13 Kolam Ikan Koi Minimalis yang Gak Butuh Lahan Luas, Bikin Rumah Jadi Lebih Adem

Reporter : Riza Umami
Kamis, 25 Januari 2024 16:40
13 Kolam Ikan Koi Minimalis yang Gak Butuh Lahan Luas, Bikin Rumah Jadi Lebih Adem
Ini nih beberapa inspirasi kolam ikan koi minimalis.

Beberapa orang suka memelihara ikan koi di rumahnya. Namun, bagaimana bila tak ada tempat yang cukup luas untuk membangun kolam ikan koi yang diinginkan?

Tenang saja, kolam ikan koi juga bisa dibuat dengan lahan yang tidak terlalu luas. Dengan desain yang tepat, kamu tetap bisa membuat kolam ikan koi idaman kamu di rumah. Berikut ini ada beberapa desain kolam ikan koi minimalis yang bisa dijadikan inspirasi.

1 dari 15 halaman

Kolam Ikan Koi Minimalis di Taman

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Kamu bisa membuat kolam ikan koi di taman depan rumah seperti dalam foto di atas ini. Desainnya pun bisa dibuat secantik mungkin dengan batu-batuan seperti ini.

Kemudian, kamu bisa menambahkan air mancur di salah satu bagiannya untuk mempercantik desain kolam ikan koi di rumah minimalismu tersebut.

2 dari 15 halaman

Kolam Ikan Koi Minimalis dengan Air Mancur

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Desain kolam ikan koi seperti ini cukup ngetren sekarang. Salah satu bagian dindingnya dibuat dari bahan kaca supaya ikan-ikan koinya bisa terlihat dengan jelas.

Kemudian, di bagian atasnya ada air mengalir yang membuat kolam ikan koi ini terlihat lebih hidup dan menarik. Cocok banget bikin kolam seperti ini di rumah supaya bisa dilihat sehari-hari ya.

3 dari 15 halaman

Kolam Ikan Koi Minimalis yang Asri

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Desain kolam ikan yang satu ini terlihat begitu asri bukan? Kolamnya bersebelahan dengan taman mini yang dihiasi dengan beberapa tanaman yang cantik dan memesona.

Selain itu, kamu juga bisa menjadikan taman mini ini untuk tempat bersantai dengan meletakkan meja dan kursi seperti ini. Enak banget pasti kerja di rumah sambil lihat yang ijo-ijo dan ikan-ikan kayak gini ya.

4 dari 15 halaman

Kolam Ikan Koi Minimalis yang Simpel

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Meski lahan di rumah gak terlalu luas, kamu pun tetap bisa bikin kolam ikan koi seperti ini. Manfaatkan sedikit lahan yang masih kosong dengan membuat kolam koi seperti ini.

Tak perlu desain yang terlalu wah, yang penting cucup kokoh dan kuat untuk menampung ikan-ikan koi yang cantik-cantik tersebut.

5 dari 15 halaman

Kolam Ikan Koi Minimalis yang Unik

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Kamu juga bisa membuat desain kolam ikan koi yang unik dan anti mainstream seperti ini. Kolam seperti ini cocok untuk kamu yang gak hanya suka memelihara ikan, tetapi juga suka berkebun.

Selain punya kolam ikan koi yang cantik, kamu bisa menghias taman dengan tumbuhan-tumbuhan merambat yang cantik seperti gambar di atas, bukan?

6 dari 15 halaman

Kolam Ikan Koi Minimalis dengan Jalan Setapak

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Cantik banget ya desain kolam ikan koi yang satu ini. Di atasnya, di buat jembatan dengan pijakan-pijakan kaki yang membuat kolam ini terlihat semakin menarik.

Supaya lebih luas, bagian luar rumah ini sepenuhnya di jadikan kolam. Namun, kolam seperti ini mungkin cukup berbahaya untuk anak-anak sehingga butuh pengawasan ekstra dari orang tua.

7 dari 15 halaman

Kolam Ikan Koi Minimalis yang Menarik

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Kolam ikan koi memang selalu menarik untuk dilihat. Selain itu, beberapa orang percaya bahwa memelihara ikan koi bisa membawa keberuntungan di dalam hidupnya.

Desain kolam ikan koi ini memanfaatkan sedikit lahan di bagian luar rumah. Kolamnya bisa dibuat bersebelahan dengan taman seperti ini yang membuatnya tampak semakin menarik.

8 dari 15 halaman

Kolam Ikan Koi Minimalis di Bawah Tangga

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Desain kolam ikan koi yang satu ini terlihat cantik banget kan? Sang pemilik rumah memanfaatkan area kosong di bawah tangga dan menyulapnya jadi kolam ikan koi seperti ini.

Tentu desain seperti ini tampak sangat unik dan jarang ditemui. Kamu bisa santai di rumah sambil menikmati pemandangan kolam ikan koi seperti ini. Menarik banget ya.

9 dari 15 halaman

Kolam Ikan Koi Minimalis yang Cantik

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Ini nih desain kolam ikan koi yang selanjutnya. Dengan desain seperti ini, kamu bisa memelihara koleksi ikan koi dan juga merawat beberapa tanaman hias kesukaanmu.

10 dari 15 halaman

Kolam Ikan Koi Lahan Sempit

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Meski lahan yang tersisa di rumah cukup sempit, kamu tetap bisa membuat kolam ikan koi minimalis lho. Pilihlah desain yang cocok untuk kolam ikan di lahan yang sempit atau terbatas.

Jika tak bisa membuat kolam yang terlalu luas, kamu bisa mengakalinya dengan membangun kolam yang dalam seperti ini. Kolam yang cukup dalam bisa membuat ikan koi dapat berenang dengan lebih leluasa. Selain itu, perhatikan pula jumlah ikan koi yang kamu masukkan ke dalam kolam tersebut.

11 dari 15 halaman

Kolam Ikan Koi Minimalis dengan Batu Alam

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Dekorasi batu alam bisa menjadi pilihan yang cocok untuk mempercantik desain kolam ikan koi di rumah kamu lho. Pilihlah corak batu alam yang sesuai dengan dekorasi di sekitarnya.

Batu alam yang diletakkan di kolam ini juga membuat tampilannya lebih alami seperti pada gambar di atas. Nuansa yang tercipta pun jadi lebih natural sehingga bikin penghuni rumah makin betah saat melihat pemandangan kolam ikan tersebut.

12 dari 15 halaman

Kolam Ikan Koi Minimalis Kaca

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Kamu bisa menggunakan kolam ikan dari bahan kaca supaya dapat melihat koleksi ikan koi dengan lebih jelas seperti ini. Pilihlah material kaca yang kokoh supaya gak gampang bocor.

Kolam ikan dari bahan kaca ini pun sekarang cukup diminati oleh beberapa kolektor ikan koi. Kamu bisa memesannya secara khusus pada tenaga profesional untuk membuatnya lebih tahan lama sesuai dengan model yang kamu inginkan.

13 dari 15 halaman

Kolam Ikan Koi Minimalis Terbaru

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Ada makin banyak desain kolam ikan koi yang bisa kamu gunakan sekarang ini. Salah satu model terbaru yang diminati yaitu kolam ikan dengan air mancur bertingkat seperti ini.

Tambahan dekorasi air mancur membuat kolam ikan terlihat makin modern dan estetik. Bersantai di samping kolam ikan sambil mendengar gemericik air mancur juga akan terasa lebih syahdu.

14 dari 15 halaman

Berapakah Minimal Kedalaman Kolam Ikan Koi?

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Kedalaman minimal kolam ikan koi minimalis adalah 1,2 hingga 1,5 meter secara umum. Kedalaman minimal yang disarankan untuk kolam ikan koi sebenarnya bervariasi.

Hal ini bisa bergantung pada beberapa faktor, termasuk jumlah ikan koi, ukuran ikan, iklim di daerah kamu, dan tujuan kolam ikan koi tersebut dibuat. Terkadang, ada yang memelihara ikan koi untuk penangkaran tetapi ada pula yang untuk dekorasi di rumah.

15 dari 15 halaman

Apakah Kolam Ikan Koi Harus Terkena Sinar Matahari?

Kolam Ikan Koi Minimalis © Diadona

Kolam ikan koi harus terkena sinar matahari karena cahaya matahari memiliki peran penting dalam kesehatan dan kondisi kolam ikan koi. Sinar matahari bisa membantu merangsang pertumbuhan alga di kolam. Alga berguna untuk menjaga kualitas air kolam.

Paparan sinar matahari pun dapat membantu mengurangi jumlah bakteri dan parasit di kolam ikan koi minimalis. Sinar ultraviolet (UV) yang terkandung dalam sinar matahari memiliki efek disinfektan alami terhadap mikroorganisme berbahaya.

Sinar matahari juga dapat membantu ikan koi untuk mensintesis vitamin D, yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Selain itu, cahaya matahari juga bisa membantu memanaskan air kolam terutama di wilayah dengan suhu yang rendah.

Nah, itulah beberapa desain kolam ikan koi minimalis yang menarik dan informasi seputar kolam ikan koi yang mungkin berguna untuk kamu. Mana nih desain yang paling kamu suka?

Beri Komentar