8 Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai dengan Berbagai Gaya Interior yang Cantik dan Kekinian

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 15 Maret 2024 21:37
8 Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai dengan Berbagai Gaya Interior yang Cantik dan Kekinian
Temukan inspirasi desain rumah 1,5 lantai yang sesuai dengan seleramu di sini! Bisa kamu aplikasikan dengan gaya khas milikmu ~

Inspirasi desain rumah 1,5 lantai adalah salah satu ide yang mulai naik pamor di dunia desain interior. Apa itu rumah 1,5 lantai? Rumah 1,5 lantai atau bisa juga disebut dengan rumah dengan split level adalah rumah yang menggunakan jenis desain lantai mezanin untuk membagi lantai di hunian dengan cara yang terbuka, berbeda dengan lantai tradisional yang biasanya kita lihat. Lantai mezanin itu sendiri adalah jenis desain tingkatan lantai di hunian yang tidak melingkupi seluruh bangunan dan memiliki desain yang terbuka.

Kebanyakan inspirasi desain rumah 1,5 lantai memiliki focal point yang mirip dan seringkali hanya dibedakan oleh material dan furnitur yang kamu pilih. Dengan begitu, kamu bisa bebas berkreasi sambil berdiskusi dengan tukang yang membantu dalam menciptakan desain rumah impian yang kamu inginkan.

Ada banyak hal yang bisa kamu wujudkan dalam inspirasi desain rumah 1,5 lantai dan yang kamu perlukan adalah pertimbangan khusus tentang apa yang kamu butuhkan dan kamu inginkan!

Langsung aja kita cek aja deh, beragam inspirasi desain rumah 1,5 lantai khusus untuk Diazens!

 

1 dari 9 halaman

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai Modern Mewah

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai © Diadona© i.pinmg.com

Desain rumah yang sangat terbuka ini bisa jadi inspirasi desain rumah 1,5 lantai untukmu yang memiliki lahan hunian luas. Tangga menuju lantai mezanin mengarah ke lantai yang terlihat sebagai lantai 3 berada di pojok sehingga menciptakan ilusi rumah yang luas ke samping. 

Kalau kamu perhatian, lantai ruang makan juga menggunakan lantai mezanin yang menjadikannya lantai kedua dari hunian. Dengan desain ini, lantai 1 hunian pun terlihat seperti dibangun sebagai basement. Inspirasi desain rumah 1,5 lantai ini bisa banget kamu adaptasi kalau kamu ingin membangun hunian dengan denah yang ambigu seperti labirin!

 

2 dari 9 halaman

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai Separuh Belakang

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai © Diadona© i.pinmg.com

Inspirasi desain rumah 1,5 lantai ini memiliki ciri khas nama yang disebut dengan separuh belakang. Kenapa bisa begitu? Lantai mezanin yang digunakan membagi lantai 2 dari hunian mulai dari tengah sampai ke belakang.

Desain seperti ini akan memberikan privasi lebih kepada hunianmu karena lantai 2 yang memanjang ke belakang tidak akan mudah terlihat dari lantai 1. Biasanya inspirasi desain rumah 1,5 lantai yang seperti ini menggunakan lantai 2 untuk kamar tidur dan kamar mandi yang biasanya membutuhkan privasi lebih.

 

3 dari 9 halaman

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai Dengan Teras Unik

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai © Diadona© i.pinmg.com

Desain yang satu ini memiliki keunikan kalau dibandingkan dengan inspirasi desain rumah 1,5 lantai yang lainnya, yaitu penggunaan teras dengan teralis beraksen unik di lantai tambahan dan lantai 2. Bagian landing tangga melingkar, disulap menjadi tempat beristirahat kecil yang unik sedangkan lantai atas digunakan untuk kamar tidur.

Teras di lantai atas ini biasanya digunakan untuk balkom atau desain eksterior secara umum. Pengaplikasian yang seperti ini menegaskan penggunaan lantai mezanin dan menambahkan kesan yang cantik dan unik.

 

4 dari 9 halaman

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai Dengan Kamar Tidur

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai © Diadona© i.pinmg.com

Desain yang sangat fungsional ini bisa kamu jadikan inspirasi desain rumah 1,5 lantai kalau rumahmu memiliki lahan yang sangat sempit. Lantai mezanin di bagian atas rumah langsung digunakan sebagai kamar tidur dengan konsep yang terbuka.

Dapur dan ruang TV mengisi ruangan di lantai 1 dengan lega. Inspirasi desain rumah 1,5 lantai ini mengadaptasi ruang rumah yang sempit tetapi punya atap yang cenderung tinggi. Memanfaatkan ruang yang tersisa di bagian atas, lantai mezanin pun dibangun supaya ada tambahan lahan yang bisa dipakai. Kreatif sekali bukan, Diazens?

 

5 dari 9 halaman

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai Ala Jepang

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai © Diadona© i.pinmg.com

Banyaknya detail ruangan kecil menarik di inspirasi desain rumah 1,5 lantai yang satu ini menjadikannya salah satu desain yang menarik dan unik. Tangga menuju lantai kedau dibuat melingkar supaya menyisakan ruangan di bagian landing tangga yang bisa dijadikan tempat untuk memajang koleksimu.

Ruangan yang terbentuk di lantai dasar pun disulap menjadi tempat istirahat yang tersembunyi. Detail kayu yang dipasang di bagian tengah tangga berperan sebagai penanda yang memisahkan lantai mezanin di bagian atas dengan lantai bawah. Menambah detail yang estetik di inspirasi desain rumah 1,5 lantai ini!

 

6 dari 9 halaman

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai Nuansa Kayu

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai © Diadona© i.pinmg.com

Inspirasi desain rumah 1,5 lantai yang satu ini juga akan cocok untuk kamu yang memiliki rumah dengan lahan cenderung kecil. Lantai dasar bisa kamu gunakan sebagai area common space, seperti ruang makan, ruang TV, dan ruang tamu. Kamu juga bisa menambahkan walk in closet mini kalau masih ada ruang yang tersedia.

Lantai atas bisa kamu gunakan untuk ruangan-ruangan yang membutuhkan privasi lebih, seperti kamar tidur dan toilet. Sisa lahan yang tersisa bisa kamu gunakan sebagai koridor atau teras untuk tempat berkumpul atau tempat memajang koleksimu.

 

7 dari 9 halaman

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai Konsep Individualis

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai © Diadona© i.pinmg.com

Berkonsep individualis, inspirasi desain rumah 1,5 lantai yang satu ini memiliki lahan yang cenderung sempit. Berbanding terbalik dengan desain yang menggunakan lantai mezanin sebagai kamar tidur, desain ini menggunakan lantai dasar untuk ruangan yang menjadi pusat aktivitas.

Kamar tidur dan ruang santai ada di bagian bawah sedangkan lantai atas digunakan untuk dapur dan ruang makan. Inspirasi desain rumah 1,5 lantai ini cocok untuk kamu yang memiliki banyak aktivitas di rumah. Dengan kamar tidur yang ada di lantai dasar kamu tidak perlu naik tangga untuk tidur, efektif banget kan?

 

8 dari 9 halaman

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai Dengan Jendela

Inspirasi Desain Rumah 1,5 Lantai © Diadona© i.pinmg.com

Jendela besar di lantai atas menjadi focal point untuk inspirasi desain rumah 1,5 lantai yang terakhir. Lantai mezanin memiliki ciri khas yang terbuka saat membagi tingkatan dua di hunianmu sedangkan desain yang satu ini menggunakan jendela panel besar untuk dijadikan dinding lantai atas. 

Konsep yang sangat modern dan industrialis juga bisa kamu lihat dari inspirasi desain rumah 1,5 lantai ini. Lantai besi yang terlihat sudah lama digunakan dengan tanaman hias sebagai penghiasnya. Edgy banget!

 

9 dari 9 halaman

Gimana, Diazens? Bagus-bagus ya inspirasi desain rumah 1,5 lantai yang bisa kamu ikuti. Selain karena desainnya yang unik, rumah 1,5 lantai juga bisa memberikan kesan yang lebih elegan karena atap yang tinggi. Tertarik gak nih untuk ngikutin inspirasi desain di sini?

Editor: Salma Aribatul

Beri Komentar