jenisnya Menurut Para Ahli
Pengertian film adalah sebuah cerita dari tokoh tertentu yang dibuat secara struktur dan utuh.

Mungkin bagi sebagian orang pengertian film memiliki arti yang berbeda-beda. Ada yang mendefinisikan mulai dari gambar hidup yang memiliki alur cerita hingga cerita dari tokoh tertentu yang dibuat oleh produser.

Meski berbeda-beda, pengertian film yang sebenarnya ialah media komunikasi yang berbentuk audio visual untuk menyampaikan suatu pesan kepada sekelompok orang.

Sehingga tujuan dari adanya film bagi masyarakat saat ini hanya untuk hiburan semata. Padahal, film memiliki juga memiliki banyak fungsi, seperti fungsi edukatif, persuasif dan edukatif.

Nah, supaya kamu lebih paham tentang pengertian film, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Film adalah..

Pengertian Film © Diadona

Seperti yang telah disebutkan, film adalah hasil cipta karya seni yang memiliki berbagai unsur seni untuk melengkapi kebutuhan yang bersifat spiritual.

Sehingga, dalam pembuatan film cerita, harus melalui proses pemikiran dan proses teknis, yakni berupa pencarian ide dan gagasan cerita.

Sedangkan proses teknisnya berupa keterampilan artistik untuk mewujudkan segala ide, gagasan atau cerita agar menjadi film yang siap ditonton.

Adapun genre film yang harus kamu ketahui ialah, film Horor, Romantis, Drama, Thriller, Kolosal, Komedi, Action, Misteri, Sci Fi ( Science Fiction ), dan fantasi.

2 dari 5 halaman

Pengertian Film Menurut Para Ahli

Pengertian Film © Diadona

Supaya wawasanmu lebih luas, adapun pengertian film menurut para ahli, diantaranya:

1. Kridalaksana (1984:32)

Pengertian film adalah media massa yang memiliki sifat audio visual, yang bisa mencapai khalayak banyak.

2. Michael Rabiger

Menurut Michael Rabiger, pengertian film ialah bersifat menghibur dan juga menarik, sehingga mampu membuat para penontonnya untuk berpikir lebih dalam.

3 dari 5 halaman

3. Palapah dan Syamsudin

Sedangkan menurut Palapah dan Syamsudin dalam bukunya tahun 1986, ia juga ikut berpendapat bahwa pengertian film adalah media yang menggabungkan antara perkataan dan gambar-gambar yang bergerak.

4. Effendy

Pengertian film merupakan teatrikal yang diproduksi secara khusus untuk di pertunjukkan di gedung-gedung bioskop, televisi maupun sinetron.

5. Wibowo

Wibowo pun juga ikut berpendapat, bahwa film merupakan alat untuk menyampaikan beragam pesan kepada khalayak umum melalui sebuah media cerita.

4 dari 5 halaman

Film Dokumenter

Pengertian Film © Diadona

Di setiap film yang diproduksi oleh produser tentu memiliki banyak genre untuk diminati oleh khalayak umum, mulai genre horor hingga drama.

Namun, salah satu genre film yang sering tayang dan diproduksi di bioskop adalah film dokumenter. Film dokumenter adalah film yang mendokumentasikan sesuai dengan kenyataan dan fakta.

Sehingga dalam film dokumenter tidak ada cerita fiktif yang dibuat-buat untuk mendramatisir adegannya. Sebab, film dokumenter digunakan untuk merepresentasikan kenyataan serta menampilkan kembali fakta yang dibuat lebih terstruktur dalam durasi film tersebut.

Selain itu, film dokumenter sering digunakan sebagai media kritik sosial dengan mengambil sisi kehidupan masyarakat miskin atau kesenjangan sosial yang terjadi dalam suatu negara.

5 dari 5 halaman

Film Noir

Pengertian Film © Diadona

Secara umum, pengertian film noir adalah film hitam putih yang berlatarkan kisah kriminal atau detektif dalam cerita film tersebut.

Meski begitu, dari sekian genre film yang ada, Noir adalah yang paling sering disalahpahami khalayak, sebab menganggap Noir di defenisikan sebagai tema crime-thriller. Padahal, untuk menjadikan sebuah film dibilang Noir, perlu beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh film tersebut.

Singkatnya, pengertian film noir adalah sebuah film yang memiliki elemen investigator anti-heroik, terdapat perempuan, berada pada lokasi urban, visual yang monokromatik, plot yang kompleks, rokok dan alkohol, serta hukum yang pasti ditegakan.

Beri Komentar