7 Ide Desain Rumah Ramah Lingkungan yang Cantik dan Sejuk, Cocok untuk Slow Living

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 15 Maret 2024 22:22
7 Ide Desain Rumah Ramah Lingkungan yang Cantik dan Sejuk, Cocok untuk Slow Living
Bisa cari inspirasi untuk aplikasi prinsip desain rumah ramah lingkungan kepada hunianmu. Mulai dari yang minimalis sampai yang elegan ada di sini!

Desain rumah ramah lingkungan atau eco-friendly house sedang menjadi perbincangan yang hangat. Mengingat kondisi lingkungan kita sekarang yang menghadapi banyak masalah dan potensi-potensi bencana ke depannya, prinsip eco-friendly sedang menjadi isu yang banyak diangkat ke dalam berbagai aspek kehidupan sebagai salah satu usaha pencegahan kerusakan lingkungan yang lebih jauh,

Dunia arsitektur hunian juga tidak luput dari pengaplikasian prinsip ramah lingkungan ini. Tidak perlu memerlukan desain atau mekanisme yang muluk-muluk, kamu bisa mengadaptasi prinsip ini dengan mudah dan murah.

Misalnya, hemat energi, memiliki sirkulasi udara yang baik, melakukan pengelolaan sampah, dan adanya drainase supaya air dapat berjalan dengan baik tanpa terbuang sia-sia. Kamu juga bisa mencari lahan rumah di area terbuka hijau supaya rumahmu masuk ke dalam ciri-ciri rumah ramah lingkungan. Nah, setelah mengetahui apa yang diperlukan, kamu tinggal cek desain rumah ramah lingkungan di bawah ini, deh!

 

1 dari 8 halaman

Desain Rumah Taman Atap

Desain Rumah Ramah Lingkungan © Diadona© i.pinmg.com

Desain rumah ramah lingkungan yang pertama adalah rumah tiga lantai dengan atap kotak datar yang dialihfungsikan menjadi taman. Pembangunan seperti ini mengadopsi salah satu konsep eco-friendly house, yaitu living roof. 

Atap yang biasanya memantulkan cahaya matahari dan menyerap panas dibangun menjadi taman dan ditanam berbagai tumbuhan yang kamu inginkan. Tidak hanya jadi terlihat cantik, rumah pun akan terasa lebih sejuk karena pepohonan yang asri dan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, panas matahari pun ikut dikonsumsi oleh para pepohonan di taman!

 

2 dari 8 halaman

Desain Rumah Ruang Belakang Terbuka

Desain Rumah Ramah Lingkungan © Diadona© i.pinmg.com

Desain rumah ramah lingkungan yang satu ini memiliki banyak ruang terbuka di rumah sebagai salah satu bentuk pengadaptasian salah satu ciri khas konsep eco-friendly house, yaitu sirkulasi udara yang baik. 

Dengan sirkulasi udara yang teratur, kamu tidak perlu lagi selalu menggunakan AC yang menjadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan. Common space untuk bersantai dengan keluarga diletakkan di ruang terbuka bersih yang menyatu dengan taman basah terbuka di halaman belakang rumah. Desain rumah ramah lingkungan ini cocok untuk kamu yang punya taman di belakang rumah!

 

3 dari 8 halaman

Desain Rumah Ramah Lingkungan Unik

Desain Rumah Ramah Lingkungan © Diadona© i.pinmg.com

Atap rumah yang dipenuhi dengan tanaman menjadikan rumah ini salah satu desain rumah ramah lingkungan. Living roof atau secara harfiah atap hidup berarti meletakkan tanaman hidup di atap rumah. Tanaman yang digunakan biasanya tanaman menjalar karena sesuai dengan kontur rumah.

Selain fungsinya dalam desain rumah ramah lingkungan, living roof ini terlihat cantik dan unik untuk hunian minimalis yang kecil. Memberikan kesan yang berbeda dengan rumah lain. Kamu bisa kombinasikan ini dengan rumah bernuansa coklat atau merah bata supaya terlihat harmonis!

 

4 dari 8 halaman

Desain Rumah Ramah Lingkungan Mewah Elegan

Desain Rumah Ramah Lingkungan © Diadona© i.pinmg.com

Desain rumah ramah lingkungan selanjutnya adalah rumah megah dengan bangunan yang relatif besar. Ada pemakaian living roof dan bahan-bahan ramah lingkungan yang digunakan untuk membangun rumah, seperti pagar dari kayu dan besi tipis untuk pagar.

Menggunakan bahan yang ramah lingkungan adalah salah satu ciri khas desain rumah ramah lingkungan. Rumah besar minimalis pun bisa disulap menjadi rumah yang asri dan ramai dengan konsep eco-friendly house.

 

5 dari 8 halaman

Desain Rumah Ramah Lingkungan Kayu

Desain Rumah Ramah Lingkungan © Diadona© i.pinmg.com

 

Rumah yang seluruhnya terbuat dari kayu adalah desain rumah ramah lingkungan yang selanjutnya. Rumah ini menggunakan bahan ramah lingkungan, yaitu kayu. Dibandingkan dengan bahan rumah pada biasanya, kayu adalah bahan yang lebih sustainable karena bisa diperbaharui.

Desain rumah ramah lingkungan ini pasti mengingatkanmu kepada rumah nenek di kampung? Tidak perlu takut terlihat kuno dan jadul, rumah ini bisa kamu sulap menjadi modern dengan memadukannya dengan berbagai furnitur dengan konsep modern dan minimalis.

 

6 dari 8 halaman

Desain Rumah Dengan Taman Dalam

Desain Rumah Ramah Lingkungan © Diadona© i.pinmg.com

Desain rumah ramah lingkungan selanjutnya adalah rumah dengan sirkulasi terbuka. Pada desain ini, taman dalam rumah menjadi senjata utama dalam mengadaptasi ventilasi rumah yang besar untuk memperlancar sirkulasi udara di rumah.

Taman basah terbuka ini bisa jadi pengganti common space untuk keluarga yang biasanya ada di tengah rumah. Cocok untuk diadaptasi bagi kamu penggemar rumah dengan cottage core tapi sudah terlanjur membangun rumah dengan konsep modern!

 

7 dari 8 halaman

Desain Rumah Ramah Lingkungan Minimalis 1 Lantai

Desain Rumah Ramah Lingkungan © Diadona© i.pinmg.com

Desain rumah ramah lingkungan yang terakhir adalah rumah 1 lantai dengan desain yang minimalis dan dikelilingi oleh taman dan kebun yang hijau. Desain ini bisa kamu gunakan kalau mau bangun rumah di area hijau terbuka.

Rumah kecil minimalis yang manis ini juga mengadaptasi gaya desain eksterior Jepang seperti yang bisa dilihat dari fasad rumah yang tidak diberikan detail berlebihan dan pintu masuk yang menjorok ke dalam. Ruang tamu kecil di bagian luar mempermanis penampilan rumah ini.

8 dari 8 halaman
Beri Komentar