15 Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 6x8 Meter

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 5 September 2023 12:26
15 Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 6x8 Meter
Ada banyak denah rumah minimalis dengan 2 kamar tidur di tanah 6x8 meter mulai dari dengan dapur menyatu dengan ruang makan, rumah dengan lorong dan lainnya.

Meskipun hanya rumah minimalis 2 kamar tidur di lahan 6x8, namun membuat denahnya tetap diperlukan. Denah lantai memberi pandangan posisi dan alur sebuah ruangan yang akan memaksimalkan kamu memanfaatkan rumah di lahan sempit.

Denah sangat penting untuk menunjukkan tata letak bangunan. Denah digambar dengan skala, menunjukkan lokasi, pintu dan jendela serta furniture lainnya. Dengan membuat denah walaupun di rumah rumah minimalis 2 kamar tidur di lahan 6x8 m, ini sangat membantu kamu embuat opsi tata letak sendiri yang sesuai dengan kebutuhan.

Rumah minimalis di lahan 6x8 meter memang biasanya terdiri dari dua kamar tidur. Rumah di lahan 6 x 8 meter umumnya merupakan bangunan rumah subsidi dengan keterbatasan ruangan di dalamnya. Misalnya, ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dapur yang sempit, hingga pemanfaatan teras sebagai ruang tamu sehingga dalam rumah dapat dimaksimalkan sebagai ruang privat keluarga.

1 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur Ukuran 6x8 meter

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur Ukuran 6x8 © Diadona

Denah rumah berikut sangat sederhana namun dapat menampung seluruh kebutuhan ruangan pemilik rumah. Ruang tamu bisa berfungsi sebagai ruang keluarga, sementara terdapat ruang makan dan dapur yang berdekatan dengan kamar mandi.

Pintu kamar mandi bisa diletakkan menghadap ruang makan sehingga setiap sisi dapur dapat dimanfaatkan sebagai ruang beraktivitas.

2 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 6x8 Meter dengan Dapur Sempit

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar 6x8 dengan Dapur Sempit © Diadona

Dapur sempit kadang menjadi satu-satunya pilihan ketika membangun rumah di lahan terbatas. Walau demikian jangan khawatir sebab ada banyak tips menata dapur sempit mulai dari menyortir barang dan dibutuhkan, memanfaatkan setiap ruangan untuk penyimpanan hingga menggunakan warna-warna terang untuk memberikan ilusi ruangan lebih luas.

3 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 6x8 © Diadona

Walaupun di lahan terbatas, namun bukan berarti meninggalkan faktor kenyamana di kamar tidur utama. Kamar tidur utama dalam denah rumah minimalis 2 kamar tidur di lahan 6x8 meter ini terhitung luas. Namun itu bisa dilakukan karena memangkas luas kamar tidur lainnya.

Opsi ini bisa kamu ambil ketika kamar tidur kecil hanya dihuni oleh buah hati atau hanya ada sepasang suami istri.

Terdapat dapur sempit memanjang yang menyatu dengan seluruh ruangan sehingga tampak luas.

4 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 KAmar Tidur 6x8 © Diadona

Dalam denah rumah minimalis 2 kamar tidur di lahan 6x8 meter di atas, kamu bisa mengganti ruang wardrobe sebagai kamar tidur. Dapur memiliki area yang luas, menyatu dengan meja makan. Ini adalah solusi untuk kamu yang memiliki lahan sempit. 

 

 

5 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur Ukuran 6x9 Meter Sederhana

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 6x8 Meter sederhana © Diadona

Dalam denah rumah minimalis 2 kamar tidur berikut ini, dapur dan kamar mandi memiliki posisi yang baik menurut Feng Shui sebab letak kedua ruangannya tak saling berhadapan.

Dilansir dari Rumah.com, ini karena kamar mandi punya unsur air yang bisa memadamkan unsur api yang ada di dapur. Bila terpaksa, berika jeda atau pembatas di antara kedua ruangan biar nggak saling berdekatan.

Trus bagaimana bila sudah terlanjur? Solusinya adalah dengan selalu menutup pintu kamar mandi secara rapat.

6 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur di Lahan Memanjang

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 6x8 © Diadona

Bagaimana denah rumah di lahan memanjang tanpa perlu adanya lorong di tengah rumah? Nah, denah rumah di atas bisa jadi inspirasi nih.

Bagian dapur berada di bagian paling belakang rumah di salah salah satu sisi, lalu disusul dengan ruang makan. Sisi rumah lainnya adalah kamar tidur lengkap dengan kamar mandinya. Agar memberikan ilusi luas, buang sekat yang memisahkan ruang makan dan dapur. 

Memanfaatkan lahan memanjang secara maksimal bukan cuman memberikan ruang yang nyaman bagi keluarga tapi juga berkesempatan memberikan sirkulasi serta masuknya udara ke setiap bagian rumah.

7 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 6x8 dengan Mushola © Diadona

Di beberapa rumah, kadang kenyamanan ruang beristirahat adalah yang utama di mana kamr tidur mengambil space paling banyak dari keseluruhan lahan di rumah. Tentu nggak apa-apa dong, karena ini sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pemilik rumah.

Ruang keluarga dibuat seintim mungkin dengan menempatkan satu sofa panjang. Begitu pula dapur dengan meja makan makan yang kecil.

8 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 6x8 dengan Dapur Memanjang © Diadona

Denah rumah minimalis 2 kamar tidur di lahan 6x8 meter di atas benar-benar memanfaatkan setiap space dengan maksimal untuk kenyamanan penghuninya, ya! Ruang keluarga juga berfungsi sebagai ruang tamu, begitu pula dapur yang dilengkapi dengan mini bar minimalis untuk bersantap bersama.

 

9 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 6x8 dengan Mushola © Diadona

Rumah dalam denah di atas nampaknya memang tak berukuran 6x8, namun tetap di lahan yang sempit sehingga perlu pintar-pintar mengatur posisi ruangan. Penataan sedemikian ini cocok banget untuk rumah lebar di mana seluruh kamar berada id bagian depan rumah, memungkinkan cahaya dan sirkulasi untuk masuk. Bagian dapurnya terletak di pojok ruangan dan berukuran kecil, cocok untuk kamu yang gemar memasak sederhana.

Sementara itu kamar mandi di bagian belakang rumah bisa dialih fungsikan sebagai mushola dalam rumah.

 

 

10 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar 6x8 di Perumahan © Diadona

Rumah di lahan sempit seperti perumahan subsidi misalnya, kerap memanfaatkan teras sebagai ruang menerima tamu. Dengan demikian, bagian dalam rumah bisa dimanfaatkan secara maksimal hanya untuk ruang privat keluarga.

Ruang makan berada di bagian depan rumah dekat dengan ruang tamu sebab dapur memiliki luas yang besar. Nah ini cocok banget untuk kamu yang senang beraktivitas di dapur dan memiliki banyak peralatan untuk disimpan di sana.

 

11 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar 6x8 © Diadona

Ruang tamu seolah menjadi titik temu setiap ruangan dalam denah rumah minimalis dua kamar tidur berikut ini. Untuk memberikan ilusi ruangan luas, buka dinding pada bagian dapur sehingga menyatu dengan ruang tamu.

 

 

12 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 6x8 Meter dengan Lorong Sempit

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar 6x8 dengan Dapur Tertutup © Diadona

Yang berbeda pada denah rumah minimalis berikut ini dengan llainnya adalah keberadaan lorong yang menghubungkan antara ruang keluarga dan kedua kamar serta kamar mandi.

Dinding pada lorong sempit ini bisa kamu manfaatkan sebagai tempat hiasan rumah minimalis lho! Misalnya di pojok bisa kamu tematkan pot bunga, atau foto berbingkai minimalis di bagian dinding.

13 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar 6x8 meter © Diadona

Denah rumah berikut ini tak jauh beda dengan sebelumnya di mana terdapat lorong yang menghubungkan dua kamar dan kamar mandi. Bedanya, dapur dibiarkan terbuka dan menyatu dengan meja makan.

Penghilangan sekat dapur ini memberikan ilusi ruangan jadi lebih luas, lho!

 

 

14 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar 6x8 dengan Mushola © Diadona

Inspirasi denah rumah minimalis 2 kamar tidur di lahan memanjang lainnya adalah sebagai berikut. Lorong pada rumah semakin panjang, bisa kamu gunakan untuk memajang foto berbingkai minimalis.

15 dari 15 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar 6x8 di Lahan Terbatas © Diadona

Denah rumah minimalis 2 kamar berikut ini masih mengusung keberadaan lorong dalam rumah untuk menyatukan ruangan hanya saja bagian dapurnya lebih luas. Sayangnya, ruang makan harus ditiadakan untuk memberikan space lebih kepada dapur.

Untuk menyiasatinya, kamu mungkin bisa menggunakan minibar kecil untuk menjadi ruang makan bersama keluarga kecil.

Denah rumah minimalis 2 kamar berukuran 6x8 meter di atas semoga bisa menjadi inspirasimu dalam membanun rumah mungil impianmu.

Beri Komentar