20 Desain Ruang Tamu Teras Perumahan yang Minimalis dan Elegan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 6 Juli 2023 20:20
20 Desain Ruang Tamu Teras Perumahan yang Minimalis dan Elegan
Ruang tamu teras perumahan berikut ini ngasih kamu inspirasi dalam menyiasati rumah mungil.

Rumah di perumahan tak cukup luas untuk menyediakan seluruh ruangan bagi kebutuhan dan kenyamanan keluarga? Nah, kamu bisa memanfaatkan seluruh lahan semaksimal mungkin, salah satunya dengan menempatkan ruang tamu di teras rumah kamu. 

Teras rumah memang merupakan area yang berada di luar rumah. Teras memiliki banyak fungsi sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah, namun biasanya digunakan untuk tempat bersantai, menyambut tamu, atau meletakkan barang-barang.

Namun kamu bisa menyulapnya menjadi ruang tamu minimalis dan cantik untuk kamu yang memiliki rumah sempit. Nggak hanya itu, memfungsikan teras sebagai ruang tamu juga cocok untuk kamu yang ingin menjadikan rumah sebagai area yang benar-benar privat.

Dengan menyulap teras sebagai ruang tamu, area dalam rumah jadi lebih lega sehingga bisa kamu manfaatkan sebagai ruang lainnya. Selain itu, ruang tamu juga memiliki pencahayaan serta sirkulasi udara yang baik karena berada di luar rumah.

Untuk membuat ruang tamu di teras, tentu kamu membutuhkan teras yang bisa menampung kursi dan meja untuk menjamu tamu. Pastikan juga teras rumah kamu memiliki atap untuk melindungi dari hujan dan sinar matahari.

Selain itu pastikan di perumahan kamu nggak ada batasan atau persyaratan khusus terkait penggunaan teras rumah.

Untuk meyakinkan kamu bahwa bikin ruang tamu di teras perumahan adalah ide yang oke banget, berikut ini Diadona hadirkan inspirasi desain ruang tamu di teras rumah minimalis dan juga cantik! Scroll terus ya!

1 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Minimalis

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Ruang tamu di teras perumahan akan makin cantik dengan keberadaan tanaman. Untuk memudahkan perawatan, pilih taman kering. Seperti namanya, taman kering menggunakan pasir dan batu-batuan di antara tanaman.

Dengan demikian saat disiram air akan meminimalisir cipratan tanah karena tertutup oleh batu. Tanaman yang digunakan juga jenis yang tak memerlukan banyak air.

Untuk tampilan bersih dan minimalis, kamu bisa menggunakan warna putih sebagai konsep ruang tamu teras rumah seperti gambar di atas.

2 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Perumahan Bernuansa Kayu

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Suasana hangat dan nyaman terpancar banget dari desain ruang tamu teras perumahan di bawah ini. Menggunakan ornamen kayu dan tumbuhan hijau, ruang tamu ini dijamin bikin kamu betah!

Penggunaan atap transparan pada teras rumah ini nggak cuman untuk memaksimalkan cahaya masuk tapi juga membantu keberlangsungan hidup tanaman.

3 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Rumah Sempit

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Walaupun teras rumah kamu sempit di samping pintu depan rumah, namun dengan penataan yang tepat seperti gambar di atas, jadi deh ruang tamu yang cantik dan nyaman. Gunakan desain yang konsisten antara bagian dalam rumah dan juga teras.

4 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Walaupun terkesan sederhana, tapi menyiapkan tema ruang tamu di teras perumahan juga penting lho! Seperti gambar di atas yang mengusung konsep mediterania, ditunjukkan dengan cat tembok warna dasar putih atau krem pasir, dominasi ornamen lengkungan dan karpet bercorak.

5 dari 19 halaman

RuangTamu Teras Perumahan dengan Lampu Taman

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Tambahkan lampu taman untuk membantu menciptakan suasana yang diinginkan taman. Misalnya nih cahaya hangat atau cahaya lembut ngasih kesan romantis dan tenang

6 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Trus dengan memposisikan pencahayaan dengan bijak, kamu dapat menyoroti elemen estetik taman yang ingin dipamerkan. Misalnya, pohon yang indah, patung, air mancur, atau tanaman hias tertentu.

7 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Rumah Subsidi

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Desain ruang tamu teras perumahan pada umumnya cocok banget untuk rumah subsidi dengan luas terbatas. Sehingga bagian dalam rumah bisa dimanfaatkan untuk ruang yang lebih privat.

8 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Perumahan dengan Rumut Sintetis

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Biar rapi, mudah dirawat namun tetap ngasih nuansa hijau yang adem, kamu bisa memamnfaatkan rumput sintetis. Harganya memang mahal hingga mencapai Rp. 200 ribu untuk 2x1 meter rumput, namun bisa ngasih keindahakan layaknya rumput alami.

Hanya saja perhatikan agar rumput tak terkena hujan. Sebab bila basah, rumput sintetis bisa mengeluarkan bau tidak sedap.

9 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Ruang tamu teras rumah outdoor berikut ini punay nuansa gaya boho modern, perpaduan warna alami, tekstil, dan dekorasi dinding ruang tamu yang melimpah. Cat bata putih dan beberapa aksen hitam menambah sentuhan grafis.

10 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Rumah yang Nyaman

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Kamu nggak memerlukan teras yang luas buat bikin ruang tamu terasa cozy dan nyaman. Seperti potret di atas nih di mana cukup dengan kursi dan meja rotan, ruang tamu bisa jadi tempat nongkrong yang menyenangkan.

11 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Untuk kamu yang ingin keep it simple, desain ruang tamu teras perumahan ini kayaknay cocok banget untuk kamu. Awali dengan teras bercat warna netral dan tambahkan satu set kursi tamu. Selanjutnya, biarkan kreativitasmu bekerja.

12 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Rumah dengan Tanaman

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Tanaman adalah hiasan paling murah dan mudah untuk membuat ruangan jadi ribuan kali lebih indah. Seperti ruang tamu di teras pada gambar di atas yang menyulap ruangan kecil di depan rumah jadi super apik!

Bila tak ada pohon untuk bikin rumahmu makin adem, kamu bisa siasati dengan tanaman gantung.

13 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Tipsnya, jangan menambahkan tanaman secara berlebihan dalam ruangan dan perhatikan jenis tanaman sesuai dengan kondisi cahaya ruangan.

14 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Rumah dengan Sofa Rotan

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Bila was-was terkena hujan dari pagar rendah, si empunya rumah memilih menggunakan kursi plastik rotan yang tahan air. Bantalan kursinya juga dipilih dari bahan karet yang mudah dilap.

15 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Salah satu kelebihan ruang tamu teras rumah yakni kamu tak perlu menyalakan lampu di siang hari. Tapi pastikan di waktu tersebut, ruang tamu tetap cukup teduh sehingga kamu tak perlu kepanasan ya!

16 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Kursi kayu dengan lampu-lampu hias temaram, dijamin bikin teman-teman kamu akan betah nongkrong dan nggak mau pulang. Selain untuk menjamu tamu, ruang tamu berikut juga bisa kamu gunakan sebagai spot bersantai bersama keluarga.

17 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Pemilihan motif ubin ruang tamu teras ternyata memberikan karakter tersendiri dalam ruangan ya! Nggak hanya memancarkan aura minimalis, tapi juga elegan walau dengan furniture sederhana.

18 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Bila keseluruhan desain rumahmu adalah industrial, maka dekorasi ruang tamu teras perumahan di atas cocok banget untukmu nih! Inspirasinya yakni mengekspose dinding beton abu-abu, menggunakan warna netral dan monokrom di setiap elemen ruangan dan juga memaksimalkan bukaan. Penggunaan furniture, aksesoris juga juga bertema modern atau vintage

19 dari 19 halaman

Ruang Tamu Teras Perumahan © Diadona

Dengan keberadaan atap dan dinding untuk menjaga privasi tamu, tetap pastikan ruang tamu di teras kamu memiliki sirkulasi udara yang baik ya walau pintu pagar sedang tak terbuka. Salah satunya yakni dengan membuat dinding dengan ketinggian yang pas.

Ruang tamu teras perumahan berikut ini ngasih kamu inspirasi dalam menyiasati rumah mungil. Nah menurut kamu desain mana nih yang paling kamu suka?

Beri Komentar