7 Desain Rumah Satu Kamar Beserta Denahnya, Bentuknya Modern dan Minimalis

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 15 Maret 2024 22:44
7 Desain Rumah Satu Kamar Beserta Denahnya, Bentuknya Modern dan Minimalis
Rumahmu kecil dan hanya punya satu kamar? Jangan bingung dan cek aja di sini untuk inspirasi desain rumah satu kamar!

Desain rumah satu kamar biasanya suka dilupakan oleh orang-orang karena banyak yang tidak menghias rumah mereka dengan alasan rumah yang terlalu sempit. Padahal, kamu udah nggak perlu bingung untuk cari inspirasi untuk desain rumah satu kamar karena di sini kamu bisa cari sepuasnya! 

Zaman sekarang udah nggak perlu lagi untuk bingung dan insecure kalau punya rumah yang kecil dengan satu kamar karena udah banyak desain lucu dan estetik yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi dalam menghias rumahmu. Ada banyak juga tips dan trik di internet yang bisa kamu gunakan untuk mengakali rumahmu supaya terlihat luas. Yuk, kita intip denah inspirasi desain rumah satu kamar yang bisa kamu ikuti!

 

1 dari 8 halaman

Desain Rumah Satu Kamar Ukuran 6x6

Desain Rumah Satu Kamar © Diadona© Pinterest

Desain rumah satu kamar yang pertama adalah untuk hunian dengan ukuran 6x6. Hunian dengan ukuran ini termasuk ke dalam ukuran yang relatif cukup luas untuk hanya satu kamar tidur. Lahan yang tersisa bisa kamu gunakan sebagai ruang kerja.

Kamu juga bisa membangun ruang keluarga yang cukup besar dan bahkan membangun walk in closet di sebelah kamar tidur. Desain rumah satu kamar ini meletakkan kamar tidur di sebelah teras supaya jendela bisa menghadap arah matahari yang akan menyinari kamar tidurmu.

 

2 dari 8 halaman

Desain Rumah Satu Kamar Minimalis

Desain Rumah Satu Kamar © Diadona© Pinterest/sonia barabas

Desain rumah satu kamar yang selanjutnya memiliki desain yang sangat minimalis. Memanfaatkan setiap senti lahan yang ada, rumah minimalis ini memiliki semua fitur yang kamu perlukan dalam sebuah rumah walaupun hanya memiliki satu kamar tidur. 

Ada ruang TV, meja makan, dan satu kamar mandi. Ada dapur juga walaupun relatif agak sempit. Meski begitu, desain rumah satu kamar ini menyisakan lahan yang tersisa di bagian depan untuk membuat teras yang lega dan difungsikan sebagai ruang tamu luar.

 

3 dari 8 halaman

Desain Rumah Satu Kamar Ukuran 4x6

Desain Rumah Satu Kamar © Diadona© Pinterest

Bisa dibilang relatif kecil untuk ukuran rumah, melalui desain rumah satu kamar yang satu ini kamu bisa memanfaatkan ruang di hunian dengan maksimal dan memiliki fitur yang lengkap di rumah. Karena itulah, perencanaan yang matang diperlukan.

Pintu masuk menuju ruang tamu didesain agak miring supaya ada tempat tersisa untuk teras kecil. Selain itu, ada ruang TV, ruang makan, dapur, dan kamar mandi yang lumayan lega. Ruang tersisa di sebelah teras dibuat terhubung dengan kamar mandi yang bisa kamu gunakan untuk berbagai kegiatan, seperti ruang cuci atau walk in closet.

 

4 dari 8 halaman

Desain Rumah Satu Kamar Gaya Maskulin

Desain Rumah Satu Kamar © Diadona© Pinterest/Bernice J. Lewis

Didominasi warna hitam dan lampu yang hangat, desain rumah satu kamar ini memancarkan kesan yang maskulin. Lantai kayu digunakan untuk kesan rumah yang lebih rapi dan hangat serta terlihat harmonis dengan nada gelap yang mendominasi desain ini.

Ruang makan dibuat simpel dengan memanfaatkan kitchen island yang tersambung dengan kitchen set dapur sehingga bisa menghemat lebih banyak tempat. Kamar mandi dalam desain rumah satu kamar ini dibuat sedikit luas dan berdesain mewah supaya terlihat cocok dengan desain keseluruhan rumah. Lantai dan dinding marmer menjadi focal point kamar mandi desain ini!

 

5 dari 8 halaman

Desain Rumah Satu Kamar Dengan Desain Memanjang

Desain Rumah Satu Kamar © Diadona© Pinterest

Desain rumah satu kamar yang satu ini tidak menggunakan dinding sebagai pemisah kamar tidur melainkan menggunakan lemari partisi yang memungkinkan kalau kamu ingin melakukan makeover denah rumah. 

Rumah yang sempit menjadikan desain rumah satu kamar ini memanjang jika dibandingkan dengan desain rumah yang lainnya. Meski begitu, kamu masih bisa mempunyai dapur dan ruang tengah yang lumayan lega dalam satu ruangan yang sama!

 

6 dari 8 halaman

Desain Rumah Satu Kamar Terbaru

Desain Rumah Satu Kamar © Diadona© Pinterest

Walaupun masih ada ruang yang lega untuk membangun dinding pemisah untuk kamar tidur, desain rumah satu kamar menggunakan lemari dan dinding kamar mandi untuk membentuk kamar tidur yang terbuka. Biasanya desain seperti ini cocok untuk kamu yang tinggal sendirian.

Dapur memanjang terasa lega di pojok rumah dengan meja makan di bagian tengah rumah bersanding dengan ruang TV. Terlihat sederhana, desain rumah satu kamar ini sangat cocok untuk kamu yang tinggal sendirian atau berdua karena kecil tapi lengkap!

 

7 dari 8 halaman

Desain Rumah Satu Kamar Sederhana

Desain Rumah Satu Kamar © Diadona© Pinterest/Adriano Dorelo

Desain rumah satu kamar yang terakhir memiliki bentuk yang sederhana dan kurang lebih sama dengan desain yang lain, tetapi masih memiliki ruang yang lega. Pintu masuk berupa koridor bersandingan dengan kamar mandi bisa membentuk hunian yang terasa lega dan modern.

Ruang TV juga dibangun dengan lega dan ditambah ilusi luas yang diciptakan oleh sofa berbentuk L. Meja makan bentuk bulat juga bisa digunakan untuk menghemat tempat!

8 dari 8 halaman

Gimana, Diazens? Desain rumah satu kamar bisa terlihat luas dan lega juga kan? Jadi, jangan sedih kalau kamu baru bisa membeli rumah dengan satu kamar karena bisa kamu desain sedemikian rupa sampai terlihat lega dan nyaman! Desain mana yang kira-kira bisa kamu ikuti, nih?

Editor: Salma Aribatul

 

 

Beri Komentar