10 Inspirasi Desain Villa Minimalis untuk Bisnis Penginapan Wisata Favorit Anak Muda

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 24 Oktober 2023 14:08
10 Inspirasi Desain Villa Minimalis untuk Bisnis Penginapan Wisata Favorit Anak Muda
Desain villa minimalis kini memiliki banyak bentuk yang unik dan estetik, apalagi kalau dibangun dengan gaya Instagramable, pasti laris pengunjung. Intip inspirasi desainnya berikut ini yuk!

Di sela sela sibuknya aktivitas, terkadang bersantai atau berlibur juga dibutuhkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Kini desain villa minimalis biasa ditemukan pada tempat wisata, dijadikan sebagai tempat penginapan sementara bagi para wisatawan untuk beristirahat sejenak.

Villa tidak harus dibangun dengan ukuran yang besar atau desain yang mewah, asalkan dapat memberikan kenyamanan, dan penekanan pada fungsionalitas yang efisien agar membuat pengunjung merasa betah. 

Selain dijadikan sebagai tempat penginapan wisata, kamu juga dapat mengkreasikan desain villa minimalis sebagai hunian idaman. Desain villa minimalis layaknya rumah Bali akan menciptakan suasana damai dan tentram bagi penghuninya meskipun memiliki lahan terbatas. Memiliki rumah dengan lahan kecil bukan menjadi masalah untuk menciptakan hunian layaknya villa. 

Bagi kebanyakan orang, memiliki villa pasti menjadi sebuah impian tersendiri untuk sekedar berlibur atau bahkan menikmati masa tua. Dengan desain yang sederhana dan jauh dari hiruk pikuk dunia perkotaan, kamu akan disuguhkan keindahan alam dari sebuah desain villa minimalis. Yuk simak beberapa inspirasi model desain villa minimalis di bawah ini!

 

1 dari 10 halaman

Desain Villa Minimalis Bergaya Rustik Tradisional

Desain Villa Minimalis © Diadona

Rekomendasi pertama yang dapat kamu coba adalah desain villa minimalis bergaya rustik tradisional. Berbahan dasar utama dari kayu dengan atap menyerupai rumah gadang akan menciptakan kesan tradisional yang kuat, hangat namun tetap estetis.

Tidak perlu membutuhkan lahan yang luas, kamu dapat memanfaatkan hunian berukuran sedang dengan sentuhan villa yang khas. Dengan menambahkan kolam di area depan rumah akan mempercantik tampilan desain villa minimalis bergaya rustik.

 

2 dari 10 halaman

Desain Villa Minimalis Modern

Desain Villa Minimalis © Diadona

Untuk kamu yang senang berlibur bersama keluarga dan ingin menginap di villa yang terkesan modern, maka inspirasi desain villa minimalis di atas dapat menjadi pilihan yang tepat. Desain villa minimalis modern kini banyak dijumpai pada hunian biasa atau villa.

Jika biasanya villa memiliki desain yang tradisional dan mewah, desain villa minimalis bergaya modern juga menarik untuk ditiru! Desainnya yang unik mampu membuat siapapun betah untuk tinggal didalamnya. Selain itu juga dilengkapi dengan kolam minimalis yang cocok untuk bersantai bersama keluarga. 

 

3 dari 10 halaman

Desain Villa Minimalis Bernuansa Tropis

Desain Villa Minimalis © Diadona

Jika kamu menyukai penginapan asri bergaya tropis, maka desain villa minimalis bernuansa tropis di atas dapat kamu pilih ketika berlibur bersama keluarga tercinta. Desain ini menekankan pada bangunan bernuansa putih yang terlihat simple dilengkapi dengan berbagai jenis tanaman tropis yang akan membuat hunian terlihat lebih adem.

Untuk mempercantik tampilan villa tropis, biasanya juga dilengkapi dengan kolam renang mini di area tengah, cocok untuk dipakai bersantai atau berenang di sore hari. 

 

4 dari 10 halaman

Desain Villa Minimalis 2 Lantai

Desain Villa Minimalis © Diadona

Apakah kamu sedang berencana membangun villa bersama keluarga besar? Maka desain villa minimalis 2 lantai seperti gambar di atas akan menjadi pilihan yang paling cocok. Dengan ukuran yang besar dan terdiri atas 2 lantai, mampu untuk menampung anggota keluargamu yang cukup banyak agar liburan terasa semakin nyaman.

Pada lantai bawah biasanya terdiri atas area keluarga, dapur dan taman depan. Sedangkan lantai atas terdapat 3 hingga 4 ruang tidur dilengkapi dengan balkon yang memudahkan pengunjung menikmati pemandangan alam dari lantai atas. 

 

5 dari 10 halaman

Desain Villa Minimalis Dengan Tambahan Kolam Renang

Desain Villa Minimalis © Diadona

Desain villa minimalis dengan tambahan kolam renang dapat menciptakan lingkungan yang indah dan terlihat sejuk. Kolam renang dapat ditempatkan di halaman belakang villa agar dapat terintegrasi dengan alam terbuka.

Desain kolam renang pada villa minimalis seringkali menggunakan bentuk yang sederhana seperti persegi panjang agar tetap terlihat elegan dan modern. Kamu juga dapat menambahkan tanaman tropis untuk menciptakan nuansa alami serta kursi untuk bersantai berbincang bersama keluargamu. 

 

6 dari 10 halaman

Desain Villa Minimalis Bergaya Japandi

Desain Villa Minimalis © Diadona

Kamu ingin merasakan sensasi berlibur layaknya hunian Jepang? Desain villa minimalis bergaya japandi dapat dijadikan rekomendasi yang paling pas. Terinspirasi dari estetika Jepang yang mendominasi penggunaan elemen kayu pada sisi dinding, pintu, bingkai jendela hingga tiang rumah.

Dengan menggunakan konsep villa minimalis bergaya Jepang, mampu menciptakan harmoni dengan nuansa alam dan perpaduan elemen-elemen sederhana. Biasanya lantai atas dilengkapi dengan balkon agar pencahayaan alami dari matahari bisa masuk ke dalam ruangan. Ada juga halaman luas untuk dapur terbuka yang cocok untuk barbeque-an bareng keluarga. 

 

7 dari 10 halaman

Desain Villa Minimalis 1 Lantai

Desain Villa Minimalis © Diadona

Apabila kamu tidak memerlukan ruangan yang terlalu banyak, desain villa minimalis 1 lantai dengan ukuran sederhana dapat dijadikan pertimbangan yang tepat. Tak perlu khawatir meskipun ukurannya kecil, kamu dapat memaksimalkan fasilitas pada villa tersebut seperti membangun kolam renang dan area outdoor untuk bersantai bersama keluarga.

Sehingga penghuni tetap merasa nyaman ketika berlibur atau beristirahat sejenak. Jangan lupa untuk mempertimbangkan tata letak yang efisien agar villa tidak terlihat sesak. Pintu kaca geser dapat menjadi pilihan untuk menciptakan ruang terbuka dan memudahkan cahaya alami masuk ke dalam rumah. Kamu juga bisa menyatukan desain dapur dan kamar mandi untuk mempermudah penghuninya lalu lalang menyiapkan bahan makanan selama di villa. 

8 dari 10 halaman

Desain Villa Minimalis Bergaya Bali

Desain Villa Minimalis © Diadona

Ketika berlibur di Bali, kurang rasanya jika tidak menginap di salah satu penginapan vila. Desain villa minimalis tersebut telah didesain menyerupai hunian asli Bali, untuk memanjakan wisatawan agar lebih merasakan nuansa berlibur di Pulau Dewata.

Desain villa minimalis bergaya Bali juga menekankan nuansa tropis  dengan berbagai jenis tanamannya agar menciptakan hunian yang lebih asri dan sejuk.

Desain villa tersebut juga memiliki teras terbuka yang langsung menghadap ke taman atau kolam renang, sehingga menjadi tempat yang ideal untuk bersantai menikmati pemandangan Bali di sore atau pagi hari.

9 dari 10 halaman

Desain Villa Minimalis Dengan Nuansa Industrial

Desain Villa Minimalis © Diadona

Tak hanya diterapkan pada desain rumah, gaya industrial kini mulai populer diterapkan pada berbagai konsep desain villa minimalis.  Tampilannya yang terlihat raw dan unfinished menawarkan kesan yang begitu menarik, hingga membuat wisatawan merasa betah untuk berlibur lebih lama. Materia alam seperti beton, baja dan kayu merupakan elemen yang dominan dipakai untuk menciptakan kesan industrial.

Menggunakan dinding dengan beton terbuka akan menghidupkan sentuhan industri yang kuat pada villa minimalis. Elemen struktural seperti pilar atau atap dari beton mampu menunjukkan elemen konstruksi dan memberikan nuansa villa bernuansa industrial yang kuat. Agar tidak terlalu monoton, kamu dapat menambahkan sofa berwarna putih untuk area bersantai bersama.

10 dari 10 halaman

Desain Villa Minimalis Terbuka

Desain Villa Minimalis © Diadona

Inspirasi desain villa minimalis yang terakhir adalah konsep terbuka dengan menekankan penggunaan ruang terbuka dan keterhubungan antara interior dan eksterior. Biasanya diterapkan untuk memberikan kesan villa yang lebih lapang dan luas, agar membuat penghuni tidak merasa sesak.

Pintu geser dengan kaca besar mampu menghubungkan ruang dalam villa dengan taman belakang villa. Desainnya yang terbuka mengandalkan pencahayaan alami untuk memungkinkan sinar matahari masuk dengan maksimal ke berbagai sudut ruangan. Tanaman hijau tropis dapat menciptakan estetika yang memikat pada desain villa minimalis. 

Bagi kamu yang sedang berencana untuk berlibur bersama keluarga atau bahkan sedang menyusun konsep untuk mengembangkan bisnis penginapan, desain villa minimalis di atas dapat dijadikan inspirasi menarik. Dengan memaksimalkan setiap fungsi ruangan dan pengaturan tata letak yang baik, akan menciptakan desain villa minimalis yang nyaman untuk ditinggali. 

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

Beri Komentar