7 Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi, Cocok untuk Konsep Rumah Minimalis Lahan Terbatas

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 16 Oktober 2023 20:24
7 Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi, Cocok untuk Konsep Rumah Minimalis Lahan Terbatas
Desain dapur menyatu dengan kamar mandi menjadi lebih efektif dan efisien untuk memanfaatkan lahan di rumah.

Memiliki desain dapur menyatu dengan kamar mandi sepertinya terdengar sangat memaksakan tampilan ruangan di rumah ya? Namun dalam realitanya, ternyata nggak terlihat seperti itu kok Diazens. 

Beberapa desain dapur yang diletakkan di dekat kamar mandi biasanya ada pada rumah yang memiliki lahan minimalis. Selain itu, pertimbangan biaya yang terbatas juga kerap  menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh para calon penghuni rumah sebelum singgah di tempat tinggalnya. 

Desain dapur menyatu dengan kamar mandi bisa menjadi solusi yang terbaik agar bisa mewujudkan rumah minimalis yang ideal. Yuk simak berbagai desain dapur dan kamar mandi yang menyatu.

1 dari 7 halaman

Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi yang Saling Berhadapan

Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi

Tampilan lahan dapur dan kamar mandi yang minimalis bisa diletakkan secara bersama tanpa adanya gangguan yang tidak nyaman. Pada posisi ini, letak dapur sengaja didekatkan dengan jendela yang menghadap ke arah luar dan membelakangi posisi kamar mandi supaya menjaga konsentrasi saat melakukan aktivitas memasak. Kehadiran jendela di dekat dapur juga sangat bermanfaat untuk mengalihkan rasa bosan saat berada di dapur karena bisa melihat lingkungan di sekitar luar rumah.

2 dari 7 halaman

Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi di Bawah Tangga

Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi

Bila di rumah ada tangga, kamu bisa memanfaatkan sisa ruang di bawah tangga tersebut. Guna menciptakan ruang yang bermanfaat, kamu dapat menjadikannya sebagai dapur yang diletakkan di dekat kamar mandi bawah. 

Dapur dan kamar mandi yang ada di gambar ini diletakkan dengan memiliki jarak yang ideal, yaitu tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Pemilik rumah pun gak akan merasa terganggu meski memasak di dapur yang cukup dekat dengan kamar mandi seperti ini.

3 dari 7 halaman

Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi secara Menyamping

Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi

Memiliki desain kamar mandi yang langsung berhadapan dengan dapur seperti ini tidak akan menghalangimu untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Adapun yang menjadi permasalahan yaitu ketika kamu membiarkan bau-bau yang berasal dari kamar mandi dan dibiarkan terbuka sampai ke luar ruangan. 

Pastikan kamu selalu menutup pintu kamar mandi setelah menggunakannya agar tidak mengeluarkan bau-bau yang tidak sedap. Dengan menutup pintu kamar mandi, kamu juga ikut menjaga tampilan kamar mandi yang dekat dengan dapur supaya terlihat rapi setiap saat.

4 dari 7 halaman

Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi yang Luas

Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi

Meskipun letaknya saling berdekatan, peletakan desain dapur dan kamar mandi ini dibatasi dengan lapisan dinding tebal yang bisa mengurangi suara yang muncul ketika melakukan aktivitas dari kamar mandi. 

Selain itu, interior kamar mandi juga dilengkapi dengan pintu yang memiliki arah yang  berlawanan dari posisi dapur sehingga memberikan tampilan yang cukup leluasa saat ingin memasak di dapur.

5 dari 7 halaman

Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi Semi Outdoor

Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi

Dapur dan kamar mandi tidak selamanya harus diletakkan di dalam ruangan, tetapi juga bisa diletakkan di luar ruangan utama seperti dalam foto ini. Desain dapur dan kamar mandi ini ditampilkan dengan gaya semi outdoor, yaitu dengan menggabungkan beberapa area ruangan terbuka di dalam rumah. Dapur dan kamar mandi yang dihadirkan dengan gaya semi outdoor ini bisa mendapatkan pencahayaan yang alami saat siang hari dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

6 dari 7 halaman

Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi yang Minimalis

Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi

Apabila masih terdapat lahan yang kosong di antara dapur dan kamar mandi, kamu bisa menambahkan barang-barang penting yang bisa menunjang aktivitasmu saat menggunakan kedua ruangan tersebut. Lahan kosong tersebut bisa kamu isi dengan kulkas maupun mesin cuci yang diletakkan di dekat ruang dapur dan kamar mandi.

Kulkas yang ada di dekat dapur berguna untuk menyimpan bahan-bahan makanan saat mau memasak, sementara mesin cuci memudahkanmu untuk menaruh pakaian-pakaian kotor yang bisa langsung dimasukkan dan dibersihkan dengan alat tersebut.

7 dari 7 halaman

Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi yang Menggemaskan

Desain Dapur Menyatu dengan Kamar Mandi

Desain dapur dan kamar mandi yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin suasana ruangan terlihat lebih atraktif dan segar. Agar desain dapur dan kamar mandi tidak terlihat membosankan, kamu dapat menambahkan dekorasi-dekorasi yang bisa membuat kedua ruangan tersebut terlihat lebih menggemaskan.

Sebagai contoh, kamu bisa memasangkan tirai pada pintu kamar mandi yang bermotif  dan menambahkan tanaman-tanaman di sekitar dapur untuk membuat dua ruangan tersebut terlihat lebih menyenangkan.

Desain dapur yang menyatu dengan kamar mandi tidak selalu terlihat sempit kok. Meskipun punya lahan yang terbatas, kamu bisa memaksimalkan tampilan dari ruang dapur dan kamar mandi dengan menggunakan desain yang menarik. Mana nih gambar dapur dan kamar mandi yang paling kamu suka?

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani 

Beri Komentar