10 Fasad Rumah Minimalis yang Cocok untuk Segala Selera Desain Bangunan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 26 September 2023 16:59
10 Fasad Rumah Minimalis yang Cocok untuk Segala Selera Desain Bangunan
Fasad rumah minimalis ada beberapa macam desain yang dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan kamu, mulai dari modern, kontemporer, hingga tropis

Fasad rumah minimalis adalah desain eksterior yang merupakan bagian depan rumah. Desain fasad rumah sangat penting karena merupakan bagian yang pertama kali dilihat oleh orang. Dari situlah orang dapat menilai rumah kita secara keseluruhan tampak bagus atau tidak tanpa perlu masuk ke dalam rumah. 

Gaya arsitektur yang populer dalam desain fasad rumah minimalis telah berubah sepanjang waktu. Ada beberapa macam desain fasad rumah minimalis yang dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan kamu. Mulai dari modern, kontemporer, hingga tropis. Setiap fasad rumah memiliki karakteristiknya masing-masing.

Fasad rumah minimalis seringkali memanfaatkan materia; alami seperti kayu, batu, dan logam agar memberi sentuhan hangat dan organik pada rumah. Desain fasad juga mencakup bentuk bangunan dan strukturnya. Ini termasuk tata letak jendela, pintu, tangga, dan elemen arsitektural lainnya. Bentuk-bentuk yang berbeda dapat memberi kesan unik pada rumah. 

Nah! buat kamu yang lagi bangun rumah atau lagi pengen renovasi agar tampilan rumah jadi keren, jangan sampai ketinggalan trend fasad rumah minimalis satu ini. Berikut contoh gambar yang bisa jadi inspirasi buat kamu. 

 

1 dari 10 halaman

Fasad Rumah Minimalis Modern

Fasad Rumah Minimalis © Diadona

Fasad rumah minimalis modern adalah desain eksterior yang mengutamakan garis-garis bersih, bentuk geometris, dan penggunaan material modern seperti beton, kaca, dan logam. Desain ini menciptakan tampilan rumah yang sederhana, elegan dan sesuai dengan masyarakat urban saat ini.

Biasanya rumah modern menggunakan jendela besar agar cahaya alami masuk ke dalam rumah dan memberikan kesan luas. Desain fasad ini sering menekankan penyusunan yang simetris, dimana semua elemen disusun dengan rapi dan seimbang. 

 

2 dari 10 halaman

Fasad Rumah Minimalis Kontemporer

Fasad Rumah Minimalis © Diadona

Jika fasad rumah minimalis modern menggunakan penataan yang simetris, berbeda dengan rumah gaya kontemporer yang disusun secara asimetris. Perkembangan zaman membuat fasad kontemporer saat ini lebih berani dalam hal penataan.

Meskipun elemen-elemen yang terlihat ‘tidak seimbang’ namun justru nilai estetisnya disitu. Kamu dapat mewujudkan ide gila pada fasad rumahmu sehingga menciptakan rumah yang lebih personal dan bisa nunjukin gaya kamu banget. Selain itu fasad kontemporer biasanya dilengkapi dengan teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan pemilik rumah masa kini.

 

3 dari 10 halaman

Fasad Rumah Minimalis Scandinavian

Fasad Rumah Minimalis © Diadona

Selanjutnya adalah fasad rumah minimalis bergaya scandinavian dengan tampilan yang alami dan tentunya sederhana. Kayu adalah bahan favorit di rumah minimalis Scandinavian.

Biasanya menggunakan fasad yang ditutupi oleh panel kayu yang bikin rumah terlihat hangat dan cozy. Ruangan outdoor, seperti teras kayu atau balkon yang dilapisi kayu sering diintegrasikan dengan fasad rumah. Ini memberi kesan hidup di alam terbuka yang asik.

 

4 dari 10 halaman

Fasad Rumah Minimalis Industrial

Fasad Rumah Minimalis © Diadona

Kalo kamu suka gaya urban dan maskulin, fasad rumah minimalis gaya industrialis ini punya pesona sendiri. Material-material seperti beton ekspos, dan logam jadi bahan favorit. Warna-warna dalam desain industrialis biasanya cenderung bold. Hitam-abu-abu tua, dan warna metalik jadi andalan.

Rumah gaya industrialis biasanya bermain pada tekstur kasar dengan elemen struktural yang dibiarkan terlihat. Ini bikin tampilan rumah kamu yang mengingatkan pada atmosfer pabrik atau gudang. Selain itu bisa juga dilengkapi Jendela kaca besar yang menghadap ke langit-langit sebagai pencahayaan dengan tampilan industri yang khas.

 

5 dari 10 halaman

Fasad Rumah Minimalis Tropis

Fasad Rumah Minimalis © Diadona

Nggak kalah sama model fasad sebelumnya, fasad rumah minimalis bergaya tropis dapat memberikan nuansa alami dan santai. Penggunaan material seperti kayu, batu, dan bambu sangat umum dalam desain tropis.

Fasad rumah tropis biasanya menggunakan palet warna yang terinspirasi dari alam seperti hijau daun, cokelat alami, dan warna lainnya. Beberapa rumah minimalis tropis memiliki atap bertingkat dengan ventilasi yang baik. Atap ini membantu meningkatkan sirkulasi udara dan ngurangin panas di dalam rumah kamu. 

 

6 dari 10 halaman

Fasad Rumah Minimalis Rustik

Fasad Rumah Minimalis © Diadona

Sama dengan model scandinavian, fasad rumah minimalis rustik juga menggunakan kayu sebagai bintang utamanya. namun yang membedakan adalah fasad rustik memiliki tekstur kasar sebagai daya tarik utamanya.

Kayu yang gak dihalusin atau bata-bata yang kasar bikin rumah jadi keren. Pintu dan jendela dengan bingkai kayu sering dipakai agar memberikan kesan alami yang kuat. Selain itu, atap bertingkat atau genteng tanah liat bisa bikin tampilan makin menarik.

Lanskap yang dirancang dengan baik dengan taman-taman, taman bunga, dan tanaman-tanaman hijau juga merupakan bagian penting dari fasad rumah minimalis rustik.

 

7 dari 10 halaman

Fasad Rumah Minimalis Mediterania

Fasad Rumah Minimalis © Diadona

Jika kamu ingin tampilan depan rumah sederhana namun tetap terlihat mewah, maka fasad rumah minimalis mediterania cocok dijadikan inspirasi. Meskipun gaya ini minimalis, tetapi fasad rumah mediterania sering menghadirkan detail arsitektur klasik seperti tiang-tiang kolom, lengkungan, dan ornamen-ornamen dekoratif lainnya.

Atap genteng merah atau oranye adalah salah satu ciri khas desain mediterania. Atap ini memberikan kesan yang hangat dan klasik. Palet warna yang umumnya dipakai dalam desain ini adalah warna-warna netral seperti putih, krem, dan abu-abu.

 

8 dari 10 halaman

Fasad Rumah Minimalis Jepang

Fasad Rumah Minimalis © Diadona

Fasad rumah minimalis ini mengingatkan kita pada suasana damai dan tenang seperti di Jepang. Penggunaan material alami seperti kayu, batu, dan bambu adalah ciri utama dari desain ini. Atap rumah ala Jepang sering memiliki bentuk yang menurun.

Bagi rumah yang memiliki lahan lebih, taman ala Jepang yaitu taman zen yang terdiri dari batu-batuan, dan tanaman bonsai sering jadi bagian dari desain fasad rumah. Orang Jepang menggunakan prinsip desain minimalis yaitu ‘wabi-sabi’ yang menekankan pada kesederhanaan dan keindahan. 

 

9 dari 10 halaman

Fasad Rumah Minimalis Lantai 1

Fasad Rumah Minimalis © Diadona

Desain fasad rumah minimalis lantai 1 dapat sangat bervariasi tergantung pada selera pemilik rumah dan gaya arsitektur yang diinginkan. Gaya arsitektur rumah dapat bervariasi dari tradisional hingga modern, kamu bisa menggunakan salah satu dari beberapa gaya diatas.

Desain atap dapat bervariasi, termasuk atap datar, atap miring, atau atap bertingkat tergantung pada gaya arsitektur rumah. Selain atap, perhatikan juga saat memilih elemen dinding, pintu masuk, dan jendela agar bisa menciptakan kesan pertama yang baik. 

 

10 dari 10 halaman

Fasad Rumah Minimalis Lantai 2

Fasad Rumah Minimalis © Diadona

Maksimalkan tampilan depan rumah kamu dengan memperhatikan detail pada fasad rumah minimalis lantai 2 kamu. Fasad ini sering dilengkapi jendela besar sebagai pintu masuk cahaya ke dalam rumahmu.

Kamu bisa pilih model atap sesuai selera kamu mau datar atau miring. Jika lahan memungkinkan, lantai 2 dapat dijadikan sebagai balkon atau teras yang jadi ruang santai sama temen atau keluarga. Beberapa desain fasad rumah dengan 2 lantai mungkin menggunakan kombinasi material seperti beton-kayu atau baja-kaca untuk tampil dengan kontras visual yang menarik. 

Nah, itulah Diazen! beberapa contoh desain fasad rumah minimalis yang bisa bikin rumah kamu keliatan kece dan stylish. Jadi, sekarang tinggal pilih yang sesuai sama selera dan gaya hidup kamu. 

Editor: Tiara Martha Asnadhinata

 

 

Beri Komentar