25 Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur Sederhana di Lahan Kecil

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 14 Agustus 2023 11:09
25 Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur Sederhana di Lahan Kecil
Ada denah rumah minimalis dua kamar tidur type 36, rumah berukuran 7x9 meter dan juga rumah minimalis di lahan memanjang.

Rumah dengan desain minimalis dua kamar saat ini menjadi pilihan bagi pasangan muda. Ukurannya minimalis sehingga bisa diterapkan di lahan sempit dan budget terbatas, rumah di area perkotaan, atau perencanaan rumah tumbuh.

Sebelum membangun, pastikan kamu sudah memiliki denah rumah minimalis dengan dua kamar tidur tersebut untuk memudahkan pembangunan. Denah rumah bertujuan untuk memberikan gambaran struktur suatu rumah secara keseluruhan. Denah rumah juga jadi panduan pekerja konstruksi hingga membantu kamu menentukan desain interior.

Buat mencari inspirasi denah rumah minimalis 2 kamar tidur, di artikel berikut Diadona ngasih kamu sederet denah rumah mulai dari rumah di lahan 6x8, rumah di lahan memanjang. Ada juga nih denah rumah tumbuh yang memungkinkan kamu untuk membuat rumah 3 kamar tidur nantinya.  Kepoin yuk!

 

1 dari 25 halaman

Denah dan Desain Rumah Minimal 2 Kamar Tidur 6 x 8 meter

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Untuk menampilkan kesan luas, denah rumah minimalis dua kamar tidur ini menyatukan ruang tamu, ruang makan dan dapur. Ruang tamu juga sekaligus jadi ruang keluarga dan menonton televisi.

Jangan lupa gunakan warna cat rumah yang terang untuk membantu ruang terasa lebih luas.

2 dari 25 halaman

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur Type 36

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Salah satu tips yang bisa kamu terapkan pada rumah bertype 36 di atas adalah dengan menambah cermin besar. Di denah rumah minimalis 2 kamar tidur di atas, cermin di ruang tamu misalnya, bisa meningkatkan ukuran visual rumah.

Bahkan nih beberapa orang menjadikan seluruh dinding sebagai cermin. Selain bikin ruangan nampak lebih luas, juga membantu menyebarkan cahaya ke seluruh rumah.

 

3 dari 25 halaman

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 7 x 9 meter

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Dengan lebar 7 meter, denah rumah minimalis 2 kamar tidur di atas menghadirkan kamar mandi dengan ukuran kecil dan memanjang. Tapi tentu itu tak jadi soal. Sebab, ada banyak inspirasi interior kamar mandi minimalis berukuran sempit yang cantik dan fungsional.

4 dari 25 halaman

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 2 Kamar Mandi

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Walaupun rumah berukuran kecil, namun dengan tata letak yang tepat, kamu tetap bisa memiliki kamar tidur dengan kamar mandi dalam, lho!

Dikutip dari Aparment Therapy, keberadaan kamar mandi dalam dapat menjaga dan menambah privasi penggunanya. Sebab, mereka nggak harus berbagi dengan pengguna kamar mandi lainnya.

Punya kamar mandi dalam juga cocok buat kamu yang cenderung menghabiskan banyak waktu di kamar mandi.  Jadi nggak akan mengganggu yang lain deh!

5 dari 25 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Salah satu tips jadul menata ruangan agar lebih luas adalah dengan mengurangi partisi. Hal tersebut diaplikasikan juga dalam denah dan desain rumah minimalis dua kamar tidur di atas, di mana bagian dapur, ruang makan dan ruang tamu dibiarkan tanpa sekat.

Tips lainnya yakni gunakan warna cat tembok dan langit-langit berwarna terang.

6 dari 25 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur di Bentuk Memanjang

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Tips lain dalam menata dan mendesain rumah minimalis dua kamar di lahan sempit yakni dengan menggunakan pintu geser. Berbeda dengan pintu konvensional, pintu geser nggak membutuhkan ruang untuk daun pintu berayun ke dalam.

Dalam denah rumah minimalis 2 kamar tidur di atas, salah satu kamar mandi bisa kamu alih fungsikan sebagai ruangan mushola.

7 dari 25 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Berada di lahan memanjang, dua kamar tidur terletak berdampingan dengan kamar mandi berada di ujung. Bagian depan kamar mandi bisa kamu manfaatkan sebagai ruang cuci lho!

Sementara itu area ruang makan, ruang tamu dan dapur yang menyatu memberikan kesan luas dan terbuka pada rumah. Area dapur memang akan terekspose, namun itu justru akan mendorong kamu agar dapur terus rapi, bukan?  

8 dari 25 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Nah kalau rumah kamu memiliki akses ke bagian samping rumah, kamu bisa menempatkan pintunya  seperti pada denah rumah minimalis di atas. Dengan demikian, bagian dapur dan ruang makan mendapatkan aliran udara dan cahaya yang cukup karena berada di bagian depan rumah.

9 dari 25 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Denah rumah minimalis di atas menunjukkan rumah berada di lahan memanjang. Dapur, tempat tidur dan kedua kamar terletak di bagian depan, memungkikan udara dan cahaya masuk ke dalam rumah secara maksimal.

Manfaatkan bagian belakang sebagai ruang penyimpanan, kamar mandi, atau mushola. Walaupun berukuran kecil, namun menerapkan tata letak yang pas, warna cat terang dan pencahayaan maksimal, partisi minimal, akan membuat rumah nampak lebih lega.

10 dari 25 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 5 x 8 meter

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur Ukuran 6x8 © Diadona

Seperti pada gambar, denah rumah minimalis 2 kamar tidur di atas dibangun dengan ukuran 5 x 8 meter. Mungil sekali bukan? Tapi bila ditata dengan apik, rumah sempit pun akan memberikan nilai fungsional yang maksimal. 

Beberapa tips berikut ini bisa kamu terapkan agar rumah mungil tak terasa menyesakkan :

  1. Jaga rumah tetap rapi. Soalnya nih, rumah yang berantakan akan terasa lebih sempit ketimbang aslinya.
  2. Gunakan warna-warna netral seperti krem, pastel atau putih untuk membuat ruangan terlihat lebih luas.
  3. Buat plafon yang tinggi. 
  4. Pasangan banyak jendela. Nggak cuman sebagai pintu masuk cahaya, namun jendela membantu membuat rumah terasa lebih besar.
  5. Tempatkan cermin berukuran tinggi tubuh kamu. Nggak cuman jadi dekorasi, tapi cermin bisa meningkatkan ukuran visual rumah. 

11 dari 25 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Yang unik dari denah rumah minimalis 2 kamar tidur di atas yakni penempatan pintu yang tak langsung mengarah pada ruang tamu. Setelah melalui pintu masuk, kamu akan melintasi foyer lalu melintasi dapur terbuka, meja makan dan ruang tamu. 

Keberadaan foyer memang bukan sesuatu yang umum di rumah-rumah Indonesia. Di negara 4 musim, foyer berguna sebagai pemisah antar ruang dan bisa menghambat agar udara dingin dari luar nggak langsung masuk ke dalam rumah.

12 dari 25 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Sedangkan untuk kamu yang punya lahan lebih luas, denah rumah minimalis dua kamar di atas bisa kamu terapkan nih. Ruang tamu yang luas membuat aktivitas menonton tv dan menerima tamu bisa dilakukan di area terpisah.

Selain itu, ada teras belakang rumah yang akan memberi pasokan pemandangan cantik, cahaya serta udara ke dalam rumah.

13 dari 25 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Berada di lahan terbatas, denah rumah minimalis ini hanya memungkinkan keberadaan ruang tamu, dapur, dua kamar tidur serta satu kamar mandi. Tak ada ruang tengah, hanya sebuah lorong sempit menuju dua kamar.

Sebenarnya sih agar lebih efisien, pintu salah satu kamar bisa dipindahkan sehingga menghadap ruang tamu. Namun bila kamu menginginkan privasi lebih, tata letak seperti di gambar dalah opsi yang tepat. 

14 dari 25 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur Bentuk L

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Bingung menentukan denah rumah minimalis dua kamar di lahan bentuk L? Inspirasi di atas semoga bisa membantu ya!

Kamar mandi rumah bisa kamu pindah sehingga berada di antara kedua kamar. Dengan demikian, ruang makan bisa menempati di area kamar mandi sebelumnya. Bagian ini bisa kamu biarkan terbuka tanpa partisi dan ruangan jadi lebih luas. 

15 dari 25 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Pintu dua kamar tidur dan kamar mandi dalam denah rumah minimalis di atas terletak pada sebuah lorong sempit. Namun penataan demikian membuat dapur jadi memiliki sisi ruang yang luas. Begitu pula pada ruang tamu.

Hal ini memungkinkan kedua ruang memiliki ruang gerak luas dan fungsi kerja yang maksimal.

16 dari 25 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Denah rumah minimalis dua kamar berikut menyerupai denah pada gambar sebelumnya. Nampak lorong kecil yang berujung pada ketiga pintu dua kamar tidur dan kamar mandi.

Meski hanya emmiliki satu kamar mandi, namun letaknya berada di tengah rumah dan mudah diakses dari mana saja.

Namun dengan demikian, ada satu sisi dinding ruang tamu yang bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk rak tv, misalnya, atau memasang cermin di seluruh sisi untuk memberikan visual ruangan lebih luas.

 

17 dari 25 halaman

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar © Diadona

Semakin banyak garis potongan', barang-barang dan pola yang kamu miliki dalam sebuah ruangan, maka ruangan tersebut akan terlihat berantakan. Maka solusi bila kamu memiliki rumah sempit yakni hindari menggunakan terlalu banyak pernak-pernik atau warna berlebihan.

Bila kamu menggunakan warna putih sebagai dasar ruangan, boleh banget kok menambahkan 2-3 macam warna lainnya biar ruangan tampak lebih hidup. Warna tersebut bisa kamu terapkan pada sofa di ruang tamu minimalis.

18 dari 25 halaman

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur dengan Dapur dan Taman di Belakang Rumah

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur dengan Kamar Mandi Dalam © Diadona

Menyisakan sedikit ruang di dapur untuk taman belakang rumah adalah ide yang brillian. Keberadaannya bisa ngasih pasokan udara dan cahaya untuk dapur yang cenderung gelap dan lembab.

Untuk membuat taman tersebut, jangan lupa gunakan atap dan kanopi yang cukup untuk mengurangi percikan air saat hujan turun. Bila tak ingin repot dengan saluran air dan lainnya, kamu bisa menerapkan konsep taman kering lho!

19 dari 25 halaman

Desain dan Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Mewah dengan Taman Belakang

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur Mewah © Diadona

Rumah mewah selalu identik dengan desain rumah minimalis yang punya banyak kamar. Namun tentu yang paling penting adalah mendesain rumah sesuai dengan kebutuhan dan selera pemiliknya, bukan?

Untuk kesan mewah di rumah sempit, pemilihan desain interrior sangat penting. Pertama, gunakan warna-warna putih atau mengkilap agar memantulkan cahaya, memberi kesan ruangan lebih luas.

Dalam denah dan desain rumah minimalis 2 kamar tidur di atas, tambah cermin besar di dinding ruang makan untuk memberi ilusi ruangan lebih luas hingga dua kali lipat.

20 dari 25 halaman

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 2 Kamar Mandi

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur 2 Kamar MAndi © Diadona

Memiliki kamar mandi di dalam kamar berarti memberikan privasi lebih kepada penghuninya. Namun bila berada di lahan sempit, denah dan deasin rumah minimalisnya harus benar-benar diperhatikan.

Misalnya dengan menyatukan ruang tamu, ruang makan dan juga dapur tanpa sekat untuk memberikan kesan keterbukaan dan luas. 

 

21 dari 25 halaman

 Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

Taman belakang di bagian rumah akan ngasih supply udara dan cahaya yang cukup bagi ruang tamu, ruang makan dan juga dapur. Gunakan pintu kaca dorong untuk memaksimalkan jalan masuk cahaya tanpa makan banyak ruang.

 

22 dari 25 halaman

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur © Diadona

 

23 dari 25 halaman

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur di Lahan Sempit

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur dengan Kamar Mandi Dalam © Diadona

Untuk rumah yang sempit, gunakan warna putih. Udah bukan rahasia umum lagi kan kalau warna putih ngasih efek refleksi pada ruangan yang membuatnya tampak lapang, ringan dan luas. Warna putih juga bikin ruangan terasa nyaman dan tenang.

Mengecat dinding dan langit-langit dengan warna putih yang sama hanya akan meningkatkan efek seperti awan ini. Dan itu berfungsi untuk mengaburkan batas antara dinding dan sel, menyebabkan mata bergerak ke atas dan pada akhirnya membuat langit-langit rumah tampak lebih tinggi. 

24 dari 25 halaman

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur di Lahan Sempit © Diadona

Saat punya ruangan sempit, menghilangkan sekat antar ruangan membuat ruangan jadi terkesan luas dan lapang. Agar lebih maksimal, dorong semua furniture menempel ke dinding. Namun pastikan peletakan barang-barang tersebut tak menghalangi lalu-lalang kamu yah!

25 dari 25 halaman

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Memanjang

Denah dan Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Memanjang © Diadona

Berbeda dengan sebelumnya, ruang tamu pada denah dan desain rumah minimalis di atas berada di darea depan, tak menjadi satu dengan area ruang makan dan juga dapur.

Agar ruang tamu nampak luas, kamu bisa menghilangkan kamar mandi dalam yang dimiliki oleh salah satu kamar. Hasilnya dengan ukuran 6 meter, ruang tamu dan kamar tidur memiliki ukuran masing-masing 3 meter.

Untuk memberi kesan luas pada ruang tamu, salah satu tips yang bisa kamu terapkan yakni gunakan sofa dan meja ruang tamu berkaki ramping. Ini untuk menciptakan ilusi ruangan lebih luas. Sebab, perabotan yang ramping memungkinkan cahaya dan udara mengalir nggak cuman di ruangan bagian atas tapi juga di bagian bawah dan sekitarnya.

Deretan denah dan desain rumah minimalis dua kamar tidur di atas memberikan potensi pemanfaatan setiap ruangan secara maksimal, walau di lahan terbatas.

 

 

 

 

Beri Komentar