Kenapa sih Tiba-Tiba Jadi Enggak Suka Lagi Makanan Favorit saat Hamil?

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 4 September 2020 15:30
Kenapa sih Tiba-Tiba Jadi Enggak Suka Lagi Makanan Favorit saat Hamil?
Ternyata ini lho penyebabnya Moms.

Selama kehamilan, ngidam dan jadi enggan makan makanan tertentu jadi hal yang umum dialami oleh ibu hamil. Bahkan, nggak sedikit juga ibu hamil yang jadi nggak suka makan makanan yang sebelumnya mereka sukai.

Hal ini tentu saja nggak lepas dari perubahan pada tubuh yang dialami selama kehamilan. Nah, kira-kira apa sih yang menyebabkan ibu hamil jadi nggak suka makan makanan favorit? Langsung saja, berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi ibu hamil kehilangan nafsu makan © Diadona

Melansir dari Boldsky, seringkali keengganan makan ini bahkan pada makanan favorit muncul dengan sendirinya dan biasanya terjadi saat trimester pertama. Saat Moms mulai enggan makan, hal pertama yang mungkin Moms perhatikan yakni meningkatnya air liur.

Hal ini bisa menyebabkan rasa logam yang pahit di mulut. Saat kehamilan mulai berlanjut, Moms mungkin mulai menyadari bahwa Moms nggak menyukai makanan tertentu, bahkan makanan favorit sekalipun.

Tapi ada kemungkinan juga Moms bahwa keengganan makan ini bisa berubah. Misalnya, saat awal kehamilan Moms nggak menyukai makanan tertentu, namun di trimester akhir Moms malah memakan makanan itu.

2 dari 4 halaman

Penyebab Enggan Makan Makanan Tertentu saat Hamil

Lalu apa sih penyebabnya? Berikut, sederet penyebab ibu hamil jadi enggan makan makanan tertentu selama kehamilan.

1. Hormon HCG (Human chorionic gonadotropin)

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Dr. Anjali Kaimal, seorang dokter sesialis kandungan di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Boston, Amerika Serikat mengungkap bahwa hormon HCG menjadi penyebab awal ibu hamil jadi enggak suka dengan makanan tertentu.

HCG sendiri memainkan peranan penting Moms selama kehamilan. Hormon ini cenderung mencapai puncaknya saat kehamilan memasuki usia 11 minggu. Lalu, akan menurun. Sekitar minggu ke 11 inilah sebagian besar wanita mengeluhkan enggan makan makanan tertentu.

3 dari 4 halaman

2. Meningkatnya Air Liur

Perubahan hormon selama kehamilan membuat ibu mengalami peningkatan air liur. Nah, air liur yang meningkat ini biasanya membawa serta rasa logam yang pahit di mulut Moms.

Karena rasa pahit inilah yang jadi alasan wanita hamil jadi enggan makan atau menghindari makanan tertentu.

3. Morning sickness

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Biasanya, ibu hamil mengalami enggan makan di sekitar waktu yang sama saat mereka mengalami morning sickness. Morning sickness dan enggan makan dipercaya memiliki keterikatan satu sama lain. Hal ini umumnya terjadi pada trimester pertama yang membuat ibu hamil jadi nggak menyukai makanan tertentu, bahkan bisa juga makanan favorit.

4 dari 4 halaman

4. Indera Penciuman dan Perasa yang Lebih Sensitif

Selama kehamilan, indera penciuman dan perasa wanita cenderung meningkat. Nah, makanan apapun yang memiliki bau yang kuat bisa menyebabkan wanita merasa mual. Hal ini bisa jadi penyebab lainnya wanita enggan makan. 

So, itu dia Moms sederet informasi mengenai enggan makanan makanan favorit selama hamil. Kalau Moms, mengalami hal ini juga nggak selama kehamilan?

Beri Komentar