17 Model Teras Depan Rumah di Kampung, Sederhana tapi Cantik

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 24 Oktober 2023 20:39
17 Model Teras Depan Rumah di Kampung, Sederhana tapi Cantik
Teras depan rumah kampung nampak bersahaja dan sederhana, cocok untuk kamu yang ingin menghadirkan kesan nostalgia atau tak mengubah fasad rumah saat merenovasi rumah lama.

Di era tampilan teras modern atau industrial, model teras depan rumah ala kampung masih punya banyak penggemar. Bukan hanya menghadirkan sisi nostalgia, namun desain ini membawa makna yang berbeda.

Desain teras rumah kampung biasanya memiliki kesan sederhana dan disesuaikan dengan pemilik rumah. Teras rumah di kampung umumnya luas dengan tempat duduk sebagai tempat untuk bercengkrama penghuni atau menyambut tamu yang bersilaturahmi.

Selain itu, teras rumah kampung juga biasanya dipilih agar tak tampak menonjol dari fasad rumah sekitar. Atau agar tak terlalu banyak merenovasi tampilan awal rumah. Teras depan rumah di kampung tetap akan memiliki ciri khas dari bentuk rumah tersebut namun dengan tampilan yang lebih fresh.

Yuk intip deh deretan inspirasi teras depan rumah di kampung yang udah Diadona kumpulkan dari berbagai sumber berikut:

1 dari 6 halaman

Teras Rumah Sederhana di Kampung

Teras Rumah Sederhana di Kampung © Diadona

Keterbatasan lahan membuat banyak pemilik rumah mengorbankan teras rumah sehingga pagar rumah biasanya tak jauh dari bangunan utama. Rumah teras rumah berikut ini biasanya umum ada di perkampungan padat penduduk.

Dengan melihat fotonya saja, kamu bisa merasakan suasana hangat lingkungan sekitarnya, bukan?

Model Teras Sedehana di Kampung

Model Teras Sedehana di Kampung © Diadona

Rumah di kampung biasanya punya tampilan fasad yang sederhana. Nggak ada salahnya mempertahankan tampilan tersebut, namun tentu saja dengan material yang lebih kuat serta cat baru yang lebih fresh, bukan?

Model Teras Depan Rumah Minimalis di Kampung

Model Teras Depan Rumah Minimalis di Kampung © Diadona

Saat merenovasi, banyak pemilik rumah yang ingin mempertahankan bangunan asli karena selera atau kenangan tersendiri. Lagipula, rumah jadul pun tetap akan diminati, asalkan materialnya masih kokoh, bukan?

Teras luas di depan rumah bisa kamu manfaatkan untuk banyak hal, mulai dari menanam bunga, bersantai, dan lainnya. 

2 dari 6 halaman

Model Teras Rumah Sederhana di Kampung

Model Teras Rumah Sederhana di Kampung © Diadona

Tampilannya clean banget dengan kesan rumah lama dihadirkan dari fasad rumah dan bentuk jendela. Berdesain terbuka, teras rumah mendapatkan pencahayaan yang cukup banget dan tak menghalangi sinar matahhari masuk ke dalam rumah.

Model Teras Tinggi Depan Rumah di Kampung

Model Teras Tinggi Depan Rumah di Kampung © Diadona

Bangunan rumah yang lebih tinggi cocok banget diaplikasikan pada area rawan banjir. Tangga beton yang mengelilingi teras rumah di kampung ini membawa kesan elegan tersendiri, bukan?

Model Teras Depan Rumah Elegan di Kampung

Model Teras Depan Rumah Elegan di Kampung © Diadona

Tampilannya sangat cantik sehingga sangat disayangkan untuk dirombak, bukan? Desain pintu dan jendela dari kayu menghadirkan kesan dramatis, ditambah dengan tanaman rambat yang memikat.

3 dari 6 halaman

Model Teras Depan Rumah yang Cantik di Kampung

Model Teras Depan Rumah yang Cantik di Kampung © Diadona

Saat ini renovasi rumah lama dengan tak mengubah tampilan awal, sedang sangat ngetren lho! Bagian luarnya sederhana namun interiornya mewah dan bikin betah!

Kamu tertarik?

Model Teras Rumah Sedehana di Kampung

Modle Teras Rumah Sedehana di Kampung © Diadona

Salah satu yang paling khas dari teras rumah di kampung adalah adanya kursi yang nyaman untuk bercengkrama atau menjamu tamu. 

Teras rumah dengan di kampung umumnya menghadirkan elemen yang membuat kita dengan mudah berada di fase introspeksi, ketenangan dan relaksasi. Teras depan rumah ala kampung biasanya juga merupakan ruang di mana kita bisa duduk untuk minum kopi atau membaca buku, merasakan keterhubungan dengan alam.

Model Teras Depan Rumah Lawas di Kampung

Model Teras Depan Rumah Lawas di Kampung © Diadona

Salah satu khas dari rumah di kampung adalah terasnya yang lebar nggak hanya di bagian depan rumah saja, namun nyambung hingga ke samping rumah. Lalu atapnya disokong oleh tiang-tiang yang kokoh berjumlah genap. Teras terbuka demikian ini memungkinkan udara sejuk untuk masuk ke dalam rumah tanpa penghalang, bikin hawa terasa sejuk! 

4 dari 6 halaman

Desain Teras Depan Rumah Hasil Renovasi di Kampung

Desain Teras Depan Rumah Hasil Renovasi di Kampung © Diadona

Renovasi rumah jadi cantik dari rumah lama di kampung! Pemilik tak mengubah bentuk rumah, hanya menambah kanopi dan juga tiang kayu untuk penyangga. Selain itu juga menambah dan mengganti ventilasi, membuatnya estetik dan menambah fungsi.

Model Teras Depan Rumah Modern di Kampung

Model Teras Depan Rumah Modern di Kampung © Diadona

Salah satu ciri khas rumah di kampung adalah bentuknya yang tak neko-neko, kayak foto di atas. Bangunannya berbentuk kota, namun tak terlihat membosankan karena punya banyak jendela untuk ventilasi dan elemen visual. 

Desain Teras Rumah Aesthetic di Kampung

Desain Teras Rumah Aesthetic di Kampung © Diadona

Apakah kamu pernah melihat desain dasar rumah seperti berikut ini di kampung? Tak mengubah banyak bentuk hanya menggeser pintu dan pemilihan jendela yang tepat, mengecat rumah dengan warna cat yang elegan ternyata membuat rumah cantik total!

5 dari 6 halaman

Model Teras Rumah ELegan di Kampung

Model Teras Rumah ELegan di Kampung © Diadona

Menambah tanaman gantung di teras rumah di kampung nggak hanya bikin rumah makin cantik lho, tapi juga memberikan pasokan udara segar sekaligus dapat menghalau sinar matahari tak diinginkan yang masuk ke dalam ruangan. 

Model Teras Depan Rumah Putih di Kampung

Model Teras Depan Rumah Putih di Kampung © Diadona

Saat akan mempertahakan teras depan rumah ala kampung, pastikan kondisi bangunannya masih kokoh hingga waktu yang lama, ya! Jangan sampai karena ingin hemat, jadi harus merenovasi lagi dalam waktu dekat karena umur bangunan yang tak lagi kuat.

Teras Depan Rumah Lawas di Kampung

Teras Depan Rumah Lawas di Kampung © Diadona

Saat merenovasi rumah di kampung, pertahankan elemen-elemen yang indah, salah satunya adalah teras berikut ini. Teras depan rumah ala kampung berikut ini memang tak luas dengan atap sempit, cocok bila rumah tak menghadap ke matahari ya!

Tapi bila rumah kamu mendapatkan sinar matahari langsung, hmm, pikirkan dulu untuk membaut teras depan rumah ala kampung berikut.

6 dari 6 halaman

Teras Rumah Sederhana di Kampung

Teras Rumah Sederhana di Kampung © Diadona

Teras rumah ala kampung di bangunan berikut ini nampaknya punya konsep yakni bangunan dan ruangan yang fungsional untuk seluruh anggota keluarga, nyaman, modern ala kampung, terbuka dan dekat dengan alam. Cantik banget bukan? 

Teras Depan Rumah Terbuka di Kampung

Teras Depan Rumah Terbuka di Kampung © Diadona

Salah satu ide renovasi rumah lama di kampung yakni dengan mempertahankan teras yang cantik berikut dan menghandurkan sekat antar ruang. Misalnya, dengan membuat ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan tanpa sekat sehingga rumah terasa lebih lega.

Teras depan rumah di kampung mana nih yang kamu taksir?

Beri Komentar