7 Desain Lemari Bawah Tangga yang Praktis dan Fungsional, Bisa untuk Menyimpan Pakaian dan Pajangan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 14 Maret 2024 20:51
7 Desain Lemari Bawah Tangga yang Praktis dan Fungsional, Bisa untuk Menyimpan Pakaian dan Pajangan
Ingin kreasikan ruang di bawah tangga hunianmu jadi lemari? Cari desain di sini bisa bantu kamu ciptakan hunian yang rapi!

Mengikuti tren, desain lemari bawah tangga menjadi salah satu inovasi desain yang sedang banyak dicari dan digemari oleh orang-orang. Hunian 2 lantai dengan luas rumah yang relatif kecil banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia sehingga kreasi lemari di bawah tangga yang menghemat tempat menjadi salah satu alternatif kreasi tempat penyimpanan yang menarik dan hemat tempat.

Karena masih baru menjadi tren, desain lemari bawah tangga masih banyak memiliki kemiripan antara satu sama lain. Namun, kamu bisa sesuaikan desain yang kamu sukai dan juga yang sesuai dengan kebutuhan hunianmu. Sebelum membangun lemari bawah tangga yang bagus, kamu perlu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu.

Beberapa di antara persiapannya adalah mengukur sisa ruangan yang kamu miliki di bawah tangga, mendiskusikan material yang bagus dengan para tukang bekerja, dan memperkirakan barang-barang yang bisa kamu simpan di lemari tersebut. Dengan perencanaan yang matang, kamu bisa menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti tangga yang jadi rusak atau barang-barang yang disimpan rusak.

Nah, kalau kamu sudah siap bisa langsung cek aja ide desain lemari bawah tangga di bawah ini.

 

1 dari 8 halaman

Desain Lemari Bawah Tangga Simpel Sederhana

Desain Lemari Bawah Tangga © Diadona© Pinterest

Desain lemari bawah tangga yang pertama adalah lemari kayu simpel yang dibangun di ruang bawah tangga. Ada 3 ruang penyimpanan bisa kamu gunakan dengan ruang yang tersisa. Pintunya berjumlah tiga dengan ukuran yang menyesuaikan sisa ruangan.

Warna dan material kayu untuk pintu lemari menggunakan bahan yang sama dengan railing tangga supaya terlihat harmonis. Lemari penyimpanan ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan bahan makanan, baju yang sudah tidak terpakai, atau barang lainnya. 

 

2 dari 8 halaman

Desain Lemari Bawah Tangga Rak Sepatu

Desain Lemari Bawah Tangga © Diadona© Pinterest/Vin Jey

Desain lemari bawah tangga yang selanjutnya memiliki fungsi utama sebagai rak sepatu dengan berbagai ukuran. Memiliki pegangan di ujungnya, setiap rak dibuka dengan cara ditarik ke luar. Sebenarnya tidak harus digunakan sebagai rak sepatu, desain lemari ini bisa kamu gunakan untuk berbagai barang juga.

Desain lemari bawah tangga yang ini bisa dengan fleksibel kamu adaptasi dengan sisa ruang yang kamu miliki, meskipun terasa relatif kecil atau sempit. Namun, desain ini kurang child friendly jadi kamu harus berhati-hati!

 

3 dari 8 halaman

Desain Lemari Bawah Tangga Rak Pajangan

Desain Lemari Bawah Tangga © Diadona© Pinterest/Sophie Sweeting

Bukan berbentuk lemari yang tertutup seperti yang lain, desain lemari bawah tangga yang satu ini berbentuk lemari rak penyimpanan yang terbuka sehingga bisa digunakan untuk menyimpan sekaligus memajang barang-barang yang kamu punya. Dengan desain ini, kamu tidak perlu membeli rak penyimpanan secara terpisah, loh!

Disulap menjadi rak buku atau rak tanaman hias juga pasti akan terlihat cantik dan sangat bermanfaat dalam menghemat tempat. Desain lemari bawah tangga yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin membeli rak pajangan tetapi masih punya ruang kosong di bawah tangga.

 

4 dari 8 halaman

Desain Lemari Bawah Tangga Modern Unik

Desain Lemari Bawah Tangga © Diadona© Pinterest/Angeline Kalangi

Dinding kayu kuning di bawah tinggi ini ternyata adalah salah satu desain lemari bawah tangga yang sangat kreatif dan unik. Pintu lemari kayu ini didesain untuk berkamuflase dengan dinding jadi tidak ada detail umum yang biasanya dimiliki pintu lemari, seperti kenop atau engsel yang terlihat dari luar.

Warna kuning digunakan supaya terlihat kontras dengan warna putih yang digunakan untuk dinding di sekitarnya. Kelebihan dari desain lemari bawah tangga satu ini adalah karena letak lemari yang terkamuflase, kamu bisa dengan nyaman menyimpan barang-barang tanpa terlihat tamu dan child friendly karena tidak mudah dijangkau oleh anak-anak.

 

5 dari 8 halaman

Desain Lemari Bawah Tangga Minimalis Terbaru

Desain Lemari Bawah Tangga © Diadona© Pinterest/umersoomro006

Pintu-pintu di ruang kosong bawah tangga yang lumayan kecil ini termasuk dalam desain lemari bawah tangga. Ruang kosong ini diberikan lampu kecil untuk menyulapnya menjadi gudang penyimpanan yang praktis.

Jika kamu bingung karena tidak memiliki ruang untuk dijadikan gudang yang disebabkan oleh tidak ada loteng atau basemen di hunian, kamu bisa mengadaptasi desain lemari bawah tangga ini! Gudang penyimpanan yang spacey dan mudah diakses pun bisa kamu miliki!

 

6 dari 8 halaman

Desain Lemari Bawah Tangga Ruang Penyimpanan

Desain Lemari Bawah Tangga © Diadona© Pinterest

Desain lemari bawah tangga yang satu ini cocok banget untuk kamu adaptasi kalau kamu punya tangga di dekat pintu masuk rumah. Ruang di bawah tangga bisa kamu sulap menjadi ruang penyimpanan, seperti lemari gantung baju untuk keluar atau rak sepatu yang simpel.

Perlu diingat, pintu yang efektif digunakan untuk desain lemari bawah tangga adalah pintu yang tidak makan banyak tempat dan praktis. Hal ini supaya tidak menghalangi jalan dan tertabrak saat sedang melewati area tersebut.

 

7 dari 8 halaman

Desain Lemari Bawah Tangga dan Dapur

Desain Lemari Bawah Tangga © Diadona© Pinterest

Desain lemari bawah tangga yang terakhir adalah desain yang bisa kamu adaptasi kalau kamu punya tangga di dekat ruang makan atau dapur. Desain ini memasukkan lemari rak penyimpanan biasa, oven, microwave, dan kulkas di ruang yang tersisa di bawah tangga.

Desain lemari bawah tangga ini sangat brilian karena bisa menghemat banyak sekali tempat serta menciptakan pemandangan yang rapi di rumah karena peralatan dapur bisa ditanam atau diletakkan di tempat yang terpojok. Sangat praktis ya, Diazens!

 

8 dari 8 halaman

Banyak ya desain lemari bawah tangga yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk hunianmu, Diazens! Satu hal yang perlu diingat sebelum membangun lemari di bawah tangga adalah keamanan lokasi dan anggota keluarga.

Kalau kamu punya anak batita atau balita, harus ada pengawasan lebih karena lemari bawah tangga seringkali menjadi tempat rawan dimasuki oleh anak-anak kecil untuk bersembunyi. Nah, kira-kira desain mana yang bisa membuat kalian terinspirasi?

Editor: Salma Aribatul

Beri Komentar