27 Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka untuk Rumah Mungil tapi Terlihat Lapang

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Minggu, 29 Oktober 2023 21:46
27 Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka untuk Rumah Mungil tapi Terlihat Lapang
Desain dapur dan ruang makan terbuka dapat memaksimalkan penggunaan cahaya alami, dengan jendela besar atau pintu geser kaca yang menghadap keluar memungkinkan sinar matahari mudah masuk ke rumah

Desain dapur di masa kini tidak ada habisnya mengikuti desain interior yang semakin diminati pemilik rumah maupun para arsitektur. Bagi pemilik rumah minimalis, desain dapur dan ruang makan terbuka dapat menjadi solusi hunian untuk menyempurnakan tampilan ruangan dapur.

Ruang ini menciptakan kenyamanan, fleksibilitas dan fungsionalitas dalam rumah. Dengan menggabungkan dapur dan ruang makan terbuka, akan membuat tampilan rumahmu tampak lebih luas. Mengatur tata letak yang baik dapat menjadi cara utama dalam menentukan desain dapur dan ruang makan terbuka. 

Desain dapur dan ruang makan terbuka atau dapur outdoor kini mulai populer digunakan pada hunian Indonesia dengan meniadakan sekat antar ruangan. Desain dapur dan ruang makan terbuka dapat memaksimalkan penggunaan cahaya alami, dengan jendela besar atau pintu geser kaca yang menghadap keluar memungkinkan sinar matahari mudah masuk ke dalam ruangan. Hal ini akan menciptakan atmosfer yang terang dan segar ke dalam rumahmu. 

Namun, kamu perlu mempertimbangkan fungsi antara dapur dan ruang makan terbuka. Area masak tetap harus dalam kondisi yang praktis,bersih dan efisien, sedangkan ruang makan terbuka harus tetap memberikan kenyamanan bagi penghuninya yang hendak makan. Pastikan untuk memilih perabotan yang sesuai dengan gaya desain interior rumahmu.

Kamu penasaran bagaimana pengaplikasian desain dapur dan ruang makan terbuka? Ini dia sejumlah referensi desain atau model dapur dan ruang makan yang dapat kamu tiru!

1 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Bergaya Kitchen Island

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Desain dapur dan ruang makan kitchen island ini cocok untuk kamu yang memiliki rumah dengan lahan minimalis. Tata letaknya diatur dengan menggabungkan dapur dan ruang makan menjadi satu ruangan terbuka yang menarik.

Desain dapur ini bukan hanya memberikan kesan estetika, namun juga menciptakan ruang yang lebih fungsional dan nyaman. Kitchen island berfungsi sebagai pemisah visual yang ringan, namun tetap memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan anggota keluarga saat memasak.

Desain dapur dan ruang makan ini juga dapat menjadi pusat kegiatan sosial dalam rumah, yang memungkinkan kamu dapat berkumpul dengan keluarga untuk memasak atau menyajikan makanan sehingga dapat menciptakan suasana yang hangat dan ramah.

 

 

2 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka di Samping Taman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Rekomendasi selanjutnya dapat kamu coba dengan cara membangun dapur dan ruang makan berdampingan dengan taman dalam rumah. Jika sebelumnya ada sekat yang memisahkan kedua ruangan ini, dapat kamu bongkar untuk memudahkan akses cahaya matahari  dan  sirkulasi udara yang lebih maksimal dalam rumah.

Namun kekurangan dari desain dapur ini membuat ruangan mudah berdebu, sehingga harus sering dibersihkan agar tetap terjaga kebersihannya. Kamu dapat melengkapi area ini dengan lampu gantung agar tidak terkesan gelap ketika ingin memakai nya di malam hari.

 

3 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Ala Klasik

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Kamu ingin tampilan dapur dan ruang makan terlihat lebih menarik? Maka desain dapur dan ruang makan terbuka bergaya klasik ini dapat kamu coba terapkan.

Gaya klasik menjadi kombinasi yang menawan antara keindahan estetika klasik dan kenyamanan fungsi modern. Kamu dapat memilih furnitur yang mencerminkan gaya klasik seperti kursi makan dengan punggung tinggi, meja makan dengan marmer yang halus atau perabotan dengan aksen ekegan.

Furnitur ini akan memberikan sentuhan kemewahan dalam ruangan. Lantai marmer yang indah menjadi pilihan populer pada desain klasik untuk memberikan tampilan yang elegan pada ruangan dapur dan ruang makan terbuka.

 

4 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Bergaya Minimalis

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Inspirasi selanjutnya adalah menerapkan gaya minimalis pada desain dapur dan ruang makan terbuka. Desain ini berfokus pada kesederhanaan, fungsionalitas pada perabotan dapur dan dekorasi minimalis.

Untuk sisi berhadapan dengan area luar rumah, kamu dapat memanfaatkan pintu geser atau jendela kaca agar terlihat lebih luas dan lapang.

Meskipun terlihat minimalis, desain ini juga akan menciptakan kesan yang modern dan terang pada area tersebut. Gunakan material alami seperti batu atau kayu pada permukaan lantai agar memberikan elemen alami yang hangat pada desain minimalis.

 

5 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Dengan Konsep Vintage

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Jika kamu menyukai estetika vintage, desain dapur dan ruang makan terbuka dengan konsep vintage menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mengajakmu bernostalgia ke masa lalu.

Desain vintage dapat menampilkan karakter khusus pada ruangan rumah dengan menggabungkan elemen klasik dan modern. Gaya vintage sering menggunakan warna berani layaknya merah bata, kuning mustard dan hijau mint pada dinding atau aksen dalam ruangan.

Untuk mendukung suasana vintage pilihlah perabotan, aksesori dan dekorasi yang mencerminkan era vintage seperti meja dengan ukiran kayu, jam dinding bergaya retro, atau piring keramik vintage. 

 

6 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Bergaya Rustik

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Desain dapur dan ruang makan terbuka dengan sentuhan rustik menciptakan atmosfer ruangan yang hangat, alami dan kasual dalam rumah. Gaya rustik ini terinspirasi dari keindahan bahan-bahan alami untuk menciptakan tampilan yang khas.

Material kayu dengan perpaduan batu bata merupakan bahan utama dalam desain rustik yang dapat diterapkan dinding atau perabotan untuk memberikan atmosfer ruangan yang hangat dan alami. Palet warna yang biasa digunakan dominan bernuansa alam seperti cokelat, hijau, merah bata dan lainnya.

Kamu dapat memasang pintu kaca besar untuk menjadi sekat antara eksterior dan interior, sehingga menghindari perasaan pengap karena mendapat cahaya sinar matahari yang cukup.

 

 

7 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Ala Bar Cafe

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Kamu menginginkan area masak layaknya bar cafe? Pilihan desain dapur dan ruang makan terbuka dengan bar kecil ini akan menjadi solusi yang tepat.

Meja kecil atau bar yang terbuka menghubungkan dapur dan ruang makan cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai dengan sarapan bersama atau sekedar minum secangkir kopi. Desain ini terinspirasi dari mengambil elemen-elemen atau atmosfer kafe yang trendi dan menghadirkannya dalam rumah.

Meja bar menjadi fokus utama dalam desain ruangan ini dengan tambahan kursi tinggi yang stylish. Untuk mendukung suasana dapur layaknya bar cafe, kamu dapat menambahkan aksen lampu gantung sebagai pencahayaan romantis saat malam hari. 

 

8 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka dengan Pintu Geser

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Inspirasi selanjutnya adalah memanfaatkan pintu kaca geser pada desain dinding dapur dan ruang makan terbuka yang berdampingan dengan taman rumah.

Palet warna yang biasa digunakan pada desain dapur dan ruang makan ini adalah nuansa putih untuk memberikan kesan lapang. Agar sirkulasi udara dan cahaya matahari masuk dengan maksimal, kamu bisa menggeser pintu tersebut untuk menghilangkan kesan pengap dalam ruangan.

Namun pintu geser tersebut tidak selamanya bisa dibiarkan terbuka, kamu harus segera menutupnya ketika keadaan di luar rumah sedang hujan. Untuk meminimalisir masuknya cipratan air ke dalam rumah dan tidak mengotori lantai ruangan. 

9 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Dengan Nuansa Industrial Modern

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Rekomendasi terakhir adalah desain dapur dan ruang makan terbuka dengan sentuhan industrial modern untuk menciptakan tampilan ruangan yang unik dan trendi.

Desain ini sering melibatkan penggunaan material seperti beton, logam, dan kaca sebagai bahan utama untuk menghasilkan nuansa modern. Palet warna dalam industrial modern sering melibatkan warna netral layaknya abu-abu, hitam dan putih.

Pada desain ini, dapur seringkali memiliki tampilan yang terbuka dengan memadukan konsep kitchen island berupa penggunaan bangku tinggi atau bar untuk makan dan minum santai. Desain dapur dan ruang makan terbuka bernuansa industrial modern menjadi cara yang unik untuk menciptakan ruangan penuh karakter dalam rumah. 

 

10 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Menyatu Dengan Ruang Keluarga

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Menggabungkan dapur, ruang makan terbuka dan ruang keluarga menjadi satu adalah tren desain interior yang populer karena menciptakan ruang yang lebih luas, nyaman dan ramah untuk bersosialisasi bersama keluarga.

Pertimbangkan tata letak yang logis untuk ketiga area ini. Idealnya, dapur berada di dekat ruang makan dan ruang keluarga agar memudahkan pergerakan antar keduanya. 

Pastikan ada pencahayaan yang baik di seluruh sisi ruangan. Kamu dapat menggunakan kombinasi pencahayaan umum seperti pencahayaan tegas di area dapur dan lampu gantung pada sisi ruang makan untuk menciptakan suasana yang lebih hangat.

Agar penghuni rumah dapat dengan nyaman bersantai dan berbincang di ruang keluarga, kamu dapat menambahkan beberapa furnitur berupa sofa atau kursi empuk.

 

11 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Bernuansa Monokrom

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Apakah kamu menginginkan desain dapur dan ruang makan terbuka dengan nuansa monokrom? maka inilah jawabannya. Dapur dan ruang makan terbuka menciptakan tampilan yang lebih elegan, bersih dan kontemporer.

Desain dapur ini dominan menggunakan palet warna berwarna hitam putih yang mengisi ruangan, baik cat dinding maupun elemen dekoratifnya. Pilihlah perabotan yang sesuai dengan warna palet monokrom seperti meja makan dengan finishing hitam putih. 

Untuk memberikan pencahayaan yang baik saat malam hari, kamu dapat menambahkan lampu gantung berwarna hitam yang dapat menyatu dengan desain monokrom layaknya contoh di atas.

Agar ruangan tidak terkesan monoton, kamu dapat menambahkan aksen warna yang kontras dengan palet warna monokrom seperti kursi dan wadah gelas dengan finishing kayu, sehingga memberikan sentuhan yang menarik.

 

12 dari 27 halaman

Dapur dan Ruang Makan Terbuka Dengan Jendela Kaca

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Jika kamu mendambakan desain dapur dan ruang makan terbuka bernuansa semi outdoor, maka menggunakan jendela atau pintu kaca besar dapat menjadi pilihan yang paling tepat. Selain memberikan pemandangan ke area luar rumah, desain dapur ini akan menghadirkan kesan yang lebih terang dan terbuka dihasilkan dari cahaya alami yang masuk ke dalam area dapur.

Meskipun mendapat pencahayaan alami yang cukup, kamu perlu menambahkan pencahayaan lampu untuk malam hari. Pilihlah material jendela kaca yang sesuai dengan iklim dan kebutuhan energi dalam rumahmu. Mungkin jendela kaca berlapis dapat dipertimbangkan untuk membantu mengatur suhu dalam ruangan.

 

 

13 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Berhadapan Dengan Kolam

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Desain dapur dan ruang makan terbuka berhadapan dengan kolam akan memberikan pengalaman yang berbeda. Seperti contoh di atas, desain dapur dan ruang makan terbuka dibangun berhadapan dengan lanskap kolam. Sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai sambil menyantap hidangan dengan mendengarkan gemericik air yang syahdu.

Dengan merancang taman mini di sekitar kolam akan menambah sentuhan natural pada ruang terbuka. Jika kamu memiliki anak kecil, pertimbangkan untuk memasang pagar kolam kaca agar lebih aman, karena terdapat batas yang memudahkan untuk mengawasi anak-anak. 

 

 

14 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Bernuansa Ala Jepang

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Perpaduan gaya interior scandinavian dan Jepang biasa disebut dengan istilah Japandi yang kini mulai populer digunakan sebagai gaya dekorasi dapur dan ruang makan terbuka. Desain dapur dan ruang makan terbuka bergaya Jepang akan menciptakan atmosfer yang tenang dan indah.

Pemakaian warna netral seperti putih, abu-abu dan cream untung dinding dan lantai akan memberikan kesan yang lebih terang dan bersih. Peralatan berbahan dasar kayu dominan digunakan pada dekorasi desain interior dapur ala Jepang. Kamu juga dapat mempertimbangnkan penggunaan tatami sebagai alas tikar tradisional yang akan memberikan nuansa Jepang autentik. 

Penggunaan perabotan sederhana dengan sentuhan alam serta kombinasi warna netral menjadi ciri khas umum yang dimiliki desain Japandi. Dengan memadukan elemen tersebut, kamu akan menciptakan dapur dan ruang makan terbuka yang indah dengan nuansa ala Jepang.

 

15 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Open Plan

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Rekomendasi berikutnya adalah menggabungkan dapur dengan ruang makan terbuka atau biasa disebut dengan “ Open Plan”. Dengan menggabungkan ruangan ini akan menciptakan ruang yang lebih efisien dan efektif untuk mengisi aktivitas atau makan bersama keluarga. Desain dapur dan ruang makan terbuka bergaya open plan akan menciptakan ruang yang lebih luas, terang dan terhubung. 

Ciri khas desain open plan biasanya tidak ada sekat pemisah antara dapur dan ruang makan. Agar mendapat pencahayaan alami yang cukup, kamu dapat menempatkan area dapur dan ruang makan terbuka di belakang rumah dekat dengan taman. Selain itu, pertimbangkan juga penggunaan rak atau perabotan yang dapat berfungsi sebagai pemisah visual antara dapur dan ruang makan.

 

16 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Bergaya Sederhana

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Desain dapur dan ruang makan terbuka bergaya sederhana mampu menciptakan ruang yang lebih bersih, nyaman dan bergaya minimalis. Pilihan warna netral seperti perpaduan hitam dan putih sering digunakan untuk melapisi dinding dan langit-langit agar menciptakan tampilan yang lebih bersih dan terang. 

Dalam desain terbuka, pastikan dapur dan ruang makan berada pada satu ruangan yang berdekatan. Jika kamu ingin menciptakan nuansa yang hangat pada ruangan ini, kamu dapat menambahkan material alami seperti kayu untuk kursi atau meja makan dan elemen dekorasi lainnya. Tambahkan tanaman hias agar memberikan sentuhan yang segar dan alami pada ruangan. Dengan menciptakan ruang yang nyaman kamu dapat menciptakan ruang yang nyaman untuk memasak atau makan bersama keluargamu. 

 

17 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka di Belakang Rumah

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Desain dapur dan ruang makan terbuka di belakang rumah dapat menciptakan ruang yang ideal untuk bersantai, memasak dan makan bersama pada ruang yang lebih terbuka. Pertama-tama pertimbangkan untuk membangun teras atau dek yang berukuran luas sebagai dasar pada ruang terbuka, sehingga dapat terhubung secara langsung pada area belakang rumah.

Kamu dapat meletakkan meja makan dan kursi yang nyaman di dekat dapur, pastikan jika furnitur yang dipilih tahan terhadap cuaca karena berhubungan langsung dengan area luar. Jika kamu senang memasak di luar ruangan, dapat mempertimbangkan pemasangan area barbecue atau panggangan yang cukup ruang untuk mempersiapkan hidangan yang lezat.

Desain dapur dan ruang makan terbuka di belakang rumah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan lingkungan yang nyaman saat bersantai, berkumpul dan menikmati hidangan di luar rumah bersama keluarga tercinta. 

 

18 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Untuk Rumah Tipe 36

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Rekomendasi kali ini sangat ideal untuk diaplikasikan pada rumah dengan ukuran minimalis, tanpa ada pembatas antara dapur dan ruang lain. Sehingga semakin menciptakan nuansa yang nyaman dengan konsep space saving. Untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas, kamu dapat memilih palet warna netral seperti abu-abu, putih dan hitam.

Dalam rumah minimalis tipe 36 biasanya tidak terdapat dinding yang memisahkan dapur dan ruang makan. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan tata letak terbuka untuk menciptakan area yang lebih terbuka. Desain dapur dan ruang makan terbuka bergaya industrial dapat kamu jadikan inspirasi menarik.

Untuk memaksimalkan ruangan yang terbatas, dapat menambahkan kursi bergaya bar sebagai area makan. Dapur dengan tipe 36 ini memerlukan perencanaan yang baik untuk memaksimalkan ruang yang terbatas.

 

19 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Bernuansa Biru Cerah

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Jika kamu mendambakan desain dapur dan ruang makan terbuka bernuansa cerah, maka kamu dapat mencoba inspirasi satu ini. Selain menampilkan suasana yang cerah, ruang ini akan menciptakan tampilan yang lebih segar, ceria dan menyenangkan. Kombinasikan warna biru cerah dengan warna netral seperti putih agar memberikan kontras yang seimbang.

Pilih furnitur seperti lemari, meja dengan aksen biru atau putih agar lebih sesuai dengan gaya dekorasi dapur. Gunakan pencahayaan alami untuk memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Kamu juga dapat mempertimbangkan pemasangan lampu gantung untuk menciptakan suasana hangat di malam hari. Pastikan untuk mengkombinasikan elemen-elemen tersebut sesuai dengan selera pribadi agar menciptakan ruangan yang sesuai dengan keinginanmu.

20 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Menyatu Dengan Area Cuci

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka © Diadona

Inspirasi desain dapur dan ruang makan terbuka yang terakhir adalah menyatu dengan area cuci untuk memaksimalkan penggunaan area dalam rumah. Selain menunggu cucian kering, dapat disambi dengan menyiapkan hidangan untuk keluarga kecilmu.

Tak perlu ruang yang besar, dengan membuat dapur terbuka berbentuk L menempel dengan dinding akan menciptakan ruangan yang lebih fungsional dan nyaman dilihat. Jika kamu ingin menambahkan kesan alami dan asri, dapat mempertimbangkan untuk menambahkan bebatuan alami atau rumput sintetis di sekitarnya. 

 

21 dari 27 halaman

Desan Dapur dan Ruang Makan Terbuka di Sudut Taman

DApur dan Ruang Makan Terbuka di Sudut Taman © Diadona

 

Memiliki halaman belakang yang luas menjadi hal yang tepat untuk menambahkan dapur dan ruang makan terbuka di sudut halaman atau taman belakang.

Apalagi jika kamu yang sering menikmati quality time bareng keluarga atau teman dengan memasak bersama di rumah, dapur outdoor minimalis ini bisa jadi area yang pas untuk digunakan. 

Desain dapur ini tampil mungil dengan sentuhan aksen kayu dan dinding berwarna krem yang membuat kesan estetis yang ciamik. Memasak bersama kian terasa lapang dan menyenangkan dengan konsep dapur terbuka ini.

22 dari 27 halaman

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka dengan Atap Transparan

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka dengan Atap Transparan © Diadona

Ingin membuat spot yang estetik dan fotogenic di rumah? Kamu bisa merancang desain dapur outdoor yang estetik ala cafe dan tentunya bikin kamu betah buat nongkrong di area dapur. 

Dapur outdoor ini tampil simpel dengan penataan space yang estetis dan perpaduan dominan putih serta sentuhan kayu. Meskipun begitu, dapur ini tetap menjadi central of view dengan warna keramik biru terangnnya yang mencolok. 

Tak lupa untuk menambahkan kanopi transparan jika kamu menyukai kesan terbuka yang autentik, tetapi ingin memastikan bahwa dapur tetap aman dari cuaca. Menciptakan dapur outdoor yang estetik ala cafe ini dapat menjadi daya tarik utama di rumah kamu.

Dapur outdoor estetik menjadi tempat sempurna untuk bersantai, mengundang teman-teman, atau sekadar menikmati momen area terbuka.

23 dari 27 halaman

Dapur dan Ruang Makan Terbuka Berdesain Industrial

Dapur dan Ruang Makan Terbuka Berdesan Minimalis © Diadona

Bagi kamu yang tertarik konsep dapur outdoor dengan desain industrialis, maka tidak perlu ragu untuk mencobanya. Biasanya desain industrialis ini sangat identik dengan tampilan tembok ekspos yang memberikan ruang karakter unik dan tekstur yang menarik.

Membuat kitchen set dengan tembok ekspos dapat menjadi referensi bagus untuk kamu. 

Kamu dapat menambahkan aksen kayu pada pintu kabinet dan sisi dinding dapur yang memberikan kombinasi estetis yang indah. Agar terlihat semakin cantik, dapat menambahkan beberapa tanaman pot, vas atau gantung untuk memberi sentuhan alami yang menyatu dengan elemen kayu. 

24 dari 27 halaman

Dapur dan Ruang Makan Terbuka Minimalis di Samping Kolam Renang

Dapur dan Ruang Makan Terbuka Minimalis di Samping Kolam Renang © Diadona

Memiliki halaman belakang dengan kolam renang? Bikin menarik dengan menambahkan dapur dan ruang makan terbuka yang minimalis ini. Tidak harus dengan lahan yang luas, nyatanya kamu bisa menempatkan dapur outdoor mungil di sudut halaman atau di samping kolam renang, loh! 

Menghadirkan dapur terbuka dengan ruang makan di samping kolam renang ini dapat memudahkan untuk makan atau bersantai di mini bar setelah berenang. Selain itu, bagi kamu yang suka pool party , dapur ini bisa jadi rekomendasi yang menarik!

 

25 dari 27 halaman

Dapur dan Ruang Makan Terbuka ala Villa

Dapur dan Ruang Makan Terbuka ala Villa © Diadona

Ingin membuat tampilan dapur outdoor ala villa-villa di Bali? Desain gaya summer cocok jadi referensi buat kamu tiru, nih! Tampilan gaya summer atau musim panas biasanya menggunakan warna-warna cerah seperti warna putih ini yang memberikan kesan segar dan terang pada dapur. 

Selain itu, untuk menonjolkan kesan summer yang autentik, kamu dapat menambahkan tanaman di dalam dapur untuk bikin dapur segar dan cantik.

26 dari 27 halaman

Dapur Minimalis dan Ruang Makan Outdoor yang Cozy

Dapur Minimalis dan Ruang Makan Outdoor yang Cozy © Diadona

Melakukan kegiatan memasak sambil bercengkrama dengan keluarga atau teman menjadi hal menyenangkan bukan? Kamu dapat menambahkan ruang keluarga yang outdoor di samping dapur outdoor juga, loh! Menyiapkan makanan sambil mengobrol atau berkumpul dengan para keluarga atau teman dapat menghilangkan suasana suntuk ketika menyiapkan makanan. 

Kamu dapat menambahkan sofa dengan meja kecil yang digunakan untuk meletakkan makanan saat bersantai. Kamu juga bisa memasang lampu gantung agar suasana santai di malam hari terasa lebih terang dan menarik.

Menyediakan teras tambahan sebagai tempat keluarga atau tempat berkumpul yang nyaman tanpa meninggalkan kegiatan kamu di dapur. 

 

27 dari 27 halaman

Dapur dan Ruang Makan Terbuka Modern

Dapur dan Ruang Makan Terbuka Modern © Diadona

Desain dapur outdoor yang modern cukup menjadi favorit terutama pada gaya hunian yang minimalis. Penataan yang simpel tapi berhasil tampil modern dengan penggunaan material dan perabotan yang kekinian, seperti kitchen set dengan warna abu-abu, keramik dinding putih dan peralatan stainless steel. 

Jika kamu sering berkumpul bersama di meja makan, kamu dapat menambahkannya pada sisi sebelah dapur yang terbuka. Selain itu, kamu dapat memberikan tambahan kanopi kayu terbuka pada bagian tempat makan ini memberikan tampilan yang cantik dan menarik pada area yang terbuka. 

Gimana Diazens, cukup buat jadi referensi kamu terutama yang masih bingung buat mikirin konsep dapur minimalis outdoor, nih! Membuat spot ternyaman di rumah pastinya bikin kegiatan yang kamu lakukan lebih menyenangkan bukan? 

Nah, itulah ide desain dapur dan ruang makan terbuka yang dapat kamu terapkan untuk area rumahmu. Kira-kira desain mana nih yang cocok dengan seleramu? Yuk segera tentukan pilihanmu untuk membangun dapur dan ruang makan impian!

Editor: An Nisa Maulidiyah, Aulia Amanda Safitri

 

Beri Komentar