9 Carport Minimalis Pengganti Garasi dengan Desain Cantik, Bye-bye Parkir di Jalan!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 26 September 2023 16:14
9 Carport Minimalis Pengganti Garasi dengan Desain Cantik, Bye-bye Parkir di Jalan!
Carport minimalis berguna banget buat kamu yang punya kendaraan tapi gak punya bagasi, kamu bisa membangunnya di samping atau di depan rumah dengan desain sederhana sampai futuristik

Carport minimalis kini menjadi solusi populer yang digunakan untuk melindungi kendaraan dari berbagai kondisi alam seperti teriknya sinar matahari, hujan, salju, debu tanpa harus mengorbankan estetika tampilan rumah. Carport adalah elemen desain rumah modern yang tidak hanya memberikan perlindungan bagi kendaraan milikmu, namun juga menambah nilai estetika dan fungsi bangunan. Carport minimalis tidak jarang ditemukan pada hunian modern, karena selain desainnya yang sederhana, biaya terjangkau, tapi tampilannya membuat bangunan rumah semakin keren dan kokoh. 

Beberapa orang mungkin mengira jika garasi dan carport tidak ada bedanya. Padahal perbedaannya jelas tampak pada bentuk dan tata letaknya.  Carport minimalis adalah lahan terbuka yang dibangun di samping rumah atau depan rumah untuk menaruh kendaraan, sebagai alternatif solusi jika tidak memiliki garasi. Pada pembangunan carport terkadang juga dilengkapi dengan kanopi minimalis sebagai atap untuk melindungi kendaraan agar lebih maksimal.

Carport minimalis cocok menjadi solusi bagi rumah yang berbentuk minimalis dengan memiliki keterbatasan lahan. Utamanya rumah yang tidak memiliki ruang untuk menyimpan kendaraan atau bagasi. Dibangunnya carport dapat membantumu untuk menyimpan kendaraan dalam area rumah tanpa harus diparkir di pinggir jalan. Kamu juga bisa membangunnya di samping taman depan dengan tambahan tanaman hias dan bunga agar makin sejuk dan mempercantik tampilan rumah dari depan.

Meskipun rumahmu tidak memiliki lahan yang luas, tidak perlu khawatir karena carport minimalis dapat menjadi solusi terbaik untuk menyimpan kendaraanmu. Apa saja sih model carport minimalis terkini? Yuk langsung aja simak di bawah ini.

 

1 dari 9 halaman

Carport Minimalis Dengan Model Terbuka

Carport Minimalis © Diadona

Model carport minimalis pertama ini sangat cocok untuk hunian minimalis karena tampilannya terlihat sederhana. Hanya terdiri dari rangka dan atap berbahan dasar besi kanal tipe C tanpa dinding sisi untuk melindungi kendaraan dari cuaca hujan maupun panas. Meskipun penampilannya sederhana namun tetap memberikan kesan elegan dan modern pada hunian rumahmu loh! Carport model ini sangat cocok untuk dipakai di Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan musim yang stabil sepanjang tahunnya. Desainnya yang simple mudah untuk dipadukan dengan berbagai gaya desain rumah.

2 dari 9 halaman

Carport Minimalis Bergaya Modern

Carport Minimalis © Diadona

Ciri khas dari desain modern adalah unsur pencahayaan yang maksimal dan penggunaan dinding rumah berwarna netral seperti monokrom. Agar terkesan modern, kamu dapat menggunakan kanopi untuk menutupi seluruh bagian carport. Rumah minimalis dengan dinding dominan putih dan tiang besi sebagai rangka carport akan menciptakan nuansa modern yang kuat. Tidak jauh berbeda dengan carport minimalis sebelumnya, carport minimalis modern biasanya dibiarkan terbuka untuk mendapat pencahayaan dengan baik dan terasa lebih lapang.

 

3 dari 9 halaman

Carport Minimalis Dengan Atap Melengkung

Carport Minimalis © Diadona

Carport minimalis berbentuk melengkung ini menjadi salah satu desain carport yang menarik dan unik. Dengan menggunakan atap yang membentuk lengkungan, memberikan tampilan artisitk yang lebih estetis pada tampilan depan rumahmu. Desainnya yang melengkung dapat membantu untuk mengarahkan air hujan ke arah tertentu sehingga dapat mengurangi resiko genangan air atau kerusakan pada sekitar carport. Biasanya carport minimalis dengan atap melengkung ini terbuat dari bahan baja atau alumunium. Penting juga untuk membicarakan dengan arsitek atau kontraktor yang berpengalaman untuk memastikan bahwa carport minimalis melengkung yang dibangun sudah aman dan sesuai dengan pemasangannya.

 

4 dari 9 halaman

Carport Minimalis Berkonsep Industrial dan Kayu

Carport Minimalis © Diadona

Kamu ingin carport bergaya industrial? Maka carport minimalis model ini akan menjadi pilihan yang tepat untukmu. Carport minimalis bergaya industrial merupakan pilihan desain yang menggabungkan elemen estetika industri dengan gaya minimalis. Sehingga menciptakan tampilan yang kokoh, tegas dan modern untuk melindungi kendaraan milikmu. Baja, kayu, beton dan alumunium seringkali digunakan untuk dijadikan material utama carport berkonsep industrial. Carport minimalis ini cenderung memiliki struktur terbuka dengan dinding berasal dari susunan bambu, untuk menciptakan tampilan yang lebih terbuka dan memberikan kemudahan akses untuk kendaraanmu.

 

 

5 dari 9 halaman

Carport Minimalis Depan Rumah Dengan Model Bertingkat

Carport Minimalis © Diadona

Carport minimalis bertingkat memiliki lebih dari satu tingkat lantai. Pada sisi atap memiliki fungsi utama untuk melindungi kendaraan, sedangkan tingkat tambahan dapat dibuat sebagai area penyimpanan barang-barang layaknya peralatan taman, sepeda atau peralatan outdoor lainnya. Selain itu juga dapat digunakan sebagai area bersantai untuk menikmati sepoi-sepoi angin bersama keluarga. Lantai atas carport minimalis biasanya memiliki akses cahaya secara langsung, yang dapat membantu menghemat energi dan memberikan suasana terang pada lahan carport. Carport minimalis bertingkat dapat memaksimalkan penggunaan ruang sekaligus memberikan tampilan rumah yang unik dan modern.

 

6 dari 9 halaman

Carport Minimalis Menggunakan Inovasi Teknologi

Carport Minimalis © Diadona

Inovasi teknologi yang semakin berkembang banyak memberikan manfaat, salah satunya kehadiran sebuah carport tersembunyi di ruang bawah tanah. Carport tersebut memanfaatkan penggunaan motor listrik yang memungkinkan kendaraan mobil dapat diturunkan ke area bawah tanah. Agar tampak transparan, di sisi atap dapat dipasang menggunakan batu marmer menyerupai lahan depan rumah untuk menciptakan efek kamuflase. Jika kamu ingin menciptakan privasi terhadap kendaraan pribadi, dapat mencoba memakai carport model ini. Pastikan sebelumnya sudah berkonsultasi dengan ahli interior, agar bangunan carport dibuat dengan konstruksi yang kokoh untuk menahan beban kendaraan mobil.

 

7 dari 9 halaman

Carport Minimalis Bernuansa Natural

Carport Minimalis © Diadona

Jika kamu menyukai kesan natural dalam rumah, kamu dapat menambahkan nuansa natural di area carport minimalis rumahmu. Carport minimalis dengan nuansa alami ini dapat dibangun tepat di samping taman depan rumah. Carport minimalis menjadi pilihan desain untuk melindungi kendaraan dengan menggabungkan elemen alam dan bahan alami yang ramah lingkungan. Material dari kayu, bambu, batu dapat digunakan sebagai tiang dari atap carport.  Carport minimalis natural dapat menjadi pilihan yang cocok jika kamu ingin menciptakan tampilan rumah yang hangat dan selaras dengan alam sekitar. 

 

8 dari 9 halaman

Carport Minimalis Model Semi Gantung

Carport Minimalis © Diadona

Carport minimalis dengan model semi gantung ini sangat cocok untuk rumah dengan keterbatasan lahan, karena tidak menggunakan rangka atau tiang pada sudut-sudut carportnya. Sebagian besar atap sudah menempel dengan pondasi rumah. Pada bagian atas carport, dapat diisi dengan kanopi tambahan untuk melapisi bagian atap carport dengan ukuran yang lebih lebar. Material polycarbonate atau fiber glass umumnya digunakan pada bagian kanopi, karena bentuknya lebih sederhana dan minimalis cocok untuk dipadukan dengan carport minimalis semi gantung. 

 

9 dari 9 halaman

Carport Minimalis Sederhana

Carport Minimalis © Diadona

Inspirasi terakhir kali ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki area carport kendaraan, namun dengan biaya terjangkau. Carport minimalis sederhana juga biasanya banyak diterapkan pada gaya rumah minimalis, dengan ukuran yang tidak terlalu lebar. Biasanya di samping carport langsung menyatu dengan ruang tamu rumah. Material utama seperti beton, baja dan kayu sering digunakan sebagai konstruksi carport minimalis sederhana. Desainnya yang sederhana lebih memfokuskan pada unsur keamanan dan kenyamanan kendaraan. 

Nah, itulah sejumlah inspirasi model carport minimalis yang digunakan sebagai area parkir kendaraan dengan menggunakan lahan di depan atau samping rumah. Semoga ide-ide tersebut dapat dijadikan referensi untuk membuat carport minimalis yang diinginkan ya!


Editor:
An Nisa Maulidiyah

 

Beri Komentar