8 Inspirasi Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Batu Alam yang bisa Hidupkan Suasana Baru untuk Hunian

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 15 Januari 2024 12:27
8 Inspirasi Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Batu Alam yang bisa Hidupkan Suasana Baru untuk Hunian
Rumah minimalis tampak depan dengan batu alam tengah populer saat ini. Selain cantik, kehadiran batu alam juga membuat suasana yang nyaman untuk dihuni.

Menciptakan rumah minimalis tampak depan dengan batu alam akan sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki hunian berkonsep natural. Karena tercipta dari proses alami, bahan batu alam dapat memberikan tampilan rumah jadi terasa menawan sekaligus mengundang rasa sejuk saat berada di sekitarnya. 

Meski memiliki harga bahan yang cukup mahal, tetapi tak akan ada rasa penyesalan bila kamu menggunakan bahan batu alam untuk pembangunan rumah. Pasalnya, rumah dengan menggunakan batu alam dinilai dapat meningkatkan nilai properti yang tentu bisa membawa keuntungan di masa depan. 

Tertarik menerapkan rumah minimalis tampak dengan dengan batu alam? Yuk, langsung saja simak berbagai modelnya di bawah ini ya.

1 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Batu Alam Tanpa Pagar

Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Batu Alam © Diadona

Rumah tanpa pagar tengah menjadi pusat perhatian kini. Dengan mengusung konsep semi privasi, bangunan rumah menampilkan kesan yang effortless dan seolah - olah dibuat untuk menyatu dengan lingkungan di sekitarnya. 

Ditambah lagi, fasad rumah yang menggunakan material utama berupa batu alam akan sangat mendukung hadirnya rasa sejuk untuk area rumah. Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh batu alam yaitu bisa menangkap suhu udara panas, sehingga sangat cocok untuk rumah di negara tropis.

2 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Batu Alam dengan Pintu Kayu

Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Batu Alam © Diadona

Fasad rumah dengan batu alam akan sangat serasi bila dipadukan dengan sentuhan kayu untuk pintu rumah. Kedua material ini sama-sama termasuk sebagai bahan organik atau alam, sehingga cocok untuk menghasilkan rumah dengan konsep natural. 

Keunggulan dari bahan kayu tak jauh beda dengan batu alam. Bahan ini dianggap sebagai bahan yang memiliki struktur kuat dan mampu digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Untuk perawatannya pun mudah sekali untuk dilakukan, yaitu cukup dioleskan cairan minyak jati supaya menghindari tumbuhnya jamur.

3 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Batu Alam yang Estetik

Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Batu Alam © Diadona

Menggunakan batu alam untuk fasad rumah sudah tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, banyak penghuni rumah yang menyukai material ini karena memuat nilai estetika dan keeleganan secara menyatu, sehingga bisa mendukung daya tarik secara visual. 

Material batu alam sangat cocok untuk bangunan rumah, baik yang tinggal di perkotaan maupun di kampung. Khususnya pada rumah di kampung, memang kebanyakan mengusung konsep sederhana. Namun, akan terlihat mewah bila menggunakan kombinasi batu alam untuk pondasi di area teras rumah.

4 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Batu Alam Warna Krem

Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Batu Alam © Diadona

Batu alam memiliki banyak sekali jenis dan warna yang berbeda - beda. Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki hunian dengan menggunakan batu alam seperti ini, kamu bisa memilih jenis batu alam yang bernama batu alam paras Jogja. 

Batu alam paras Jogja memang dikenal sebagai batu alam yang memiliki tampilan alami berwarna krem. Karena memiliki permukaan pori-pori yang halus dan rata, batu alam ini pun sangat mudah untuk dibersihkan hanya dengan menggunakan air dan sabun.

5 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Batu Alam Konsep Mediterania

Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Batu Alam © Diadona

Konsep mediterania diakui sebagai konsep yang sangat istimewa. Dengan memiliki ciri khas menggunakan warna earth tone dan finishing yang mewah, hal ini bisa membawa suasana yang nyaman saat dihuni, termasuk dengan konsep rumah mediterania yang menggunakan batu alam untuk pondasi dasarnya. 

Konsep mediterania terbagi menjadi 3 jenis yang berbeda yaitu italian renaissance, spanish revival dan modern mediterranean. Ketiganya sama-sama memiliki tampilan yang eksotis, sehingga sangat cocok untuk hunian di negara tropis seperti Indonesia.

6 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Batu Alam yang Unik

Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Batu Alam © Diadona

Rumah dengan pondasi dasar berupa batu alam tak hanya cocok untuk digunakan di rumah mewah saja, tetapi juga berlaku untuk rumah mini. Selain memiliki tampilan yang menarik secara visual, batu alam sering dipakai oleh penghuni rumah karena dikenal sebagai penyangga terbaik untuk pembuatan rumah. 

Batu alam memiliki permukaan yang cukup kuat untuk menahan risiko terjadinya kebocoran pada rumah. Selain itu, pengerjaan konstruksi rumah yang menggunakan batu alam pun tergolong cepat dan mudah karena hanya membutuhkan bahan tambahan berupa pasir dan semen.

7 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Batu Alam dengan Sentuhan Kaca

Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Batu Alam © Diadona

Ingin memiliki rumah dengan pondasi dasar batu alam yang mengusung konsep semi outdoor? Kamu bisa banget loh memadukan kaca sebagai eksterior tambahan. Bahan kaca menjadi pelengkap untuk konstruksi rumah modern karena bisa membantu masuknya cahaya ke dalam ruangan secara lebih optimal. 

Selain membuat ruangan rumah jadi lebih cerah, kaca juga sangat berguna untuk membuat tampilan rumah jadi lebih luas. Hal ini karena salah satu sifat kaca yang transparan, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memberikan pandangan yang tak terbatas dan suasana yang lebih lega.

8 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Batu Alam Konsep Bali

Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Batu Alam © Diadona

Salah satu ciri rumah Bali yaitu tak terlepas dari bangunan rumah berupa angkul - angkul. Angkul-angkul sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut gerbang utama sebelum memasuki area dalam rumah. 

Selain kayu dan batu bata, angkul-angkul yang dipakai pada hunian masa kini juga ada yang terbuat dari bahan batu alam. Kehadiran batu alam menawarkan tampilan rumah jadi terasa lebih indah sekaligus mewah. 

Itulah beberapa inspirasi rumah minimalis tampak depan dengan batu alam. Semoga bisa menginspirasi ya. Mana nih desain rumah minimalis tampak depan yang paling Diazens suka?

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar