22 Ide Taman di Balkon Lantai 2 Rumah, Berdesain Sederhana tapi Cantik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 10 Oktober 2023 09:19
22 Ide Taman di Balkon Lantai 2 Rumah, Berdesain Sederhana tapi Cantik
Balkon di lantai 2 bisa kamu manfaatkan untuk bertanam secara hidroponik, untuk working space atau sekedar bersantai ditemani tanaman yang bikin teduh dan indah.

Adanya taman di balkon lantai 2 biasanya bikin kamu lebih nyaman dan betah di rumah. Namun, permasalahan muncul saat kamu akan menentukan desain balkon rumah kamu beserta dengan jenis tanaman yang di dalamnya. 

Dikutip dari Britannica, balkon berfungsi untuk memperbesar ruang hidup dan berbagai aktivitas yang mungkin dilakukan pada hunian tanpa taman atau halaman rumput. Di banyak rumah apartemen, balkonnya sebagian tersembunyi untuk menyediakan sinar matahari dan tempat berteduh atau berteduh. 

Sebagian besar orang membiarkan bagian balkon lantai 2 rumahnya begitu saja. Malah kadang menjadikannya sebagai tempat penyimpanan barang-barang. Padahal nih ada banyak cara untuk memaksimalkan area balkon, mulai dari sebagai tempat bersantai atau taman untuk memberi keindahan di rumah.

Namun sebelum membuat taman di balkon lantai 2, perhatikan hal-hal berikut ini:

Perhitungkan Beban Tanaman

Karena balkon memiliki kemampuan menahan beban yang terbatas, maka hindari pot dengan tanaman besar ya! Gunakan pot ringan, tanaman kecil atau pot gantung untuk menghemat tempat.

Perhatikan Area Balkon yang Terekspose Hujan dan Angin

Angin dan hujan bisa bikin tanaman kamu rusak hingga mati. Maka siasati hal tersebut dengan menutup area yang mungkin terkena dan memilih jenis tanaman yang tahan angin dan hujan.

Sinar Matahari

Kunci dari keberhasilan bertanam adalah media tanam, jumlah air dan juga sinar matahari. Maka sesuaikan jenis tanaman dengan jumlah sinar matahari yang mengenai. Pilih tanaman tahan panas bila balkon mendapat sinar maharai dalam durasi yang panjang, atau tanaman teduh untuk sinar matahari tak langsung.

Yuk temukan inspirasi taman di balkon lantai 2 yang dikutip Diadona dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 7 halaman

Desain Taman di Balkon Lantai 2 Sederhana

Taman di Balkon Lantai 2 Sederhana © Diadona

Sederhana bukan berarti jelek, lho. Desain taman di balkon ini nggak memerlukan banyak perabotan, tetapi tetap terlihat cantik. Kamu bisa meletakkan kursi dan beberapa tanaman gantung di balkon lantai 2 rumahmu. Kalau kamu memiliki budget yang lebih, kamu bisa menambahkan ayunan sebagai tambahan hiasan agar balkonmu semakin nyaman digunakan.

Balkon dengan Tanaman Hidroponik

Taman di Balkon Lantai 2 dengan Tanaman Hidroponik © Diadona

Meskipun balkon rumah kamu nggak luas, selama masih terkena sinar matahari kamu bisa memanfaatkannya sebagai lahan hidroponik. Manfaatkan barang sederhana atau barang bekas untuk membuat perkebunan hidroponik di rumah.

Sebelum membuat taman hidroponik di balkon lantai dua rumahmu, perhatikan beberapa hal mulai dari jenis tanaman yang sesuai dengan pencahayaan serta saluran airnya ya!

Taman Sempit di Balkon Lantai 2 

Taman Sempit di Balkon Lantai 2 © Diadona

Nggak selalu ribet, kamu bisa menanam bunga dalam pot yang berukuran kecil hingga sedang untuk mempercantik taman di balkon lantai 2. Sesuaikan jenis tanaman dengan pencahayaan di balkon ya dan sirami secara teratur.

2 dari 7 halaman

Taman di Balkon Minimalis

Taman di Balkon Minimalis © Diadona

Tak erlu ada bnayak tanaman, yang terpenting adalah jenis tanaman tersebut sesaui dengan suhu serta cahaya matahari di balkon rumah. Kamu bisa memanfaatkan kaleng bekas dan barang bekas lainnay sebagai pot. Tak perlu mengeluarkan banyak uang lho untuk membuat taman di balkon.

Taman di Balkon dengan Tirai

Taman di Balkon dengan Tirai © Diadona

Bersantai di balkon memang menyenangkan, tapi nggak banget deh kalo terkena panas dan debu bertebaran. Nah untuk mengurangi ketidak nyamanan tersebut, kamu bisa tambahkan dengan tirai putih yang sesuai dengan tema taman dan balkon kamu.

Tanaman Bambu Jepang di Taman Balkon Lantai 2

Tanaman Bambu di Taman Balkon Lantai 2 © Diadona

Ngomongin tanaman bambu sih mngkin otak kita merujukpada tanaman tinggi besar di lahan yang lua. Tapi ada juga nih varian bambu Jepang yang 'mini' dan eksotis.

Cara penanaman dan perawatannya terbilang cukup mudah karena mampu hidup di tempat yang teduh dan tropis seperti di Indonesia. Agar corak daunnya terlihat nyata dan indah, pastikan tanaman terkena sinar matahari sekitar 50%.

3 dari 7 halaman

Taman Rimbun di Balkon Lantai 2

Taman Rimbun di Balkon Lantai 2 © Diadona

Bikin taman rimbun di balkon dengan menggunakan tanaman berdaun banyak atau berdaun lebar. Tanam di dalam pot yang besar agar tanaman tumbuh maksimal, dan sirami secara teratur. Taman rimbun di balkon lantai 2 ini dijamin bakalan jadi tempat istirahat yang menyenangkan di rumah,

Taman Vertikal di Balkon Lantai 2

Taman Vertikal di Balkon Lantai 2 © Diadona

Vertical garden adalah jenis menanam tanaman secara vertikal di dinding atau di atap, sehingga cocok untuk ruangan kecil atau ingin mendekorasi dinding dengan tumbuhan. 

Namun, untuk membuat taman vertikal, ada cara-cara tertentu lho dan enggak boleh sembarangan. Soalnay kalau kamu melakukannya dengan cara yang tak tepat, tanaman nggka bisa tumbuh maksimal dan malah merusak dinding.

Taman di Balkon Lantai 2 Bergaya Bohemian

Taman di Balkon Lantai 2 Bergaya Bohemian © Diadona

Dengan menggunakan tema bohemian pada taman di balkon lantai 2 kamu bisa menggunakan beberapa hiasan yang berasal dari alam, seperti anyaman bambu atau rotan. Kamu juga bisa menambahkan perabotan atau aksesoris dengan nuansa tribal bohemian. Tambahkan beberapa tumbuhan dalam mini pot agar lebih menarik, kalau kamu tipe orang yang malas merawat teratur, kamu bisa menggunakan tanaman sukulen.

4 dari 7 halaman

Taman Monstera di Balkon Lantai 2

Taman Monstera di Balkon Lantai 2 © Diadona

Tanaman hias ini sempat hits beberapa waktu yang lalu dan harganya melambung tinggi. Kalau kamu merawatnya dengan baik, monstera tumbuh dengan subur dan menghasilkan banyak anakan.

Nah, jadikan balkon lantai dua rumah kamu sebagai taman monstera yang indah. Tapi pastikan cahaya matahari sesuai dengan kebutuhan tanaman ya!

Taman Artificial di Balkon Lantai 2

Taman Artificial di Balkon Lantai 2 © Diadona

Teruntuk kamu yang tak punya waktu merawat tanaman hidup, nggak ada salahnya kok menghias balkon rumah dengan tanaman artificial. Beli di toko online agar mendapatkan harga yang murah dan pasang secara apik. Warna hijau pada tanaman berikut tetap bikin mata kamu terasa sejuk.

Taman di Balkon Lantai 2 dengan Rumput Sintetis

Taman di Balkon Lantai 2 dengan Rumput Sintetis © Diadona

Biar lantai balkon nggak bikin bosen, kamu bisa tambahkan dengan rumput sintetis. Harganya per meternya memang lumayan, tapi bikin balkon kamu makin adem.

Pastikan karpet tersebut tidak terkena air hujan ya Diazen sebab bila lembba dan tak disanitasi dengan baik, maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap. 

Selain terlihat semakin segar, rumput sintetis ini juga dapat dimanfaatkan untuk alas duduk kamu. Jadi, kamu nggak perlu menggunakan karpet lagi. Koleksi tanaman hiasmu juga dapat kamu letakkan di atas rumput sintetis ini.

5 dari 7 halaman

Taman di Balkon Lantai 2 dengan Kursi Gantung

Taman di Balkon Lantai 2 dengan Kursi Gantung © Diadona

Taman di balkon lantai 2 nggak lengkap kalau belum ada kursi gantung. Menambahkan furnitur ini juga bisa membuat balkonmu semakin nyaman saat digunakan. Kamu bisa memberikan bantal dan alas duduk agar lebih empuk. Kursi gantung ini bisa kamu manfaatkan untuk melihat pemandangan sekitar hingga membaca buku.

Taman di Balkon Lantai 2 Bertema Kayu

Taman di Balkon Lantai 2 Bertema Kayu © Diadona

Lantai kayu bisa kamu manfaatkan untuk menciptakan tema kayu pada balkon rumah. Kamu juga bisa menambahkan dinding roster kayu agar angin yang masuk nggak terlalu kencang. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan color palette bernuansa coklat untuk melengkapi tema kayu.

Taman di Balkon Lantai 2 dengan Decking Kayu

Taman di Balkon Lantai 2 dengan DEcking Kayu © Diadona

Decking kayu adalah produk yang terbuat dari material kayu yang digunakan sebagai bahan lantai. Decking kayu ini biasanya ditempatkan di area terbuka yaitu area luar ruangan.

Decking kayu pada taman di balkon lantai 2 ngasih elemen natural. Tambah dengan bebatuan taman ya!  

6 dari 7 halaman

Taman di Balkon Lantai 2 Super Sempit

Taman di Balkon Lantai 2 Super Sempit © Diadona

Balkon super sempit tak jadi soal, kamu tetap bisa membuat taman sederhana dengan isnpirasi berikut ini. Kuncinya adalah maksimalkan satu sisi ruang dan isi dengan satu tanaman besar sebagai center dan tanaman kecil lainnya sebagai pelengkap.

Taman di Balkon Lantai 2 dengan Tumbuhan Merambat

Taman di Balkon Lantai 2 dengan Tumbuhan Merambat © Diadona

Beberapa tumbuhan merambat tampak sangat cantik dan memikat, tanpa perlu perawatan yang merepotkan. Contohnya adalah pada taman di balkon lantai 2 berikut yang menggunakan bunga bougenvil merambat. Tanaman yang merambat di bagian atap membuat balkon jadi teduh dan cantik banget.

Namun perhatikan perawatan tanaman tersebut ya agar tidak tumbuh berlebihan. Rajin siangi untuk mengontrol pertumbuhannya.

Taman di Balkon Lantai 2 Bertema Modern Minimalis

Taman di Balkon Lantai 2 Bertema Modern Minimalis © Diadona

Tema rumah tentu harus menyeluruh di seluruh bagian ruangan. Untuk rumah modern minimalis, inspirasi taman di balkon berikut nggak cuman cantik tapi juga minim perawatan.

Pilih material pot dari bahan alam seperti pot semen, pot batu dengan warna-warna alam.

7 dari 7 halaman

Taman di Balkon Lantai 2 dengan Penambahan Air Mancur

Taman di Balkon Lantai 2 dengan Penambahan Air Mancur © Diadona

Adanya air mancur mini, bakal bikin taman di balkon lantai 2 rumah kamu seperti taman mini. Balkon rumahmu akan semakin indah dan bikin kamu nyaman karena suara dari air mancur mini tersebut bisa bikin kamu lebih tenang. Di sekitar air mancur mini tersebut bisa kamu tambahkan tanaman untuk membuat balkon kamu lebih enak dipandang.

Taman di Balkon Lantai 2 dengan Aquarium

Taman di Balkon Lantai 2 dengan Aquarium © Diadona

Aquarium ikan ini bisa kamu letakkan dekat dengan dinding sehingga saat berada di balkon kamu punya pemandangan lain. Kalau kamu suka ikan yang lucu dan banyak gerak, kamu bisa menambahkan ikan mas koki di dalamnya.

Taman di Balkon Lantai 2 untuk WFH

Taman di Balkon Lantai 2 untuk WFH © Diadona

Kalau kamu sering banget WFH, balkon di rumahmu juga bisa kamu sulap menjadi tempat kamu bekerja. Penambahan meja tinggi dan kursi tentunya menjadi elemen terpenting agar kamu bisa lebih nyaman saat bekerja. Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan stop kontak dan wi-fi untuk mempermudah kerjamu.

Taman di Balkon Lantai 2 dengan Payung

Taman di Balkon Lantai 2 dengan Payung © Diadona

Payung penting banget untuk mencegah kamu kepanasan pas siang hari. Kamu bisa menambahkan payung cukup besar agar bisa menutupi teriknya sinar matahari. Pemilihan warna payung juga penting agar taman di balkon lantai 2 rumahmu bisa tetap senada.

Taman di balkon lantai 2 adalah cara untuk bikin rumah kamu makin cantik dan adem dengan memaksimalkan ruang yang dimiliki rumah. Selamat berkreasi ya!

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar