28 Cara Menata Dapur Sempit Memanjang Agar Terlihat Luas, Bersih dan Bikin Nyaman

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 16 Juli 2023 20:42
28 Cara Menata Dapur Sempit Memanjang Agar Terlihat Luas, Bersih dan Bikin Nyaman
Di antara 28 cara menata dapur sempit berikut ini adalah dengan memanfaatkan setiap ruang, memasukkan cahaya sebanyak mungkin hingga trik ilusi seperti keramik diagonal, backsplash cermin dll

Rumah mungil dan kecil memang nampak jadi pilihan yang bagus untuk keluarga kecil, tapi itu juga bisa berarti kamu akan memiliki dapur sempit. Tak jarang, dapur sempit tersebut juga memiliki bentuk memanjang yang sulit untuk ditata.

Untungnya nih saat ini ada banyak ide perencanaan dan tips menata dapur sempit memanjang. Caranya adalah berpikir secara kreatif untuk memanfaatkan setiap ruang sebaik mungkin. Hasilnya adalah dapur minimalis yang bisa bikin kamu nyaman dalam memasak atau bersantai di sana.

Di bawah ini Diadona udah ngumpulin sederet cara menata dapur sempit dari berbagai sumber buat bikin dapurmu terasa luas, nyaman dan estetik. Scroll terus ya!

 

1 dari 12 halaman

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang © Diadona

1. Jaga Dapur Tetap Rapi dan Bersih

Salah satu hal yang bikin dapur kerap nampak sempit adalah dapur yang kotor, berantakan dan tidak tertata. Misalnya, ada banyak barang-barang di atas meja hingga tak ada ruang, akan makin menonjolkan ilusi dapur sempit dan terbatas.

Maka pastikan untuk menjaga dapur tetap bersih dan rapi yah. Caranya bisa dengan menjaga zona dapur, membuang barang-barang yang tak dibutuhkan dan masih banyak lagi.

2. Masukkan Cahaya Alami Sebanyak Mungkin

Cahaya sangat penting untuk dapur yang sempit. Masukkan cahaya sebanyak mungkin dengan bukaan dapur. Selain membuat perputaran udara jadi lebih baik, pencahayaan alami bikin dapur sempitmu jadi terkesan lebih luas dan terang.

2 dari 12 halaman

 Cara Menata Dapur Sempit Memanjang - Aplikasikan Sliding Doors © Diadona

3. Gunakan Lemari Pintu Geser

Coba buat kabinet dapur dengan pintu geser deh. Pintu desain geser ini tak akan meminta ruang ketika dibuka sehingga tak mengganggu aktivitas kamu saat sedang di dapur. Cara menata dapur sempit memanjang ini sangat efektif ketika sedang ada banyak orang di dapur atau ada aktivitas lalu lalang di sana.

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang © Diadona

4. Tambah Penutup Wastafel

Untuk menambah meja kerja kamu di dapur, kamu bisa menggunakan tutup wastafel lho! Cari sesuai dengan ukuran wastafel kamu. Cara menata dapur sempit dan memanjang berikut ini sangat efektif karena kamu bisa bisa memotong sayuran dan persiapan bahan lainnya tanpa mengganggu dapur 

3 dari 12 halaman

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang dengan Rak © Diadona

5. Manfaatkan Setiap Celah

Gunakan setiap ruang di dapur secara maksimal. Misalnya nih, celah sempit di dekat kulkas pun bisa dimanfaatkan seperti pada gambar di atas. Rak tersebut bisa dengan kamu mudah temukan di toko perkakas dan kamu gunakan untuk menyimpan rempah-rempah yang kerap digunakan saat memasak atau bahan lain dengan ukuran wadah yang sesuai.

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang dengan Peralatan Berukuran Kecil © Diadona

6. Perabot Sesuai Ukuran Dapur

Punya perabot yang besar memang membuat memasak jadi lebih mudah, tapi perabotan akan sulit disimpan di dapur yang kecil. Jadi, kamu harus sesuaikan ukuran perlengkapan dapur dengan ruang dan tempat penyimpanan yang tersedia.

Bila memungkinkan, pilih microwave atau oven berukuran kecil yang mudah disimpan dalam kabinet tapi dalam ukuran yang cukup untuk memenuhi kebutuhan memasak keluarga

4 dari 12 halaman

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang © Diadona

7. Manfaatkan Penyimpanan Terbuka

Kayak yang udah dijelasin dalam salah satu cara menata dapur sempit memanjang sebelumnya nih, yakni jangan gunakan terlalu banyak lemari penyimpanan. Tapi manfaatkan sebagian sisi ruang untuk membuat rak terbuka, tanpa mengorbankan penyimpanan secara berlebihan.

'Mengintegrasikan elemen kecil penyimpanan terbuka – mulai dari rak sederhana yang dipasang di dinding hingga kabinet atau meja depan kaca yang mengintegrasikan elemen keduanya – nggak hanya menyediakan penyimpanan ekstra tetapi juga memungkinkan kamu untuk menambahkan sentuhan dekoratif pada ruangan untuk meningkatkan estetika.

Di rak ini kamu bisa letakkan buku masak, tanaman indoor atau apapun yang jadi favorit kamu sebagai titik fokus besar dalam ruangan dapur yang sempit.

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang dengan Rak di Balik Pintu © Diadona

8. Rak di Balik Pintu

Konsep rak di balik pintu kulkas bisa kamu terapkan untuk rak kabinet dapur kamu nih!    Ini adalah cara yang tepat untuk mengakali dapur sempit dan memanjang. Gunakan rak plastik atau logam lalu tempel di balik pintu kabinet kamu untuk menyimpan barang-barang kecil seperti botol bumbu dan lainnya. 

Cara Menata Dapur Sempit dengan Memanfaatkan Ruang di Bawah Bak Cuci Piring © Diadona

9. Manfaatkan Ruang di Bawah Bak Cuci Piring

Ruang di bawah bak cuci piring ini bisa sangat berguna untuk menyimpan barang-barang kebersihan, misalnya stok sabun cuci piring, spon, tempat sampah, dan lainnya. Gunakan rak yang sudah disesuaikan dengan bentuk ruang penyimpanan sehingga bisa memberikan are yang maksimal.

5 dari 12 halaman

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang © Diadona

10. Gunakan Penyimpanan Sudut

Ngomongin dapur sempit memanjang, tata letak dapur bentuk U adalah pilihan yang paling populer karena bisa membantu menyesuaikan ruangan panjang tapi juga menyediakan meja dapur dengan ukuran lebar. Sayangnya, akan ada lemari sudut yang kerap sulit dijangkau. Padahal cara utama menata dapur sempit memanjang adalah menggunakan semua tempat penyimpanan yang tersedia, bukan?

Solusinya, gunakan tempat penyimpanan spesialis lemari sudut seperti pada gambar di atas. Dengan rak tersebut, lemari sudut bisa menyimpan barang-barang yang dapat dengan mudah dijangkau.

Cara Menata DApur Sempit MEmanjang dengan Menggantung Peralatan © Diadona

11. Gantung Peralatan yang Selalu Dipakai saat Memasak

Alih-alih menyimpannya di atas meja, gantung peralatan yang sering kamu pakai ketika memasak agar lebih mudah dijangkau ketika memasak. Misalnya nih talenan, pisau dan lainnya. Hindari banyak barang tergeletak di meja untuk menghindari kekacauan yang tidak perlu dan membuat dapur jadi terkesan penuh.

Cara Menata Dapu Sempit MEmanjang dengan Menggantung Wajan © Diadona

12. Gantung Panci dan Wajan 

Dengan dapur sempit memanjang, kemungkinan kamu hanya akan punya sedikit ruang penyimpan. Nggak apa-apa, prioritaskan untuk meletakkan peralatan yang lebih jarang dipakai atau bahan makanan yang harus disimpan tertutup.

Trus pertimbangkan untuk menggantung panci dan wajan dengan menggunakan rak atau cantolan di dinding seperti pada gambar.

Tentu biar lebih estetik, pastikan bagian belakang wajan bersih dari kerak ya! Atur tempat penyimpanan tersebut di lokasi yang mudah dijangkau dan sesuaikan desainnya dengan tema dapur kamu. Misalnya nih untuk tema industrial, kamu bisa menggunakan pipa baja yang kuat dan estetik!

6 dari 12 halaman

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang © Diadona

13. Tambah Kursi Mini 

Dapur sempit memanjang biasanya tercipta karena kekurangan ruang dalam rumah. Tak jarang ini juga dibarengi dengan ketiadaan area untuk makan bersama. Nah, kamu bisa menerapkan gaya dapur dan ruang makan menyatu seperti pada gambar di atas nih!

Meja dapur yang biasa digunakan untuk memasak juga bisa dimanfaatkan sebagai meja bar dengan penambahan kursi yang sesuai.

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang dengan Kotak Penyimpanan © Diadona

14. Simpan Barang yang Jarang Digunakan di Dalam Kotak

Jangan menaruh barang di meja dapur atau di lemari, terutama jika jarang digunakan. Soalnya peletakan barang-barang tersebut berpotensi bikin dapur makin kacau. Simpan di dalam kotak tertutup. Selain nampak rapi juga menghindarkannya dari debu dan binatang.

7 dari 12 halaman

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang dengan Kabinet Atas yang Tinggi © Diadona

15. Pilih Laci atau Lemari Tanpa Pegangan

Manfaatkan kemajuan teknologi yakni bikin laci atau lemari tanpa adanya pegangan. Teknologi membuka tutup pintu tanpa pegangan ini bisa didapat dengan mendorong laci sedikit ke belakang agar bisa terbuka dengan sendirinya. 

16. Pilih Pintu Lift Up

Ganti pintu kabinet dapur dengan pintu lift up. Alih-alih menarik pintu ke samping saat membukanya, pintu lift up memungkinkan kamu untuk membuka pintu dengan cara menariknya ke arah kamu.

Pintu lift up ideal banget untuk penataan dapur kecil memanjang dan mencegah pintu saling berbenturan.

17. Kabinet Atas yang Tinggi

Cara menata dapur sempit memanjang lainnya yakni dengan membuat kabinet atas yang tinggi, bahkan kalau perlu nih sampai ke langit-langit. Jangan lupa lengkapi dengan dengan ukuran yang berbeda sesuai dengan ukuran peralatan kamu. Simpan barang-barang yang jarang digunakan di rak bagian atas ini.

8 dari 12 halaman

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

18. Maksimalkan Ruang Penyimpanan Bawah 

Ruang di bawah meja dapur adalah tempat penyimpanan yang sangat potensial. Kamu bisa memasang kabinet bawah atau rak dapur dan tutupi dengan korden agar lebih rapi dan cantik.

Letakkan barang-barang yang kerap digunakan di penyimpanan bawah ini untuk meminimalkan gerakan berlebih saat sedang memasak.

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang dengan Pencahayaan Berlapis © Diadona

19. Perhatikan Pencahayaan

Untuk dapur sempit, pencahayaan yang baik bisa mengubah kesan ruangan jadi lebih besar. Untuk dapur yang nggak punya pencahayaan alami, gunakan pendekatan pencahayan berlapis, yakni gaya dan efek pencahayaan yang berbeda di ruangan yang sama. Teknik ini berfungsi menambahkan kedalam pada suatu ruangan untuk memberi trik visual biar ruangan terasa lebih lebar dan luas.

Misalnya nih penggunaan lampu strip, lampu panel atau juga spotlight yang ditata untuk menonjolkan kesan ruangan lebih luas tanpa terkesan heboh dan ramai.

9 dari 12 halaman

Cara Menata dapur Sempit dengan Tak Memaksimalkan Ruang © Diadona

20. Jangan Gunakan Lemari Penyimpanan Secara Berlebihan

Salah satu kelemahan dari punya dapur yang kecil adalah kurangnya tempat penyimpanan. Karena itu kemudian pemilik rumah memanfaatkan seluruh ruang semaksimal mungkin untuk kabinet kitchen set, rak dan lainnya untuk memanfaatkan seluruh ruang yang tersedia. Padahal ternyata kamu nggak perlu demikian lho!

Yang pertama harus kamu lakukan adalah mempertimbangkan berapa banyak penyimpanan yang benar-benar kamu butuhkan. Soalnya nih kalau kamu nekat mengisi seluruh ruangan dengan lemari dari lantai ke langit-langit, kamu berisiko menutupi ruang dan malah membuat dapur terasa lebih sempit.

Lebih baik kalau kamu memiliki lemari penyimpanan yang lebih sedikit dan berisi barang sehari-hari yang emang benar-benar kamu butuhkan. Intinya adalah menciptakan dapur yang minimalis. Singkirkan barang yang kamu punya tapi nggak pernah kamu pakai, misalnya kotak penyimpanan yang menumpuk karena tak cocok dengan tutup yang tersedia, botol minum melebihi jumlah anggota keluarga, dan masih banyak lagi.

Prinsipnya, lebih baik punya sedikit lemari penyimpanan dengan barang-barang yang memang kamu butuhkan dan pakai sehari-hari, dari pada memasukkan banyak barang yang tak pernah terpakai dan bingung saat mencarinya.

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang dengan Pegboard © Diadona

21. Gantung Pegboard

Pegboard adalah cara bagus untuk membuat penyimpanan di ruang yang mungkin terbuang sia-sia. Contohnya nih pada ruang yang tidak mungkin dipasangi rak karena bisa terlalu menonjol.

Pegboard memiliki banyak kelebihan dalam menata dapur sempit. Bentuknya yang tipis sehingga nggak bikin dapur jadi makin sesak. Lubang-lubang pada papannya memungkinkan kamu bisa menggantung perabot dengan lebih fleksibel.  Selain, itu, pegboard dijual dalam berbagai ukuran atau kamu bisa memotongnya sesuai dengan kebutuhan.

10 dari 12 halaman

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang © Diadona

22. Gunakan Backsplash Cermin 

Untuk dapur yang minim pencahayaan dan sempit memanjang, cermin sangat berguna memantulkan cahaya dan ngasih ilusi ruang terlihat lebih luas. Menggunakan cermin pada ruang nggak cuman sebagai cara menata dapur sempit memanjang, tapi udah jadi praktik umum untuk ngasih ilusi ruang lebih lebar di segala penjuru rumah.

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang dengan Meja Tersembunyi © Diadona

23. Tambah Meja Tersembunyi

Coba deh buat desain dapur yang punya meja tersembunyi. Meja ini bisa ditarik keluar saat sedang dibutuhkan, sehingga bisa jadi bidang untuk memotong atau memasak. Saat sudah tidak digunakan lagi, meja bisa kamu dorong untuk sembunyi sehingga tak bikin dapur jadi penuh sesak.

Meja tersembunyi ini bisa dibuat dengan sistem lipat yang bisa ditarik seberapa luas sesuia dengan kebutuhan. Misalnya nih saat  kamu sedang tak butuh banyak meja, kamu cukup menariknya sebagian. 

11 dari 12 halaman

Cara MEnata Dapur Sempit dengan Furniture Warna Putih © Diadona

24. Furniture Berwarna Terang

Manfaatkan cahaya alami dari jendela atau pintu dengan menggunakan furniture berwarna terang. Sebab warna terang seperti putih akan memantulkan cahaya dan membantu menciptakan ilusi ruang lebih besar.

Selain memantulkan cahaya, furniture warna putih juga terlihat rapi dan juga bersih.

25. Furniture Mengkilap

Furniture dengan permukaan mengkilap dan memantulkan cahaya memberi kesan ruangan jadi lebih luas, lho! Dengan memanfaatkan permukaan mengkilap atau semi kaca, dapur sempit memanjang nggak cuman terlihat lebih luas tapi juga menciptakan desain yang modern.

Dilansir dari Home Decor Bliss, lemari cermin juga memungkinkan kamu memilih warna apapun yang kamu inginkan, bahkan warna-warna gelap seperti hitam, tanpa membuat dapur jadi gelap. Tapi sayangnya, lemari mengkilap warna gelap ini cenderung gampang kotor oleh bekas sidik jari.

 

12 dari 12 halaman

26. Pakai Furniture yang Tidak Tebal

Di dapur sempit memanjang, memasang lemari yang dalam dan menempatkannya di sepanjang dapur, akan membuat dapur jadi makin sempit. Solusinya dalam menata dapur sempit memanjang, cari lemari penyimpanan dapur atau kitchen set yang tidak terlalu lebar.

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang © Diadona

27. Gunakan Keramik Lebar dengan Pemasangan Diagonal

FYI, keramik yang dipasang secara diagonal memiliki efek melebarkan ruang lho! 

Sebab gini nih, tata letak keramik persegi memungkinkan otak dengan mudah mengukur ukuran ruang, jadi otak kita langsung tahu bahwa ruangan memang sekecil itu. Tapi dengan tata letak diagonal, otak jadi nggak mudah membuat perhitungan luas sehingga nggak langsung terlihat bahwa ruangan itu kecil.

Cara Menata Dapur Sempit Memanjang © Diadona

28. Menyatukan Dapur dan Ruang Makan

Menyatukan dapur dan ruang lain seperti ruang makan hingga ruang keluarga saat ini jadi konsep yang lumrah. Konsep ini biasa dilakukan agar saat memasak, kamu bisa berinteraksi dengan anggota keluarga lain yang berada di ruang lain.

Dalam cara menata dapur sempit memanjang, menyatukan dapur dengan ruang lain berarti menghilangkan seat atau dinding pembatas antar ruanga, membuat dapur atau bahkan seluruh rumah jadi terasa lebih luas.

Dikutip dari Rupawon, kamu perlu menyesuaikan furniture ruang dengan luas ruangan dan kebutuhan. Hindari furniture berukuran besar dan desain yang berat, misalnya kursi berukir dengan bantalan busa atau meja besar besar. Sebaliknya, pilih meja makan berdesain minimalis, ringan dan hemat ruang.

Dengan sedikit perubahan dan kreativitas, dapur sempit dan memanjang kamu jadi terasa lega dan luas deh!

Beri Komentar