Ayah Nabi Luth Bernama Siapa? Simak Silsilah Keluarganya dan juga Kisah Dakwahnya di Kota Sodom

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 7 Maret 2024 13:30
Ayah Nabi Luth Bernama Siapa? Simak Silsilah Keluarganya dan juga Kisah Dakwahnya di Kota Sodom
Ayah Nabi Luth bernama Haran, yang mana adalah saudara nagi Ibrahim AS.

Nabi Luth adalah putra dari Haran yang sekaligus adalah saudara laki-laki nabi Ibrahim. Jadi, nabi Ibrahim dan Luth masih mempunyai ikatan keluarga.

Melansir dari berbagai sumber, Nabi Luth adalah satu-satunya keluarga Nabi Ibrahim yang beriman. Ketika Nabi Ibrahim diusir ayahnya, yang sekaligus kakek Nabi Luth, dia ikut bersama sang khalilullah.

Jadi, Nabi Luth sudah membersamai Nabi Ibrahim dalam berdakwah sejak masih usia belia. Lalu, beliau berpisah dengan Nabi Ibrahim setelah sampai di tanah Palestina. Nabi Luth memilih berdakwah di wilayah bernama Sodom.

1 dari 6 halaman

Silsilah Keluarga Nabi Luth © Diadona© Freepik.com

Garis Keturunan Nabi Luth

Nama lengkap nabi luth adalah Luth bin Haran bin Azara bin Nahur bin Suruj bin Ra'u bin Falij bin 'Abir bin Syalih bin Arfahsad bin Syam bin Nuh. Nabi Lut masih satu keturunan dengan nabi Ibramim dari jalur kakek, yang mana kakek Nabi Luth adalah ayan dari Nabi Ibrahim.

Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As. ⇒ Sam ⇒ Arfakhsyad ⇒ Syalih ⇒ Abir ⇒ Falij ⇒ Ra’u ⇒ Saruj ⇒ Nahur ⇒ Tarakh ⇒ Haran ⇒ Luth As.

2 dari 6 halaman

Silsilah Keluarga Nabi Luth © Diadona© Freepik.com

Diutus ke Kota Penuh Maksiat

Tau nggak kalian Diazens? Nabi Luth diangkat menjadi Rasul saat Nabi Ibrahim masih hidup loh. Bahkan, waktu itu keduanya pernah menyiarkan perintah agama dari Allah di Mesir.

Kemudian, Nabi Luth diperintahkan Allah untuk menetap di daerah bernama Sadum atau Sodom di mana masih berada di kawasan Yordania. Al-Quran menyebutkan jika orang yang tinggal di Sadum merupakan orang tercela dan kerap dianggap memiliki kelakuan yang melampaui batas.

Rakyat Kota Sodom terkenal sangat keji, gemar merampok, menindas yang lebih lemah, dan melakukan kemungkaran. Bahkan, mereka melakukan perbuatan yang sangat kotor dan belum pernah dilakukan oleh penduduk di bumi sebelumnya, yaitu saling menyukai sesama jenis. Allah SWT sangat membenci perbuatan ini dan melarang umatnya untuk menyukai sesama jenis.

3 dari 6 halaman

Silsilah Keluarga Nabi Luth © Diadona

Azab Kepada Kaum Sodom

Di kota tersebut, Nabi Luth AS mengajak mereka beriman dan beribadah kepada Allah SWT meninggalkan kebiasaan munkar, menjauhkan diri dari perbuatan maksiat dan kejahatan, menghindari bujukan iblis dan setan. Nabi Luth juga memberi peringatan kepada mereka bahwa Allahlah yang telah menciptakan mereka dan alam sekitar mereka.

Allah SWT tidak meridhoi amal perbuatan mereka yang mendekati sifat dan tabiat tidak sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan dan bahwa Allah SWT akan memberi ganjaran setimpal dengan amal perbuatan mereka. Yang berbuat baik dan beramal saleh akan diberi pahala dan surga di akhirat untuk mereka yang melakukan perbuatan mungkar akan diberi balasan dengan memasukkannya ke dalam neraka Jahanam.

Nabi Luth meminta kaumnya untuk bertaubat. Dia menceritakan azab Allah yang akan ditimpakan kepada mereka yang melakukan perbuatan keji. Mereka tidak mempedulikan seruan Nabi Luth. tetapi Nabi Lut tetap bersabar dan terus berdakwah

Namun, kaum Sodom tidak menyambut seruannya. Nabi Luth merasa sudah tidak ada harapan lagi untuk penduduk Sodom bersedia meninggalkan perbuatan kejinya. Nabi Luth memohon kepada Allah agar mendatangkan azab.

4 dari 6 halaman

Allah mengutus dua Malaikat dalam wujud dua pemuda yang sangat tampan. Sebelum sampai di wilayah Sodom, kedua Malaikat ini mengabarkan kelahiran Ishaq kepada Nabi Ibrahim dan isterinya. Ketika sampai di Sodom, kedua lelaki tampan itu bertamu di rumah Nabi Luth. Nabi Luth berpesan kepada isteri dan putri-putrinya untuk merahasiakan kedatangan dua lelaki tampan tersebut.

Namun, isteri Nabi Luth, yang sehaluan dengan penduduk Sodom, memberitahukan kepada para lelaki Sodom tentang dua lelaki tampan di rumah Nabi Luth. Tidak lama kemudian, para lelaki Sodom beramai-ramai mendatangi rumah Nabi Luth. Mereka berteriak memanggil Nabi Luth. Mereka meminta agar Nabi Luth melepaskan kedua tamunya untuk mereka. Nabi Luth tidak mau membuka pintu rumahnya.

Malaikat-Malaikat ini menyuruh Nabi Luth membuka pintu rumahnya seluas mungkin. Ketika pintu dibuka, kaum Sodom segera masuk ke dalam rumah Nabi Luth. Namun saat mereka hendak masuk, kaum Sodom tidak mampu melihat. Ternyata, mereka menjadi buta. Sementara itu, Nabi Luth dan keluarganya diminta untuk meninggalkan Kota Sodom.

Mereka berjalan keluar Kota Sodom karena azab akan segera tiba. Para Malaikat berpesan kepada Nabi Luthdan keluarganya agar berjalan ke luar kota dan jangan seorang pun dari mereka menoleh ke belakang. Seketika bergetarlah bumi dengan dahsyatnya di bawah kaki kaum Sodom. Isteri Nabi Luth pun merasakannya. Gempa bumi yang kuat dan hebat disertai angin yang kencang dan hujan batu sijil menghancurkan Kota Sodom dan penduduknya. Dalam waktu singkat, mayat-mayat penduduk Kota Sodom bertebaran.

5 dari 6 halaman

Silsilah Keluarga Nabi Luth © Diadona

Kisah Nabi Luth di dalam Al-Quran

Kisah Nabi Luth dan Kaum Sodom ini juga tertulis dalam Al-Quran di surat Al-A'raf ayat 80-84:

وَلُوۡطًا اِذۡ قَالَ لِقَوۡمِهٖۤ اَتَاۡتُوۡنَ الۡفَاحِشَةَ مَا سَبَقَكُمۡ بِهَا مِنۡ اَحَدٍ مِّنَ الۡعٰلَمِيۡنَ‏

Arab latin: Wa Luutan iz qoola liqawmihiii ataatuunal faahishata maa sabaqakum bihaa min ahadim minal 'aalamiin

80. Artinya: Dan (Kami juga telah mengutus) Luth, ketika dia berkata kepada kaumnya, " Mengapa kamu melakukan perbuatan keji, yang belum pernah dilakukan oleh seorang pun sebelum kamu (di dunia ini).

اِنَّكُمۡ لَـتَاۡتُوۡنَ الرِّجَالَ شَهۡوَةً مِّنۡ دُوۡنِ النِّسَآءِ ؕ بَلۡ اَنۡـتُمۡ قَوۡمٌ مُّسۡرِفُوۡنَ

Arab latin: Innakum lataatuunar rijaala shahwatam min duunin nisaaa'; bal antumqawmum musrifuun

81. Artinya: Sungguh, kamu telah melampiaskan syahwatmu kepada sesama lelaki bukan kepada perempuan. Kamu benar-benar kaum yang melampaui batas."

وَمَا كَانَ جَوَابَ قَوۡمِهٖۤ اِلَّاۤ اَنۡ قَالُـوۡۤا اَخۡرِجُوۡهُمۡ مِّنۡ قَرۡيَتِكُمۡ ۚ اِنَّهُمۡ اُنَاسٌ يَّتَطَهَّرُوۡنَ

Arab latin: Wa maa kaana jawaaba qawmihii illaa an qooluuu akhrijuuhum min qaryatikum innahum unaasuny yatatah haruun

82. Artinya: Dan jawaban kaumnya tidak lain hanya berkata, " Usirlah mereka (Luth dan pengikutnya) dari negerimu ini, mereka adalah orang yang menganggap dirinya suci."

6 dari 6 halaman

فَاَنۡجَيۡنٰهُ وَاَهۡلَهٗۤ اِلَّا امۡرَاَتَهٗ ۖ كَانَتۡ مِنَ الۡغٰبِرِيۡنَ

Arab latin: Fa anjainaahu wa ahlahuuu illam ra atahuu kaanat minal ghaabiriin

83. Artinya: Kemudian Kami selamatkan dia dan pengikutnya, kecuali istrinya. Dia (istrinya) termasuk orang-orang yang tertinggal.

وَاَمۡطَرۡنَا عَلَيۡهِمۡ مَّطَرًا ؕ فَانْظُرۡ كَيۡفَ كَانَ عَاقِبَةُ الۡمُجۡرِمِيۡنَ

Arab latin: Wa 'amtarnaa 'alaihim mataran fanzur kaifa kaana aaqibatul mujjrimiin

84. Artinya: Dan Kami hujani mereka dengan hujan (batu). Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang berbuat dosa itu.

Jadi itu ya Diazens pembahan terkait silsilah keluarga Nabi Luth dan juga beberapa kisahnya yang ada di alam Al-Quran. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua ya!

Beri Komentar