Pengertian Komunitas Secara Umum Serta dalam Biologi Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 26 Juni 2020 09:35
Pengertian Komunitas Secara Umum Serta dalam Biologi Menurut Para Ahli
Komunitas adalah suatu kelompok yang memiliki kesamaan kriteria sosial sebagai ciri khas.

Komunitas adalah kelompok sosial dari beberapa makhluk hidup yang memiliki ketertarikan dan habitat yang sama, untuk berbagi lingkungan.

Adapula yang mengartikan komunitas sebagai kelompok sosial di suatu masyarakat, dimana para anggotanya mempunyai kesamaan kriteria sosial, sehingga saling berinteraksi di lingkungan tertentu.

Secara umum, komunitas dikelompokkan ke dalam 3 jenis, diantaranya komunitas berdasarkan minat, lokasi, dan komunitas berdasarkan komuni.

Bagi para anggota manfaat dari komunitas adalah sebagai sarana informasi, untuk saling mendukung terhadap minat yang dimiliki orang lain, serta menjalin relasi yang lebih baik.

Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah kami lansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Komunitas adalah © Diadona

Supaya wawasanmu semakin bertambah, berikut pengertian komunitas menurut para ahli yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Christensson dan Robinson

Komunitas adalah orang-orang yang tinggal di daerah yang terbatas secara geografis, untuk berkomunikasi dan memiliki ikatan dengan mereka yang tinggal di sana.

2. Koentjaraningrat (1990)

Koentjaraningrat berpendapat, bahwa komunitas adalah kesatuan hidup manusia yang menempati suatu wilayah dan berinteraksi sesuai adat-istiadat serta terikat rasa oleh suatu identitas dalam komunitas.

3. Spradley (1985)

Sedangkan menurut Spradley, komunitas adalah kumpulan orang yang saling bertukar pengalaman penting dalam hidupnya.

2 dari 5 halaman

4. Wahit (2005)

Komunitas adalah kelompok individu yang tinggal di wilayah tertentu, guna memiliki nilai keyakinan, minat yang sama, serta adanya interaksi satu sama lain untuk mencapai tujuan.

5. Vanina Delobelle

Menurut Vanina Delobelle, komunitas merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki kepentingan bersama.

6. Etienne Wenger

Pengertian komunitas adalah kelompok sosial yang memiliki kebiasaan atau ketertarikan yang sama dalam ruang lingkup kepercayaan maupun ruang lingkup lainnya.

3 dari 5 halaman

Pengertian Komunitas dan Contohnya

Komunitas adalah © Diadona

Pengertian komunitas adalah kumpulan dari beberapa populasi yang menempati wilayah tertentu secara bersama-sama.

Selain itu, dalam tingkat kelompok kehidupan, komunitas berada di atas populasi dan berada di bawah ekosistem. Artinya, tujuan terbentuknya komunitas adalah karena adanya keinginan dari para anggotanya, untuk mencapai tujuan yang sudah disepakati bersama.

Adapun contoh dari komunitas adalah berikut ini:

1. Komunitas Petani

Komunitas petani muncul karena adanya ketertarikan dan kebutuhan dalam dunia pertanian. Sehingga, melalui komunitas tersebut, para petani bisa saling berbagai informasi dan dukungan satu sama lain untuk meningkatkan hasil pertaniannya.

4 dari 5 halaman

2. Komunitas Seni

Komunitas seni terbentuk karena adanya ketertarikan orang-orang di bidang seni. Sehingga, komunitas ini digunakan untuk menyalurkan bakat serta kemampuannya di bidang seni.

3. Komunitas Blogger

Ini adalah komunitas yang muncul sebab adanya ketertarikan dan kebutuhan pada dunia blogging. Biasanya anggotanya ialah orang yang aktif di dunia maya guna saling memberikan dukungan satu sama lain.

5 dari 5 halaman

Pengertian Komunitas dalam Biologi

Komunitas adalah © Diadona

Pengertian komunitas dalam biologi, maksudnya ialah dalam semua komunitas, semua organisme menjadi bagian dari komunitas dan antarkomponennya saling berhubungan melalui keragaman interaksinya. Seperti tempat hidup hewan atau tumbuhan.

Sehingga, untuk kelangsungan hidup, spesies memerlukan materi dan energi yang diambil dari lingkungannya.

Sebab, keterbatasan sumber daya yang ada pada satu habitat akan diperebutkan oleh spesies yang ada. Selain itu, masing-masing terus berusaha untuk memperoleh makanan, dan akhirnya terjadilah kompetisi.

Intinya, komunitas adalah kumpulan dari macam makhluk hidup yang hidup dalam suatu wilayah tertentu untuk saling berinteraksi.

Beri Komentar