10 Gerobak Kontainer Minimalis Cocok untuk Usaha Mini Cafe

Reporter : Aditia
Kamis, 24 Agustus 2023 11:29
10 Gerobak Kontainer Minimalis Cocok untuk Usaha Mini Cafe
Gerobak kontainer minimalis bisa didesain berbagai bentuk, misalnya menambahkan rooftop atau bar chair untuk menarik perhatian pelanggan

Gerobak kontainer minimalis adalah wujud modern dari konsep gerobak tradisional, tetapi dengan sentuhan inovasi yang signifikan. Dibuat dari kontainer kargo bekas yang dapat diubah menjadi struktur yang bergerak, gerobak ini menyajikan fleksibilitas dalam mengakomodasi berbagai jenis usaha. Konsep ini telah menarik perhatian sejumlah pedagang, pelaku usaha kecil, hingga perusahaan besar karena mampu memadukan kenyamanan bergerak dengan ruang penyimpanan yang optimal.


Salah satu daya tarik utama gerobak kontainer minimalis adalah desainnya yang minimalis. Meski minimalis, kamu juga bisa mendesain gerobak kontainer dengan tambahan kursi cafe yang estetik atau rooftop minimalis untuk menarik perhatian pelanggan lain.

Hampir sama dengan ruko minimalis, gerobak kontainer ini dapat dipindah dan Tampilannya yang bersih dan simpel memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengkustomisasi tampilan sesuai dengan merek atau gaya yang diinginkan. Selain itu, desain minimalis juga memaksimalkan efisiensi penggunaan ruang dalam gerobak, memberikan cukup ruang untuk menampilkan produk atau layanan tanpa merasa sesak.

Keunggulan lain dari gerobak kontainer minimalis adalah kemampuannya untuk digunakan dalam berbagai konteks. Dari kafe kecil yang mengusung konsep "to-go" hingga gerobak makanan dengan beragam hidangan, gerobak ini menawarkan fleksibilitas dalam menyajikan berbagai produk atau layanan. Pengguna dapat dengan mudah mengubah tampilan dan interior gerobak sesuai kebutuhan, sehingga memungkinkan eksperimen tanpa perlu investasi besar.

Selain keuntungan fungsional, gerobak kontainer minimalis juga memiliki dampak positif pada lingkungan. Menggunakan kontainer kargo bekas sebagai dasar pembuatan gerobak membantu mengurangi limbah dan memanfaatkan kembali sumber daya yang ada. Selain itu, karena gerobak ini dapat dioperasikan dengan energi listrik atau bahkan energi surya, penggunaannya dapat membantu mengurangi jejak karbon.

Nah, berikut ini inspirasi gerobak kontainer minimalis yang bisa kamu terapkan untuk membuka usaha.

1 dari 10 halaman

1. Gerobak Kontainer untuk Bakery

Gerobak Kontainer Minimalis

Salah satu keunggulan gerobak kontainer minimalis adalah bisa digunakan untuk berbagai jenis usaha, salah satunya adalah usaha bakery. Tak dipungkiri, bakery sekarang menjadi tren makanan yang cukup digemari pecinta kuliner.

Nah, kamu bisa memilih palet warna yang konsisten dengan identitas merekmu. Tambahkan logo dan elemen branding lainnya agar gerobak mudah dikenali. Pastikan gerobak memiliki dimensi yang memadai untuk mengakomodasi peralatan, persiapan, dan display produk dengan nyaman. Pilih ukuran yang memungkinkan gerobak untuk dengan mudah dipindahkan dan manuver di dalam ruangan atau area penjualan.

Pastikan ada cukup ruang kerja untuk karyawan yang bekerja di dalam gerobak tanpa merasa terlalu sempit.

2 dari 10 halaman

2. Gerobak Kontainer Tingkat

Gerobak Kontainer Minimalis

Dalam era modern ini, konsep gerobak kontainer telah menjadi tren yang semakin populer dalam industri kuliner, terutama bagi mereka yang ingin memulai bisnis kafe atau kopi dengan modal terbatas. Salah satu inovasi menarik yang telah muncul adalah desain gerobak kontainer minimalis dengan dua tingkat, yang memungkinkan pemilik bisnis untuk memaksimalkan ruang serta menawarkan pengalaman kafe yang unik bagi pelanggan.

Desain 2 tingkat memungkinkan pemanfaatan ruang yang optimal, dengan area nongkrong di lantai atas, serta ruang pemesanan dan kasir di lantai bawah. Ini membantu mengatasi kendala ruang yang sering dihadapi dalam bisnis makanan dan minuman yang gak punya lahan luas untuk membangun ruang nongkrong.

Kamu juga bisa menambahkan bar chair pada bagian pemesanan sebagai tambahan pelanggan nongkrong dan bercengkerama dengan barista. 

3 dari 10 halaman

3. Gerobak Kontainer Mini Kafe Take Away

Gerobak Kontainer Minimalis

Gerobak kontainer minimalis kafe take away adalah konsep yang memadukan fleksibilitas kontainer dengan fungsi kafe mini yang mengutamakan layanan pengambilan sendiri. Dibandingkan dengan kafe tradisional yang mengharuskan pelanggan untuk duduk dan menikmati hidangan di tempat, gerobak ini menawarkan pilihan yang lebih cepat dan praktis.

Gerobak kafe take away dapat menyesuaikan menu dengan tren makanan dan minuman yang sedang populer, seperti menu sarapan, makan siang, makanan cepat saji, roti, atau minuman dingin.

4 dari 10 halaman

4. Gerobak Kontainer Minimalis Pink Cafee

Gerobak Kontainer Minimalis

Desain gerobak kontainer minimalis dengan sentuhan pink mampu menciptakan suasana yang unik dan memesona. Bukan hanya tentang mewarnai gerobak dengan pink, tetapi juga tentang perpaduan yang sempurna antara estetika minimalis dan keceriaan warna pink.

Pink Café menciptakan atmosfer yang ceria dan hangat. Ini adalah tempat yang cocok untuk bersantai sambil menikmati secangkir kopi atau camilan manis, menciptakan perpaduan antara makanan lezat dan suasana yang menyenangkan.

5 dari 10 halaman

5. Gerobak Kontainer Desain Kubus

Gerobak Kontainer Minimalis

Gerobak kontainer minimalis dengan desain kubus juga memungkinkan pemanfaatan ruang publik dan privat dengan lebih baik. Di ruang publik seperti taman kota, acara festival, atau pasar malam, gerobak ini dapat ditempatkan dengan mudah untuk menyajikan makanan dan barang dagangan. Di ruang privat seperti area parkir atau halaman belakang rumah, gerobak ini dapat diubah menjadi ruang tambahan untuk usaha kecil tanpa perlu mengganggu tata ruang yang ada.

6 dari 10 halaman

Gerobak Kontainer Burger

Gerobak Kontainer Minimalis

Gerobak kontainer juga cocok nih untuk membuka foodcourt makanan cepat saji seperti burger.  Nah untuk melindungi gerobakmu dari hujan atau lain hal kamu juga bisa menambahkan atap minimalis di depan dan samping gerobakmu. Atap dapat dirancang dalam bentuk bujur sangkar yang minimalis, mengikuti kontur gerobak. Kamu dapat menggunakan bahan seperti logam atau bahan komposit ringan.

Agar tetap terasa terbuka dan terang di dalam gerobak, pertimbangkan untuk menggunakan bahan atap transparan, seperti plastik polikarbonat atau kaca tempered.

Pastikan untuk berbicara dengan seorang arsitek atau desainer profesional sebelum mulai merealisasikan desain gerobak kontainer burger dengan atap minimalis ini.

7 dari 10 halaman

Gerobak Kontainer Kopi Sederhana

Gerobak Kontainer Minimalis

Desain gerobak kontainer minimalis kopi harus ergonomis, yang membuatnya mudah untuk mempersiapkan minuman kopi dengan cepat dan efisien. Semua peralatan harus ditempatkan dengan bijaksana agar barista (pembuat kopi) dapat bergerak dengan lancar.

Kamu bisa menambahkan tema yang unik di gerobak kafemu, misalnya dari pemilihan warna, nama brand, quotes dan lain sebagainya. 

Jangan lupa tambahkan area depan yang nyaman untuk pelanggan memesan. Di bagian depan gerobak, biasanya terdapat area di mana pelanggan dapat memesan dan menerima minuman kopi mereka. Area ini juga mencakup tempat untuk menambahkan gula, susu, dan pilihan tambahan lainnya sesuai keinginan pelanggan.

8 dari 10 halaman

Gerobak Kontainer dengan Tambahan Jendela Kaca

Gerobak Kontainer Minimalis

Salah satu keuntungan utama dari tambahan jendela kaca pada gerobak kontainer minimalis adalah meningkatkan interaksi antara pelanggan dan pemilik usaha. Pelanggan dapat melihat produk atau makanan yang ditawarkan secara langsung, yang dapat meningkatkan minat mereka. Pemilik usaha juga dapat berinteraksi dengan pelanggan secara lebih pribadi dan meyakinkan mereka tentang nilai produk atau layanan yang ditawarkan.

Dengan jendela kaca yang transparan, gerobak kontainer akan memiliki penampilan yang lebih modern dan menarik. Kaca memberikan tampilan yang bersih dan elegan, yang dapat menarik perhatian pelanggan dan membuat gerobak kamu menarik di antara yang lain. Desain yang estetis secara visual dapat memberikan kesan positif kepada pelanggan tentang kualitas produk atau layanan yang kamu tawarkan.

9 dari 10 halaman

Gerobak Kontainer dengan Rooftop

Gerobak Kontainer Minimalis

Salah satu fungsi gerobak kontainer minimalis adalah mudah dipindahkan di berbagai event. Apalagi jika kamu ingin menaruh brandmu dalam barisan tenant even kota seperti festival, pasar malam, atau Car Free Day Event. 

Desainlah kontainer yang menyajikan perhatian lebih bagi konsumen, misalnya dengan desain dua tingkat dengan rooftop. Pasang beberapa kursi atau bangku minimalis untuk pelanggan yang ingin duduk sejenak. Pilih bahan yang nyaman dan tahan lama.

Di sisi gerobak, pasang jendela besar dengan kaca transparan untuk memungkinkan pelanggan melihat menu dan aktivitas di dalam. Gunakan pencahayaan yang hangat di dalam gerobak untuk menciptakan suasana yang nyaman.

 

10 dari 10 halaman

Gerobak Kontainer Minimalis Putih

Gerobak Kontainer Minimalis

Desain gerobak kontainer minimalis putih memiliki ciri khas simpel dan bersih. Bentuknya yang sederhana memberikan kesan modern dan elegan, serta memungkinkan pemilik untuk menyesuaikan interior dengan mudah. Gerobak ini biasanya terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang bahannya menonjolkan kesan bersih dan terang.

Pasang logo dan merek kafe dengan menarik pada bagian yang mudah terlihat. Pastikan elemen branding tersebut sejalan dengan keseluruhan estetika gerobak. Buat jendela atau area khusus untuk pemesanan, di mana pelanggan dapat berinteraksi dengan staf dan melihat proses pembuatan minuman.

 

Beri Komentar