9 Mitos Kelelawar Masuk ke Dalam Rumah, Bakal Bawa Keberuntungan Gak ya?

Reporter : Yoyok
Kamis, 7 Maret 2024 19:38
9 Mitos Kelelawar Masuk ke Dalam Rumah, Bakal Bawa Keberuntungan Gak ya?
Ternyata, kelelawar masuk rumah tidak selalu membawa keberuntungan, namun juga kesialan.

Banyak orang yang akan langsung bingung atau panik ketika ada kelelawar masuk ke dalam rumah. Kebanyakan akan berpikir keras untuk mencari cara dalam mengusir hewan mamalia terbang tersebut. Namun, ternyata banyak makna jika kelelawar masuk ke rumah lho.

Seperti kita tahu, kelelawar merupakan hewan mamalia terbang yang beraktivitas di malam hari. Kelelawar m=bakal keluar di malam hari untukmencari makanan. Hewan satu ini suka mencari buah-buahan di malam hari sebagai santapan makan malam.

Tetapi, banyak orang yang tidak suka atau bahkan takut dengan kelelawar. Banyak yang tidak suka dengan bentuknya, suara, hingga mitos kelelawar yang erat kaitannya dengan hantu vampir dari budaya barat.

Tidak jarang juga kelelawar sampai masuk ke dalam rumah lho. Ternyata, ada beberapa mitos tentang kelelawar yang masuk ke dalam rumah. Berikut ini adalah deretan mitos saat kelelawar masuk ke dalam rumah.

1 dari 5 halaman

Keberuntungan

Mitos pertama ketika kelelawar masuk ke dalam rumah adalah sang pemilik bakal mendapat keberuntungan. Masyarakat Cina kuno percaya jika kelelawar yang berada di dalam rumah merupakan pertanda akan datangnya keberuntungan.

Apalagi jika yang masuk ada lima ekor. Menurut mitos tersebut, lima ekor kelelawar yang masuk ke dalam rumah merepresentasikan lima elemen CIna yaitu air, api, langit, logam, dan tanah. Lima kelelawar juga bisa menjadi simbol tentang panjang umur.

Kelelawar Masuk Rumah © Diadona© shutterstock.com

Kesialan

Selain keberuntungan, kelelawar masuk ke rumah juga diyakini membawa sial lho. Beberapa orng percaya jika mamalia terbang satu ini bisa membawa kesialan jika masuk ke dalam rumah. Kesialan tersebut pastinya akan menghinggapi sang pemiliki rumah dan mereka yang tinggal di dalamnya.

2 dari 5 halaman

Bakal Kena Penyakit

Mitos selanjutnya tentang kelelawar masuk ke rumah adalah bakalan kena penyakit. Menurut buku Bunga Rampai Kelisanan Masyarakat Santri (2019) oleh Tristan Rokhmawan, dkk, dikatakan bahwa ada masyarakat yang meyakini bahwa jika kelelawar masuk ke dalam rumah bakal membawa penyakit.

Menurut masyarakat yang percaya akan mitos tersebut, kelelawar merupakan jelmaan orang-orang yang sudah meninggal alias roh halus. Maka dari itu, masyarakat tersebut akan berusaha untuk mengusir kelelawar yang berada di dalam rumah.

Kelelawar Masuk Rumah © Diadona© shutterstock.com

Berkah Untuk Rumah Tangga

Ada yang bilang bakal bawa penyakit, tapi tidak sedikit yang menyebut kalau kelelawar masuk rumah bakal bawa berkah bagi rumah tangga. Hal ini diyakiini dalam kepercayaan agama Hindu.

Menurut kepercayaan Hindu, kelelawar yang masuk rumah diartikan sebagai tanda keberuntungan atau kemakmuran. Kelelawar dipercaya bakal bawa energi positif bagi pemilik maupun kehidupan rumah tangganya.

3 dari 5 halaman

Bakal Ada Perubahan

Selanjutnya, kelelawar yang masuk rumah diyakini bakal memberi perubahan.Dalam budaya Celtic, kelelawar dilambangkan sebagai sebuah transformasi atau kegembiraan. Karena hal ini, kelelawar tidak akan langsung diusir ketika masuk ke dalam rumah.

Perubahan yang dimaksud bisa berupa dalam berbagai aspek. Contohnya bisa dalam aspek pekerjaan, cinta, sosial, dan masih banyak lagi.

Kelelawar Masuk Rumah © Diadona© shutterstock.com

Kelelawar Siluman

Kelelawar yang masuk rumah juga dikait-kaitkan sebagai keblek. Keblek merupakan kelelawar siluman atau jadi-jadian.

Keblek di sini merupakan bentuk dari pesugihan seseorang. Sama halnya dengan babi ngepet, keblek yang masuk ke dalam rumah merupakan perintah dari tuannya untuk menguras habis harta sang pemilik.

4 dari 5 halaman

Kelelawar Mati di Rumah

Ada juga mitos tentang kelelawar yang mati di dalam rumah. Menurut situs The Chinese Zodiac, kelelawar yang mati di dalam rumah dianggap sebagai sebuah pertanda buruk.

Hal ini karena kelelawar yang mati di rumah dikaitkan dengan akhirat. Bangkai kelelawar di dalam rumah dipercaya bakal membawa aura negatif.

Kelelawar Masuk Rumah © Diadona© shutterstock.com

Mimpi Melihat Kelelawar

Tidak hanya dalam bentuknyata, ada juga mitos tentang mimpi saat melihat kelelawar masuk ke rumah. Mimpi melihat kelelawar di rumah ternyata bisa menjadi pertanda negatif maupun positif lho.

Mimpi tersebut bisa diibaratkan sebagai rasa khawatir akan utang yang dimiliki. Nmun, ada juga yang bilang kalau mimpi tersebut akan membuat bisnismu makin lama makin berkembang.

5 dari 5 halaman

Rumah Dalam Keadaan Rusak

Kalau yang satu ini bukan mitos, nmun perlu aaksi si pemilik rumah. Jika ada kelelawar yang masuk ke rumah, itu tandanya ada bagian rumah yang rusak atau berlubang.

Rumah tidak hanya menjadi tempat yang nyaman untuk empunya, namun juga hewan-hewan yang tengah mencari tempat berlindung. Maka dari itu, untuk mengatasi hal ini, cek kembali bagian rumah yang bsia menjadi akses kelelawar untuk masuk ke dalam rumah.

Kelelawar Masuk Rumah © Diadona© shutterstock.com

Itulah beberapa mitos akan kelelawar yang masuk ke dalam rumah. Rumahmu sering kemasukan kelelawar? Bisa jadi itu sebuah pertanda.

Beri Komentar