10 Desain Rumah Jepang Modern Tradisional, Tampak Sederhana tapi Mewah di Bagian Dalam

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 20 Oktober 2023 20:49
10 Desain Rumah Jepang Modern Tradisional, Tampak Sederhana tapi Mewah di Bagian Dalam
Desain rumah Jepang memiliki beberapa kelebihan desainnya yang sederhana dan minim dekorasi menghasilkan ruangan yang terlihat bersih, rapi, dan nyaman

Desain rumah Jepang adalah perpaduan yang memukau antara tradisi, alam, dan estetika. Di Jepang sendiri, rumah bukan hanya tempat tinggal, melainkan juga sebuah seni. Konsep dasar dari hunian ala Jepang adalah kesederhanaan, harmoni, dan keseimbangan dengan alam. Saat ini rumah bergaya Jepang jadi trend di kalangan anak muda, apalagi mereka yang menerapkan gaya hidup minimalis pasti merasa jika pilihan desain inilah yang paling cocok. 

Orang Jepang biasanya punya filosofi sendiri dari masing-masing sudut rumah. Mengutamakan kesederhanaan namun juga sangat fungsional, Interior desain rumah Jepang menekankan penggunaan material alami seperti kayu dan batu, serta ruang terbuka yang menghubungkan antara interior dan eksterior. Salah satu ciri khas rumah ini adalah memiliki alas lantai tradisional (tatami), sekat ruangan (shoji screen), hingga taman dalam rumah (tsubo niwa). 

Desain rumah Jepang memiliki beberapa kelebihan desainnya yang sederhana dan minim dekorasi menghasilkan ruangan yang terlihat bersih, rapi, dan nyaman. Selain itu dengan adanya pencahayaan alami, kamu bisa lebih menghemat energi dan hemat biaya listrik. Rumah Jepang juga memiliki hubungan erat dengan alam sehingga menciptakan atmosfer yang tenang dan damai.

Jangan khawatir karena desain rumah Jepang sangat bervariasi, mulai dari rumah tradisional dengan elemen-elemen seperti tatami hingga rumah modern yang tetap mempertahankan ciri khas Jepang. Ingin tau variasi desain rumah Jepang? Yuk simak selengkapnya berikut ini!

 

1 dari 8 halaman

Desain Rumah Jepang 2 Lantai Motif Kayu Vertikal

Desain Rumah Jepang © Diadona

Desain rumah Jepang dengan 2 lantai ini memadukan elemen-elemen tradisional dengan tampilan modern. Motif kayu vertikal yang dipasang pada dinding luar rumah menciptakan kesan tradisional sementara struktur dua lantai memberikan nuansa modern yang memikat.

Biasanya nuansa kayu dipadukan dengan warna putih atau krem untuk menciptakan tampilan khas Jepang. Dengan desain yang sederhana, rumah ini dirancang untuk menciptakan suasana yang tenang dan damai dengan memberikan lebih banyak ruang untuk keluarga. 

 

2 dari 8 halaman

Desain Rumah Jepang dengan Taman Zen

Desain Rumah Jepang © Diadona

Salah satu ciri khas dari desain rumah Jepang adalah memiliki taman zen baik di halaman depan maupun di belakang rumah. Taman Zen dirancang dengan hati-hati untuk menciptakan ketenangan seperti batu kerikil, rumput, pohon kecil, hingga jalan setapak. Untuk menikmati keindahan taman zen, maka orang Jepang menggunakan jendela kaca besar yang memungkinkan cahaya alami masuk dengan bebas.

Hal ini akan membuat suasana rumah jadi lebih terang dan sirkulasi udara jadi baik. Dengan tampilan yang klasik namun tetap ada sentuhan modern, rumah ini adalah tempat yang sempurna untuk menikmati hidup dengan santai.

 

3 dari 8 halaman

Desain Rumah Jepang Bergaya Farmhouse

Desain Rumah Jepang © Diadona

Desain rumah Jepang bergaya farmhouse adalah perpaduan yang menarik antara konsep desain yang berbeda, yaitu tradisi Jepang yang kaya dengan sentuhan gaya farmhouse pedesaan Eropa. Kombinasi keduanya akan menghasilkan rumah yang unik dan penuh karakter.

Menggunakan warna putih sebagai dasar warna cat dinding, rumah ini dilapisi kayu yang disusun dengan cara vertikal pada dinding luar rumah. Sehingga memberikan tampilan fasad yang sangat identik dengan konsep farmhouse. Rumah ini dirancang dengan sangat sederhana jika dilihat dari luar, tidak terlalu banyak aksen, hanya bentuk kotak dengan atap segitiga dan taman mini di depan rumah. 

 

4 dari 8 halaman

Desain Rumah Jepang Atap Miring Sentuhan Batu Alam

Desain Rumah Jepang © Diadona

Atap miring adalah salah satu ciri khas desain rumah Jepang. Atap ini memberikan tampilan yang elegan dan gaya arsitektur yang indah. Rumah ini menggunakan perpaduan warna broken white pada dinding dan coklat tua pada elemen dekorasi mulai dari jendela, atap, hingga pintu masuk.

Sentuhan batu alam di pagar rumah juga menambah elemen alam dengan tekstur yang memikat. Tak perlu khawatir soal perawatan pagar batu alam ini karena cukup simpel dan nggak ribet. Batu alam punya kekuatan yang tinggi dan tentunya tahan terhadap segala cuaca. 

 

5 dari 8 halaman

Desain Rumah Jepang Modern Warna Abu-abu

Desain Rumah Jepang © Diadona

Warna abu-abu mendominasi rumah ini, menciptakan suasana yang tenang dan damai. Ini adalah warna yang sering digunakan dalam desain rumah Jepang modern untuk menciptakan tampilan yang bersih dan elegan.

Rumah ini dirancang untuk memaksimalkan penggunaan cahaya alami. Jendela-jendela besar dari kaca transparan menciptakan ilusi ruangan luas dan sirkulasi udara jadi lebih bagus. Rumah ini sangat dekat dengan alam terbukti dengan penggunaan batu alam, kayu, dan adanya taman depan rumah minimalis. 

 

6 dari 8 halaman

Desain Rumah Jepang Tradisional Tatami

Desain Rumah Jepang © Diadona

Rumah ini memadukan unsur-unsur tradisional Jepang dengan tampilan modern yang menyatu dengan indah. Tatami adalah jenis lantai tradisional yang digunakan rumah Jepang. Fungsi utama tatami adalah sebagai lantai tempat duduk dan tidur, biasanya di sekitar lantai dilengkapi dengan perabotan seperti meja rendah dan bantal untuk duduk.

Selain lantai tatami yang paling menonjol, rumah ini juga memiliki atap yang rendah dan punya pintu geser pada setiap ruangan. Desain rumah Jepang satu ini bisa jadi tempat yang sempurna unruk merasakan keindahan dan kekayaan budaya Jepang. 

 

7 dari 8 halaman

Desain Rumah Jepang 1 Lantai Nuansa Kayu

Desain Rumah Jepang © Diadona

Desain rumah Jepang satu lantai ini bisa jadi solusi buat kamu yang punya budget minim tapi menginginkan hasil yang ciamik. Tampilan luar rumah ini didominasi oleh susunan kayu vertikal dan warna putih sebagai kontras. Sekat dari kayu memberikan tampilan yang terbuka untuk rumah kamu namun privasi tetap terjaga.

Perpaduan warna putih dan coklat alami dari kayu memberikan ketenangan dan kehangatan bagi siapapun yang melihatnya. Kamu bisa menambahkan taman di depan rumah agar suasana semakin sejuk dan asri. 

 

8 dari 8 halaman

Desain Rumah Jepang Minimalis Monokrom

Desain Rumah Jepang © Diadona

Desain rumah Jepang minimalis monokrom adalah perpaduan yang menarik antara estetika minimalis dan warna monokrom yang menciptakan tampilan yang bersih, sederhana, dan elegan. Desain ini didasarkan pada palet warna hitam dan putih. Warna hitam menciptakan kontras yang tajam dengan warna putih, menciptakan tampilan monokrom yang kuat.

Model rumah seperti ini banyak kita jumpai di perumahan modern yang jadi incaran pasangan muda. Dengan tampilan yang modern, rumah ini jadi pilihan yang sempurna buat wujudin impian kamu memiliki rumah ala Jepang. 

Gimana Diazen? keren semua kan rekomendasi desain rumah Jepang diatas! Jadi jika kamu mencari desain rumah yang mencerminkan keindahan sederhana dan dekat dengan alam, maka rumah gaya Jepang bisa jadi pilihan yang sempurna. Dijamin deh hidup kamu akan dipenuhi dengan ketenangan dan perasaan damai setiap hari. 

 

Editor: Tiara Martha Asnadhinata

 

 

Beri Komentar