9 Hiasan Rumah Minimalis, Fungsional dan Cantik!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 1 September 2023 11:53
9 Hiasan Rumah Minimalis, Fungsional dan Cantik!
Hiasan rumah minimalis mengusung fungsi, estetika namun tetap sederhana

Kesederhanaan adalah kunci rumah minimalis, namun bukan berarti tak ada hiasan di dalamnya. Untuk memberikan sentuhan personal dan seni kepada desain rumah, maka fokuskan untuk memilih desan interior minimalis yang tak hanya fungsional namun juga indah.

Hiasan rumah minimalis bisa berupa barang-barang yang nggak cuman nambah elemen dekoratif tapi sekaligus melengkapi barang-barang yang kita butuhkan dalam kebutuhan sehari-hari. Misalnya nih, cermin hias, tanaman hias, dan banyak barang-barang lainnya yang tak mahal namun indah.

Sebelum menuju ke pembahasaan hiasan rumah minimalis, cari tahu dulu deh taktik desain yang bisa kamu coba untuk menerapkan desain minimalis dikutip dari My Domaine berikut:

1 dari 5 halaman

Pilih Bagian Furnitur yang Berfungsi Ganda

Rumah minimalis memiliki prinsip nggak penuh dengan furnitur. Oleh karena itu, pilih barang yang bersifat multifungsi. Menurut dessainer Joshua Smith, memberikan ruang istirahat bagi mata berarti juga ngasih ruang kepada pikira buat istirahat juga. Contoh yang dia berikan yakni keranjang pakaian dengan penutup yang nggak cuman menambahkan tekstur pada desan tapi juga menyembunyikan kekacauan rumah.

Sertakan Elemen Alami pada Furniture Rumah

Tanaman adalah cara mudah untuk mendapatkan ruangan yang indah tanpa banyak dekorasi yang bisa menghilangkan kesan minimalis rumah.

Satu tanaman hias berukuran besar atau beberapa tanaman hias kecil yang ditempatkan secara strategis di seluruh ruangan bakalan ngasih dampak yang signifikay pada ruangan. Khusus untuk ruang tamu, pilih tanaman sederhana namun tetap indah

Keep Simple

Saat memilih isi rumah berdesain minimalis, prioritaskan bentuk sederhana dan warna monokromatik netral. Selain keduanya menyenangkan secara visual, menambah daya tarik dan kehangatan pada sebuah ruangan.

“ Keduanya menyenangkan secara visual tanpa membuat terlalu sibuk, namun menambah daya tarik dan kehangatan pada sebuah ruangan,” catatnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini hiasan rumah minimalis

2 dari 5 halaman

Hiasan Rumah Minimalis - Cermin Bulat © Diadona

Cermin

Cermin dekorasi rumah minimalis yang memiliki kekuatan mengubah ruangan. Permukaan reflektif menciptakan ilusi ruang yang lebih besar, cocok banget untuk ruangan sempit. Menggunakan cermin adalah salah satu trik yang digunakan desainer interior untuk membuat ruangan terlihat lebih lapang dan luas.

Cermin besar akan menarik perhatian, desainnya berkontribusi dalam menghadirkan daya tarik visual. Selain itu cermin akan menyebarkan cahaya yang mengenainya ke seluruh ruangan. Bila ditempatkan di titik yangs strategis, cermin akan memaksimalkan cahaya alami jika rumah. Misalnya, cermin hias di ruang tamu, ruang makan hingga dalam dapur.

Yang paling penting nih, cermin bisa masuk ke dalam berbagai desain rumah, termasuk desain rumah minimalis.

Hiasan Rumah Minimalis - Tanaman Indoor © Diadona

Tanaman Indoor

Mendekor rumah dengan tanaman memiliki banyak manfaat, lho! Tanaman menghasilkan oksigen, mengurangi stres sekaligus disebut mampu meningkatkan produktivitas bila ditempatkan di ruang kerja.

Dan ngomongin tanaman hias pada desain rumah dan gaya hidup minimalis, maka disarankan untuk memilih tanaman indoor sederhana yang mudah dirawat. Jangan sampai deh tanaman yang berlebihan justru bikin rumah kamu seperti hutan dan hidup kamu jadi repot karena terlalu banyak mengurusinya.

Beberapa tips memilih tanaman untuk hiasan rumah minimalis yakni :

  • Pilih tanaman yang ramping
  • Variasikan ukuran untuk jenis tanaman yang sama untuk menjaga biar kamu nggak merawat terlau banyak jenis tanaman
  • Untuk mengisi ruang kosong yang besar, gunakan pot dan tanaman besar lalu tempatkan di sudut ruangan.
  • Gunakan hiasan terarium kaca untuk hiasan rumah minimalis di meja.
  • Jangan ragu tempatkan tanaman di untuk mengisi rak yang kosong.

3 dari 5 halaman

Hiasan Rumah Minimalis - Karpet © Diadona

Karpet

Saat memberikan hiasan rumah minimalis dengan karpet, penting untuk fokus pada karpet yang nggak mengganggu. Penekanannya bukan pada jenis karpet melainkan pada tampilan dan nuansa karpet itu sendiri.

Beberapa jenis karpet ini cocok banget untuk desain rumah minimalis, di antaranya:

Permadani abstrak dan berwarna solid:

Permadani berwarna solid dengan nada netral seperti putih, krem, abu-abu, atau hitam dapat menambah tekstur dan kehangatan pada ruang minimalis tanpa menonjolkan kesederhanaan desain.

Karpet bermotif geometris yang lebih sederhana:

Seperti garis-garis, kotak, atau lingkaran dapat menambah daya tarik visual dan tekstur pada ruang minimalis sambil tetap mempertahankan tampilan yang bersih dan rapi.

Karpet tebal

Karpet tebal dengan tekstur mewah dapat menambah kedalaman dan kenyamanan pada ruang minimalis, tetapi penting untuk memilih permadani dengan desain yang sederhana dan bersahaja untuk menghindari ruang yang berlebihan.

Hiasan Rumah Minimalis - Bingkai Foto © Diadona

Bingkai Foto

Bingkai foto memainkan peran penting dalam menambahkan elemen kreatif ke rumah seraya memamerkan cerita melalui gambar.

Bingkai foto dapat menambah karakteristik unik pada aura ruangan. Bahan bingkai foto dapat menjadi faktor kunci terhadap 'rasa' atau 'suasana' yang ditambahkannya, dan karenanya harus dipertimbangkan saat memilihnya.

Sebagai hiasan rumah minimalis, pilih bingkai yang sederhana. Bingkai kayu misalnya mampu memberikan aksen dan menyempurnakan foto tanpa membuatnya berlebihan. Sementara itu bingkai logam ngasih estetika yang klinis dan bersih. Pilih di antara dua jenis bahan tersebut yang sesuai dengan tema ruangan.

Mau mencoba bingkai foto dari kardus? Kamu bisa membuatnya sendiri.

4 dari 5 halaman

Hiasan Rumah Minimalis - Rak Tempel Dinding © Diadona

Rak Tempel Dinding

Rak ini memang nggak hanya berfungsi sebagai hiasan rumah minimalis tapi adalah pilihan yang bagus untuk menambah ruang penyimpanan. Rak tempel dinding memakan sedikit ruang tanpa menggunakan ruang lantai, trus ideal dan serba guna ditambahkan pada ruangan kecil.

Bentuknya sederhana, ramping, dengan tampilan yang bersih. Desainnya cantik dan menonjolkan fungsi, sehingga sesuai banget dengan prinsip rumah minimalis.

Hiasaan Rumah Minimalis - Lampu © Diadona

Lampu Minimalis

Bagaimana agar lampu bsia menjadi hiasan rumah minimalis? Salah satu cara yang mudah yakni dengan memilih lampu berbahan dasar logam dan kaca. Trus pastikan kualitas daripada kuantitas penerangan.
Pilih lampu dengan desain sederhana, elegan serta kuat trus hindari lampu yang teralu dekoratif.

Nah trus untuk menghindari terlalu banyak lampu, pilih lampu dengan kuantitas dan cahaya yang tepat.

5 dari 5 halaman

Hiasan Rumah Minimalis - Bantal Beraksen © Diadona

Bantal Beraksen

Walaupun ruang minimalis, kamu tetap membutuhkan bantal di ruang keluarga untuk mengistirahatkan kepala. Di ruang minimalis, bantal ini dapat menyatukan warna dan tekstur favorit kamu.

Bantal ini bisa jadi dekorasi menonjol dalam ruangan monokrom sekaligus menambah dimensi dan lapisan pada ruangan tanpa terlihat penuh.

Hiasan rumah minimalis nggak cuman punya fungsi estetik, tapi juga fungsi sebagai perabotan. Tampilannya sederhana namun tetap cantik.

Beri Komentar