Waspada, Gigi Berlubang Bisa Memicu Penyakit Jantung!

Reporter : Mila
Selasa, 16 November 2021 07:57
Waspada, Gigi Berlubang Bisa Memicu Penyakit Jantung!
Jangan anggap remeh gigi berlubang.

Menjaga kesehatan mulut terutama gigi adalah salah satu langkah krusial demi terciptanya tubuh yang sehat. Kondisi gigi yang buruk bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu masalah yang sering dijumpai adalah gigi berlubang. Nyatanya, penyakit ini kerap dikaitkan dengan penyakit jantung.

Bagaimana hubungan antara gigi berlubang dan kesehatan jantung? Intip penjelasannya ya!

1 dari 5 halaman

Pengaruh Gigi Berlubang terhadap Kesehatan Jantung

Gigi berlubang terjadi ketika bakteri penyebab pembusukan bersentuhan dengan gula dan pati dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kemudian, bakteri tersebut menghasilkan asam yang menyerang lapisan permukaan gigi.

Jika gigi berlubang tidak segera diatasi, lama kelamaan lubang tersebut akan bertambah besar dan dalam hingga menembus rongga pulpa. Rongga ini berisi saraf-saraf dan pembuluh darah. Saat kerusakan sudah mencapai rongga pulpa, bakteri penyebab gigi berlubang bisa dengan cepat menyebar dan masuk ke aliran darah yang menuju jantung.

2 dari 5 halaman

Ketika bakteri tersebut mencapai jantung, mereka bisa menempel dan menyebabkan peradangan. Peradangan tersebut menyebabkan penyakit seperti endokarditis, yaitu infeksi pada lapisan dalam jantung.

Melansir American Heart Association, kondisi kardiovaskular lainnya seperti aterosklerosis atau kondisi penyumbatan arteri juga dikaitkan dengan peradangan yang disebabkan oleh bakteri di mulut.

Bakteri tersebut menuju pembuluh darah arteri dan menimbulkan plak yang tumbuh pada dinding bagian dalam jantung. Kondisi ini membatasi aliran darah ke jantung.

3 dari 5 halaman

Kebiasaan untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Ilustrasi Menyikat Gigi © Diadona

Pepatah yang mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati sepenuhnya benar jika dikaitkan dengan konteks kesehatan gigi. Cara terbaik untuk mencegah penyakit jantung karena infeksi gigi adalah menjalani gaya hidup sehat, serta merawat kesehatan gigi dan mulut, seperti:

  • Sikat gigi dua kali sehari secara teratur
  • Pakai pasta gigi yang mengandung fluoride
  • Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi
  • Rutin kontrol ke dokter gigi

4 dari 5 halaman

Waktu yang Tepat untuk Menyikat Gigi

Ilustrasi Menyikat Gigi © Diadona

Idealnya, semakin rajin menyikat gigi maka akan menurunkan risiko masalah kesehatan. Tapi, ada beberapa waktu krusial yang sebaiknya dilakukan untuk menyikat gigi.

Periode waktu tersebut antara lain pada pagi hari setelah sarapan serta malam sebelum tidur.

5 dari 5 halaman

Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Ilustrasi Cara Menyikat Gigi © Diadona

Menyikat gigi ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan lho! Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar terhindar dari gigi berlubang parah:

  • Pastikan bulu sikat menyentuh gigi dan tepi gusi
  • Sikat secara perlahan bagian luar gigi dengan gerakan memutar ke depan dan belakang
  • Bersihkan juga permukaan kunyah gigi dengan gerakan perlahan maju dan mundur, serta permukaan bagian dalam dengan gerakan memutar
  • Buatlah gerakan naik dan turun memakai sikat gigi secara vertikal
  • Terakhir, sikatlah lidah.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar