10 Ide Kreatif Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah dari Kayu sampai Barang Bekas, Minimalis tapi Panen Melimpah!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Sabtu, 23 September 2023 20:00
10 Ide Kreatif Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah dari Kayu sampai Barang Bekas, Minimalis tapi Panen Melimpah!
Ide kreatif membuat kebun sayur di pekarangan rumah bisa kamu lakukan dengan sistem hidroponik, menanam di media tanah dengan pot kayu atau barang bekas. Minimalis tapi panennya bisa melimpah!

Pekarangan rumah bukan hanya tempat untuk bersantai bersama keluarga, namun bisa dijadikan potensi tersembunyi untuk meningkatkan kreativitas dengan membuat kebun sayur di pekarangan rumah. Di tengah padatnya aktivitas sehari-hari, menghabiskan waktu di kebun sayur pribadi dapat menjadi kegiatan baru yang menyenangkan dan bermanfaat.

Membuat kebun sayur di pekarangan rumah bisa jadi lebih dari sekedar menanam beberapa tanaman. Dengan mengembangkan ide kreatif membuat kebun sayur di pekarangan rumah dapat menghilangkan rasa stress dan meningkatkan suasana hati pemilik rumah. 

Kamu juga dapat menyalurkan hobi dengan menanam berbagai ragam sayuran di pekarangan rumah. Dengan memiliki kebun sayur, kamu dapat menghemat biaya belanja karena beberapa bahan pangan sudah tersedia di pekarangan rumah.

Ada beragam jenis tanaman sayur yang bisa kamu tanam sendiri di belakang rumah seperti cabai, daun bawang, bawang merah, bawang putih, selada, sawi hijau dan masih banyak lainnya.Kamu perlu memperhatikan jenis tanaman mana yang sesuai dengan kondisi iklim dan cuaca di daerahmu, agar tanaman tersebut dapat berkembang biak dengan baik. 

Bagi kamu yang senang memasak, ide kreatif membuat kebun sayur di pekarangan belakang maupun depan rumah dapat menjadi hal yang menarik. Dengan merawat kebun sayur sendiri, kamu akan mendapat kualitas sayur yang segar dan bebas dari hama atau pestisida berbahaya.

Kamu dapat mengurangi kebutuhan belanja karena dapat memasak hasil dari panen sendiri. Jika dapat mengelolanya dengan baik, kehadiran kebun sayur di pekarangan rumah justru dapat menjadi ladang cuanmu lho! 

Faktanya, kebun sayur di pekarangan rumah yang dirawat dengan baik dapat mempercantik tampilan eksterior hunianmu loh! Bagaimana Diazen apakah kamu tertarik untuk membuat kebun sayur? Berikut telah kami rangkuman 10 Ide kreatif membuat kebun sayur di pekarangan rumah yang bisa ditiru.

Simak ulasan berikut ini!

 

1 dari 10 halaman

Kebun Sayur di Pekarangan Rumah Dengan Rak Vertikal

Ide Kreatif Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah © Diadona

Inspirasi pertama yang dapat kamu tiru adalah membuat kebun sayur dengan rak vertikal, cara ini menjadi ide kreatif untuk memaksimalkan penggunaan ruang di pekarangan rumah berukuran minimalis. Cara ini memungkinkan kamu untuk menanam berbagai jenis sayuran dalam jumlah yang lebih besar tanpa harus mengorbankan banyak lahan.

Gunakan rak atau panel dinding vertikal untuk menanam tanaman. Pastikan rak vertikal dapat dipasang dengan aman di dinding atau pagar yang kokoh. Pilih lokasi yang mendapat penyinaran matahari secara cukup. Pot-pot bertingkat atau wadah gantung dengan lubang drainase akan menjadi pilihan yang baik untuk menampung akar tanaman.

 

2 dari 10 halaman

Kebun Sayur Berbentuk Hidroponik Untuk Pekarangan Rumah

Ide Kreatif Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah © Diadona

Jika memiliki pekarangan rumah yang cukup luas dan ingin menghasilkan sayuran segar, maka kebun hidroponik dapat menjadi ide kreatif untuk membuat kebun sayur di pekarang rumah. Sistem hidroponik memanfaatkan air dan nutrisi untuk tumbuhan, sehingga dapat diterapkan di berbagai lokasi.

Dengan memanfaatkan botol bekas atau pipa sebagai media tanam, kamu dapat menciptakan kebun sayur hidroponik vertikal yang tidak memakan banyak ruang di halaman rumah.

Perawatan kebun sayur hidroponik memerlukan pemantauan yang baik pada larutan nutrisi tanaman, pembersihan secara berkala untuk memastikan jika tumbuhan mendapat cukup nutrisi, air dan sinar matahari. Kebun sayur hidroponik di pekarangan rumah dapat menghasilkan sayuran segar sepanjang tahun.

 

3 dari 10 halaman

Pot Gantung Sebagai Ide Kreatif Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah

Ide Kreatif Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah © Diadona

Metode kali ini juga cocok untuk hunian dengan pekarangan rumah terbatas. Membuat kebun sayur di pekarangan rumah dengan pot gantung menjadi cara yang bagus untuk memanfaatkan ruang vertikal dan menciptakan kebun sayur tampak indah.

Caranya cukup mudah, dengan menyiapkan papan kawat persegi panjang untuk menggantung beberapa pot sayuran yang sudah terisi bibit tanaman. Alternatif lainnya, kamu dapat menggantung pot ke atap rumah dengan menggunakan tali yang terikat.

Dengan memanfaatkan pot gantung akan memudahkan kamu untuk membuat kebun sayur meskipun tidak memiliki lahan pekarangan yang luas.

4 dari 10 halaman

Kebun Sayur di Pekarangan Rumah Menggunakan Metode Terasering

Ide Kreatif Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah © Diadona

Jika kamu tinggal di daerah dataran tinggi, maka metode terasering menjadi ide kreatif yang tepat untuk membuat kebun sayur di pekarangan rumah. Metode terasering umumnya banyak diterapkan pada ladang sawah di lereng gunung untuk mencegah terjadinya bencana longsor.

Namun siapa sangka jika metode terasering juga dapat dijadikan kebun sayur di pekarangan rumah loh!

Dengan memanfaatkan tanah secara bertingkat dan membuat bata pada tiap tingkat, maka kamu akan mendapat tampilan pekarangan rumah yang menarik dengan pemandangan terasering berupa kebun sayur.  Pastikan jika tiap tingkat teras memiliki lapisan tanah yang cukup tebal untuk tanaman tumbuh.

Agar terlihat lebih cantik dan rapi, kamu dapat mengelompokkan jenis sayuran yang sama pada satu lahan. 

 

5 dari 10 halaman

Kebun Sayur Kreatif Dengan Memanfaatkan Rak Indoor

Ide Kreatif Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah © Diadona

Ide kreatif membuat kebun sayur di pekarangan rumah kali ini sangat cocok untuk hunian yang memiliki keterbatasan lahan namu ingin menghidupkan nuansa hijau dalam rumah. Dengan memanfaatkan rak display bertingkat, kamu dapat meletakkan berbagai jenis sayuran dalam pot.

Bentuknya yang tidak terlalu besar, memudahkan pengguna untuk meletakkan rak indoor di dalam ruangan maupun di teras rumah asalkan terpapar oleh sinar matahari yang cukup. Kehadiran sinar matahari sangat membantu tanaman untuk berfotosintesis.

Perawatan pada rak display berisi sayur ini begitu mudah, kamu tinggal merawatnya dengan memberikan pengairan yang cukup.

 

6 dari 10 halaman

Mencampur Berbagai Jenis Sayuran Pada Kebun Sayur di Teras Rumah

Ide Kreatif Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah © Diadona

Jika tidak sempat membuat pembatas kayu untuk kebun sayur, kamu dapat mencampur beragam jenis sayuran dalam satu lahan. Dengan mencampur sayuran atau bunga dalam satu lahan, akan menarik perhatian serangga penyerbuk untuk menjaga keseimbangan ekosistem tanaman loh!

Namun perlu diperhatikan untuk menanam bibit sayur dengan rapi dalam satu area agar tidak terlihat berantakan. Warna-warni yang dihasilkan dari susunan sayuran akan memanjakan mata siapapun yang memandangnya dan memberikan kesan pekarangan rumah yang segar.  

7 dari 10 halaman

Berkebun di Atap Atau Balkon Rumah

Ide Kreatif Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah © Diadona

Jika tidak memiliki lahan pekarangan yang memadai, tidak perlu khawatir karena area balkon atau atap rumah dapat dikreasikan menjadi kebun sayur.

Pertama, periksa lokasi atap atau balkon rumah untuk memastikan jika tanaman sayur menerima sinar matahari yang cukup. Kemudian pilih wadah atau pot yang cocok untuk tanaman dan memiliki lubang drainase pada bagian bawah agar menghindari akumulasi air berlebihan.

Tanaman seperti tomat ceri dan tanaman herba seperti mint atau basil akan cocok dipasang di area balkon rumah. Lakukan perawatan secara rutin dengan memperhatikan masalah seperti munculnya hama, dan memberikan pengairan yang baik agar tanamanmu tidak mudah layu.

 

8 dari 10 halaman

Kebun Sayur Menggunakan Kotak Besar

Ide Kreatif Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah © Diadona

Kebun sayur menggunakan kotak besar dapat mempercantik tampilan teras rumahmu dengan susunan tanaman atau sayur yang tertata rapi. Ide kreatif membuat kebun sayur di teras rumah dengan kotak besar ini dapat menghasilkan lahan yang efisien, produktif dan menarik secara visual.

Dalam satu kotak kamu dapat menanam 5-6 bibit sayuran jika tumbuh kembangnya berukuran sedang. Pilih kotak besar yang sesuai dengan ukuran dan tipe tanaman sayurmu.

Kamu dapat mencampurkan pupuk organik ke dalam tanah untuk meningkatkan kesuburan sayuran. Kotak besar dapat mengering lebih cepat daripada tanah, jadi pastikan untuk menyiram tanaman secara teratur ya!

 

9 dari 10 halaman

Kombinasi Rak Vertikal dan Kotak Blok untuk Kebun Sayur di Pekarangan Rumah

Ide Kreatif Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah © Diadona

Ingin membuat tampilan kebun sayur yang berbeda? Kombinasi pot gantung dan kotak blok ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengisi pekarangan rumahmu.

Kamu dapat memanfaatkan penanaman sayur yang tumbuhnya merambat ke panel kayu rak vertikal. Tanaman seperti tomat ceri dan daun mint dapat menjadi pilihan sayur yang tepat jika dipasang pada kombinasi rak vertikal dan kotak blok ini.

Namun, kamu perlu memperhatikan perawatannya agar dedaunan dari tumbuhan tersebut tidak mudah gersang. 

 

10 dari 10 halaman

Kebun Sayur Memanfaatkan Botol Bekas

Ide Kreatif Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah © Diadona

Rekomendasi terakhir ini dapat kamu gunakan untuk memanfaatkan penggunaan sampah bekas agar tidak menjadi limbah. Gunakan wadah-wadah yang kreatif untuk menanam sayuran seperti botol bekas.

Dengan memanfaatkan botol bekas kamu dapat menerapkan budidaya vertikultur yakni sistem budidaya pertanian yang dipasang secara vertikal pada area outdoor maupun indoor.

Kamu dapat menggantung botol-botol tanaman ini pada dinding dengan berbentuk vertikal. Budidaya sayuran ini akan sangat cocok untuk mereka yang memiliki lahan pekarangan terbatas seperti masyarakat perkotaan.

Bagaimana Diazen sangat menarik bukan berbagai ide kreatif membuat kebun sayur di pekarangan rumah ini? Kira-kira model kebun mana ya yang cocok untuk diterapkan pada pekarangan rumahmu? Yuk  tentukan pilihanmu, happy farming!

Editor: An Nisa Maulidiyah

Beri Komentar