12 Cara Diet Tanpa Olahraga, Cocok Buat Kaum Mager yang Ingin Turun Berat Badan Nih!

Reporter : Arifina
Kamis, 3 Agustus 2023 20:50
12 Cara Diet Tanpa Olahraga, Cocok Buat Kaum Mager yang Ingin Turun Berat Badan Nih!
Diet tanpa olahraga bisa banget dijalankan dengan memperhatikan beberapa cara berikut ya!

Memiliki tubuh yang sehat dan ideal merupakan impian banyak orang. Tak ayal, banyak orang melakukan diet untuk mendapatkan proporsi tubuh yang bagus.

Diet yang bagus umumnya harus diimbangi dengan olahraga. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk berolahraga dengan rutin.

1 dari 13 halaman

Ilustrasi Wanita Diet © Diadona

Nah, melakukan diet tanpa olahraga sebenarnya bisa tetap menghasilkan lho! Asal kamu memperhatikan caranya dengan tepat.

Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber cara diet tanpa olahraga tapi ampuh turunkan berat badan. Apa saja ya? Yuk, disimak!

2 dari 13 halaman

1. Mengontrol Asupan Kalori

Menjalankan diet tanpa olahraga tapi tetap bisa menurunkan berat badan dengan signifikan maka perlu memperhatikan asupan kalori harian. Kamu bisa mengontrol asupan kalori dengan cara makan makanan yang lebih sehat.

Bila perlu, hitung jumlah kalori harian yang diperlukan tubuh. Sehingga, makanan yang masuk ke tubuh bisa kamu atur dengan tepat.

3 dari 13 halaman

2. Pilih Makanan yang Banyak Mengandung Protein

Dilansir dari healthline, protein memiliki efek pada hormon yang bisa mengatur rasa lapar dalam tubuh. Karena itu, saat menjalankan proses diet menu makanan berprotein tinggi sangat dianjurkan.

Protein juga mampu memberi efek kuat yang mengenyangkan, mengurangi lapar, dan membuat kamu makan lebih sedikit.

 

4 dari 13 halaman

3. Kunyah Makanan dengan Pelan

Selain memperhatikan makanan yang masuk dalam tubuh, proses mengunyah makanan juga akan memngaruhi proses diet kamu lho! Dalam hal ini, kunyahlah setiap makanan dengan perlahan dan nikmati.

Mengunyah makanan dengan pelan akan membantu kamu merasa kenyang dan mengurangi jumlah makanan yang masuk ke tubuh. Mulai dipraktikkan ya!

5 dari 13 halaman

4. Pastikan Memilih Makanan Sehat

Cara Diet Tanpa Olahraga © Diadona

Saat menjalankan diet, sangat penting memperhatikan makanan yang akan dimakan. Karena kamu tidak berolahraga, pastikan untuk selalu makan makanan sehat setiap harinya ya!

konsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran, protein rendah lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, atau tahu, serta produk susu rendah lemak.

6 dari 13 halaman

5. Rutin Sarapan

Pastikan kamu tidak skip sarapan saat menjalankan diet ya! Ini adalah waktu makan yang paling penting bagi kamu yang tengah berupaya menurunkan berat badan.

Sarapan akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh, dan akan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan di siang dan malam hari.

7 dari 13 halaman

6. Makan dengan Piring Kecil

Penggunaan piring ternyata bisa berpengaruh dalam proses diet kamu. Pastikan kamu makan di piring kecil untuk menampung makanan.

Cara ini akan membantu kamu mengonsumsi makanan tinggi kalori seperti daging-dagingan, nasi lebih sedikit. Namun, jika kamu makan dengan kandungan serat tinggi justru disarankan menggunakan piring yang besar agar memiliki prosi yang lebih banyak.

8 dari 13 halaman

7. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat dinilai ampuh dalam proses penurunan berat badan. Makanan ini akan membantu merasa kenyang lebih lama.

Kamu bisa memilih jenis-jenis makanan dari berbagai tumbuhan, seperti biji-bijian, oat, asparagus, jeruk, dan kacang-kacangan.

9 dari 13 halaman

8. Hindari Makanan dan Minuman manis

Cara Diet Tanpa Olahraga © Diadona

Makanan dan minuman manis yang mengandung banyak gula perlu dihindari. Sebab gula mengandung kalori tinggi dan berefek buruk pada tubuh.

Kamu bisa mengganti makanan dan minuman manis dengan buah-buahan, air putih, atau teh tanpa gula. Mengurangi mengonsumsi gula bisa menurunkan berat badan, terhindar dari penyakit diabetes dan lainnya.

10 dari 13 halaman

9. Penuhi Asupan Air

Minum air dalam jumlah cukup sangat penting dalam membantu proses diet. Karena itu selalu penuhi kebutuhan air, dan biasakan minum sebelum makan ya!

Terkadang, perasaan haus bisa disalahartikan sebagai rasa lapar. Alih-alih mengonsumsi makanan, coba meminum segelas air setiap kali kamu merasa lapar di antara jam makan ya!

11 dari 13 halaman

10. Jangan Makan sambil Melihat HP

Makan dengan melihat layar HP ataupun alat elektronik lainnya dapat menyebabkan kamu tidak menyadari jumlah makanan yang dikonsumsi. Fokuslah pada makanan dan nikmati setiap suap yang kamu ambil.

Memperhatikan cara makan ini akan menjadikan kamu merasa kenyang lebih cepat dan mengonsumsi sedikit kalori lho!

12 dari 13 halaman

11. Tidur yang cukup

Tak hanya mengatur pola makan, namun kondisi tidur juga memengaruhi hasil diet kamu lho! Jika kamu kurang tidur maka dapat meningkatkan hormon ghrelin yang membuatmu merasa lapar.

Setidaknya kamu perlu tidur 7-8 jam per malam untuk menurunkan berat badan.

13 dari 13 halaman

12. Masak Sendiri

Tips Pola Makan Diet © Diadona

Alih-alih membeli makanan di luar, saat proses diet sebaiknya kamu mulai untuk masak sendiri di rumah. Dengan begitu kamu dapat menentukan asupan kalori yang masuk ke tubuh.

Kamu juga lebih tahu bahan apa saja yang lebih sehat untuk membantu proses diet kamu berjalan lancar.

Itulah cara diet tanpa olahraga yang bisa kamu jterapkan di rumah. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar