19 Pagar Tembok Minimalis dengan Desain Kontemporer sampai Monokromatik, Cantik dan Aman Melindungi Rumah!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 30 Oktober 2023 19:14
19 Pagar Tembok Minimalis dengan Desain Kontemporer sampai Monokromatik, Cantik dan Aman Melindungi Rumah!
Pagar tembok minimalis bisa dibangun dengan berbagai desain mulai dari gaya kontemporer sampai desain monokromatik. Temukan inspirasi untuk rumahmu berikut ini!

Pagar tembok minimalis adalah jenis pagar tembok yang dirancang dengan prinsip-prinsip minimalis dalam desainnya. Prinsip minimalis menekankan pada desain sederhana, bersih, dan tidak terlalu banyak menggunakan ornamen namun tidak mengurangi nilai keindahan. Selain sebagai desain arsitektur eksterior, pagar memiliki fungsi untuk melindungi dan membatasi properti. 

Pagar tembok minimalis sering digunakan dalam desain rumah bergaya modern atau kontemporer. Kedua gaya tersebut memiliki tampilan eksterior yang bersih, terstruktur dan kerap kali memberikan kontras yang unik dengan lingkungan sekitarnya. Pagar juga dapat membantu menciptakan lingkungan yang nyaman dan mendukung suasana eksterior rumah kamu. 

Bingung mau bikin desain pagar seperti apa? 

Pemilihan jenis dan desain pagar yang sesuai dengan kebutuhan gaya rumah kamu sangat penting. Banyaknya variasi pagar tembok minimalis terkadang membuat kamu kebingungan dalam menentukan pilihan yang cocok untuk rumahmu.

Berikut ini 6 inspirasi model pagar tembok minimalis yang bikin kamu melongo:

 

1 dari 13 halaman

Model Pagar Minimalis Gaya Modern

Pagar Tembok Minimalis © Diadona

Sebagian besar pemilik rumah mempertimbangkan beberapa hal dalam menentukan model pagar impiannya. Salah satunya adalah model yang tak lekang oleh waktu. Konsep timeless dapat ditemukan pada desain pagar tembok minimalis dengan gaya modern.

Gaya yang sederhana dengan kombinasi besi berwarna hitam dilengkapi dengan lighting menambah nilai estetika pagar rumah kamu.

Pagar modern sering dirancang yang berfokus pada keamanan rumah karena dilengkapi dengan integrasi teknologi mencakup sistem otomatisasi rumah. Desain seperti ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki rumah bergaya modern

2 dari 13 halaman

Pagar Tembok Minimalis Gaya Tropis

Pagar Tembok Minimalis © Diadona

Bagi kamu yang tinggal di negara beriklim tropis, pagar ini sangat cocok untuk kamu!. Wilayah tropis dikenal dengan iklim yang hangat sepanjang tahun dengan curah hujan yang tinggi. Oleh karena itu penting untuk mempertimbangkan penggunaan material yang digunakan.

Pagar tembok minimalis bergaya tropis biasanya dilengkapi dengan elemen tanaman hijau, material alami seperti kayu atau bambu, dan menggunakan warna netral yang cerah. Kamu akan semakin betah dirumah karena suasana yang tenang sehingga pas digunakan untuk bersantai.

3 dari 13 halaman

Pagar Tembok Minimalis Gaya Kontemporer

Pagar Tembok Minimalis © Diadona

Berbeda dengan gaya modern, desain minimalisme kontemporer menggabungkan elemen-elemen modern dengan kesederhanaan minimalis. Hal ini mencakup penggunaan teknologi canggih, furnitur modern, dan desain futuristik namun tetap minimalis.

Penambahan lighting seperti lampu LED pada pagar menciptakan efek pencahayaan yang modern pada malah hari. Model ini sangat pas buat kamu yang memiliki gaya hidup efisien, sederhana, dan terintegrasi dengan teknologi. 

4 dari 13 halaman

Pagar Tembok Minimalis Gaya Skandinavia

Pagar Tembok Minimalis © Diadona

Desain pagar tembok minimalis skandinavia memadukan kesederhanaan dan kenyamanan bagi pemilik rumah. Pencahayaan yang baik adalah elemen penting dalam desain pagar skandinavian. Kamu boleh memberikan sentuhan hijau dengan tanaman tropis atau semak-semak agar terlihat lebih fresh. 

5 dari 13 halaman

Pagar Tembok Minimalis Gaya Klasik

Pagar Tembok Minimalis © Diadona

Jika kamu menyukai tampilan yang glamor dan mewah maka pagar tembok minimalis dengan gaya klasik sangat pas untuk dijadikan pilihan. Ornamen klasik yang sering digunakan badalah model lampu gantung dengan desain klasik sehingga tampilan pagar sangat ekslusif pada malam hari.

Model ini adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang menyukai desain klasik dan mewah.

6 dari 13 halaman

Pagar Tembok Minimalis Gaya Monokromatik

Pagar Tembok Minimalis © Diadona

Minimalisme monokromatik adalah desain yang mengutamakan penggunaan satu warna seperti putih, hitam, abu-abu, atau warna netral lainnya. Pagar tembok minimalis bergaya monokromatik menciptakan tampilan yang bersih, tenang, dan minimalis dengan fokus pada bentuk, tekstur, dan kontras.

Namun, perlu diingat bahwa desain ini kurang cocok bagi kamu yang mudah bosan. Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat membedakan pemilihan tekstur, pola, dan material yang digunakan. 

7 dari 13 halaman

Pagar Tembok Minimalis Dari Roster Beton

Pagar Tembok Minimalis © Diadona

Desain pagar tembok minimalis selanjutnya adalah roster beton yang lagi nge hits banget!. salah satu alasan utama kenapa pagar tembok roster beton jadi pilihan banyak orang adalah karena tampilannya yang minimalis dan modern.

Ada banyak model roster beton yang bisa kamu pilih, mulai dari yang polanya geometris yang keren, sampe yang simpel dengan garis lurus. kamu bisa pilih sesuai dengan gaya dan selera kamu. Namun, kamu perlu pertimbangkan soal privasi rumah jika ingin memilih pagar tembok jenis ini karena celah-celahnya yang bikin rumah terlihat terbuka dari luar. 

Pagar Tembok Rumah Minimalis dengan Rooster © Diadona

Pemasangan rooster bata merah dalam membangun pagar tembok rumah juga terbilang cukup mudah dilakukan, yakni hanya membutuhkan campuran semen dan air untuk melekatnya. Dengan warna merahnya yang eksotis, tampilan pagar tembok dengan rooster ini bisa meningkatkan daya tarik bagi para pengunjung rumah. 

8 dari 13 halaman

Pagar Tembok Minimalis dengan Pintu Kayu

Pagar Tembok Minimalis © Diadona

Pintu kayu memiliki daya tarik sendiri jika dipasang pada pagar tembok minimalis rumah kamu. Tampilan rumah jadi lebih nyaman dipandang dan bisa jadi spot foto yang oke banget.

Pintu kayu memberikan nuansa alam yang hangat apalagi jika dikombinasikan dengan pagar tembok maka akan memunculkan kontras yang unik dan jadi lebih hidup.

Ada banyak pilihan desain pintu kayu, kamu bisa pilih yang cocok dengan selera dan gaya rumah kamu. mau yang rustic, modern, atau minimalis. 

Pagar Tembok Rumah Minimalis dengan Kayu © Diadona

Kayu merupakan salah satu material bangunan yang sering dipilih untuk hunian rumah. Pasalnya, kayu memiliki sifat yang fleksibel yang mudah diaplikasikan ke dalam desain interior maupun eksterior rumah termasuk dalam pembuatan pagar tembok rumah ini. 

Keunggulan dari kayu sendiri yaitu cukup kuat dan bisa bertahan hingga waktu yang panjang. Untuk harga yang ditawarkan oleh kayu juga terbilang terjangkau, tergantung dari pemilihan warna, kerapatan dan finishing yang diinginkan. 

9 dari 13 halaman

Pagar Tembok Minimalis dari Batu Alam

Pagar Tembok Minimalis © Diadona

Batu alam memberikan kesan alami dan klasik yang bisa merubah tampilan rumah kamu punya vibes natural yang dekat dengan alam. Selain tampilannya yang keren, batu alam sering dipilih karena memiliki daya tahan yang kuat dalam menghadapi pergantian musim, jadi kamu gak perlu repot-repot merawat ataupun mengganti pagar rumah secara berkala.

Tidak kalah dengan material lain, batu alam juga memiliki berbagai jenis dengan warna dan tekstur yang berbeda-beda buat wujudin pagar tembok minimalis rumah kamu jadi makin kece. Ada yang coklat alami, abu-abu, atau bahkan hitam. 

Pagar Tembok Rumah Minimalis Batu Alam © Diadona

Dikutip dari Adiguna Masonry, Kehadiran batu alam memberikan tampilan pagar tembok rumah jadi terkesan alami dan elegan. Batu alam cocok digunakan sebagai pagar tembok rumah karena memiliki ketahanan yang kuat dan sangat awet untuk menghadapi kondisi cuaca ekstrem

Perawatan yang diperlukan untuk memelihara batu alam di rumah juga tergolong mudah. Cukup hanya diamplas ke bagian batu yang mengalami pelapukan dan tidak lupa untuk mengoleskan coating setiap 6 bulan sekali.

10 dari 13 halaman

Pagar Tembok Minimalis Batu Bata

Pagar Tembok Minimalis © Diadona

Pagar tembok minimalis dari batu bata memang udah nggak asing lagi. Tapi tenang aja, batu bata masih bisa kekinian kok! material ini punya sifat yang timeless jadi nggak pernah ketinggalan zaman. Pagar batu bata ini bisa bikin rumah kamu kelihatan sederhana tapi tetap eksklusif.

Kamu bisa mix and match pagar batu bata dengan elemen lain, contohnya seperti gambar diatas adalah kombinasi antara batu bata dan batu alam, atau jika kamu ingin yang lain bisa kombinasikan dengan kayu atau besi, buat dapetin tampilan yang unik sesuai sama selera kamu. 

 

11 dari 13 halaman

Pagar Tembok Minimalis dengan Bunga yang Indah

Pagar Tembok Minimalis © Diadona

Adanya bunga pada pagar tembok minimalis bakal bikin rumah kamu jadi pusat perhatian orang. Tampilannya yang eye catching langsung bikin orang lain salah fokus apalagi jika pada musim semi bunga bermekaran. Kamu bisa pilih berbagai jenis tanaman dan bunga dari bunga bougenville hingga tanaman rambat.

Selain cantik, tanaman-tanaman ini bisa nambahin sedikit privasi buat rumah kamu. Punya tanaman di depan rumah pasti bikin mood kamu langsung naik saat bersantai dan menikmati pemandangan bunga yang indah.

12 dari 13 halaman

Pagar Tembok Rumah Minimalis Dengan Tanaman

Pagar Tembok Rumah Minimalis dengan Tanaman © Diadona

Menghadirkan tanaman di sekitar pagar tembok rumah jadi inspirasi yang unik untuk mewujudkan rumah jadi terasa menyenangkan. Tanaman menjadi bagian elemen pelengkap dari pagar tembok rumah yang tidak hanya digunakan untuk memperindah tampilan rumah saja, tetapi juga bisa memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. 

Tanaman berperan sebagai penghasil oksigen sekaligus bisa menangkal udara kotor saat berada di sekitarnya. Dengan membawa senyawanya yang hijau, tanaman juga bisa memberikan efek relaksasi yang bisa menenangkan kondisi pikiran dikala sedang stress.

Pagar Tembok Rumah Minimalis Dengan Semen Ekspos 

Pagar Tembok Rumah Minimalis Dengan Semen Ekspos © Diadona

Salah satu model pagar tembok rumah dari bahan semen yang paling disukai oleh hunian rumah yakni dengan mengusung gaya industrialis seperti ini. Gaya industrialis sengaja menampilkan tampilan pagar rumah yang sengaja dibuat secara unfinishing, sehingga memberikan kesan simple dan maskulin.

13 dari 13 halaman

Pagar Tembok Rumah Minimalis Dengan Kaca

Pagar Tembok Rumah Minimalis Dengan Kaca © Diadona

Menggunakan kaca untuk pagar tembok mendukung kesan rumah jadi terasa mewah dan elegan. Saat berada di siang hari, tampilan kaca pada pagar tembok akan jadi lebih mencolok karena terkena pantulan sinar matahari. 

Adapun kaca yang digunakan dalam membuat pagar tembok bukan diambil dari sembarang kaca, melainkan menggunakan bahan khusus berupa tempered kaca. Dikutip dari Dekoruma, tempered kaca memiliki sifat bahan yang kuat dan cukup awet. Jenis kaca ini juga tidak gampang memuai, sehingga minim resiko untuk mengalami pecah. 

Pagar Tembok Rumah Minimalis Dengan Hebel

Pagar Tembok Rumah Minimalis Dengan Hebel © Diadona

Hebel merupakan jenis batu bata dengan ukuran yang lebih besar daripada batu bata merah. Hebel juga memiliki bobot yang lebih ringan, sehingga sangat mudah diaplikasikan untuk membuat pagar tembok rumah. 

Dilansir dari Detik, hebel memiliki tampilan berwarna putih yang disebabkan oleh campuran pasir silika, air, semen, gypsum, dan alumunium bubuk. Kekuatan dari bata hebel mirip seperti bahan beton, yakni sama-sama cukup kuat dibandingkan dengan batu bata merah yang mudah rapuh. 

Pagar Tembok Rumah Minimalis Dengan Granit

Pagar Tembok Rumah Minimalis Dengan Granit © Diadona

Pagar tembok rumah dengan batu granit memberikan fasad rumah jadi terasa indah. Batu granit sendiri memiliki motif alami yang sangat khas dan tidak bisa ditiru oleh bahan lainnya, sehingga menjadikannya terkesan mahal dan unik. 

Batu granit cocok untuk dipasangkan di pagar tembok rumah karena keunggulannya yang tahan terhadap air dan anti panas. Batu ini termasuk jenis batu keras yang tidak mudah terkena lecet meskipun digores dengan benda tajam. 

Itulah contoh pagar tembok rumah minimalis yang nggak bikin membosankan untuk dilihat. Memiliki tampilan pagar tembok yang cantik tentu tidak hanya dapat dinikmati oleh penghuni rumah saja, tetapi juga bisa meningkatkan kesan yang positif bagi para pengunjung rumah. 

Gimana Diazens? apakah desain pagar tembok minimalis di atas bikin kamu punya ide buat membangun pagar tembok impianmu di rumah? segera tentukan inspirasimu sesuai dengan kebutuhan rumah.

Editor: Tiara Martha Asnadhinata dan Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar