Cara Memasak Nasi di Kompor Tanpa Rice Cooker, Dijamin Pulen!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 5 Januari 2023 13:07
Cara Memasak Nasi di Kompor Tanpa Rice Cooker, Dijamin Pulen!
Meskipun dianggap sebagai metode jadul, tapi cara memasak nasi di kompor harus kamu kuasai lho!

Buat kamu yang berumur 20-an tahun pasti nyaris sudah tak lagi merasakan masak nasi di kompor bukan? Dengan rice cooker, masak nasi jadi super gampang. Tapi tahu nggak sih kamu gimana cara memasak nasi di kompor buat jaga-jaga nih misalnya suatu ketika kamu harus menghidangkan nasi saat tak aliran listrik?

Untuk cara memasak nasi di kompor, alat yang kamu perlukan hanyalah panci dan juga kukusan. Takaran perbandingan beras dan air tak jauh beda dengan memasak beras menggunakan rice cooker. Selain itu juga tak ada perbedaan waktu antara memasak nasi di kompor dan magic com.

Seperti apa caranya?

1 dari 2 halaman

1. Pertama, cuci beras hingga air cucian hampir bening. Cukup dua atau tiga kali cuci aja. Malahan nih beberapa jenis beras ada yang cuman satu kali cuci bahkan bisa tanpa dicuci sama sekali lho!

2. Tambahkan dengan air sesuai takaran. Biasanya nih takaran air untuk memasak nasi yakni pada ketinggian satu ruas jadi. Namun balik lagi, ini tergantung pada nasi yang dipakai ya! Khusus untuk membuat nasi untuk dimasak sebagai nasi goreng, gunakan beras pera atau kurangi takaran airnya.

3. Masak nasi di atas kompor dengan api sedang selama kurang lebih 10 menit. Aduk nasi sesekali agar tidak lengket di bagian bawah. Setelah air meyusut, matikan api, aduk sebentar agar bagian atas nasi pindah ke bagian bawah begitu juga sebaliknya.

5. Didihkan air di kukusan sesuai dengan batas takaran kukusan, pasang sekatnya.

6. Ketika air kukusan sudah mendidih dan berasap sangat banyak, masukkan nasi ke dalam kukusan. Masak selama kurang lebih 15 menit.

2 dari 2 halaman

Nah gimana kalau kamu lupa nggak menengok jam saat memasukkan nasi ke dalam kukusan dan lupa sudah berapa lama memasaknya? Kamu bisa mengecek kematangan nasi dengan mencolek nasi menggunakan tangan yang kering dan bersih. Bila buliran nasi tidak menempel di jari maka itu artinay nasi sudah matang dan siap disajikan.

Cara maska nasi di kompor memang tak sesimpl saat memasaknya dengan magic com, tapi ini adalah skill yang paling tidak harus kamu kuasai bila sewaktu-waktu ada kondisi darurat terjadi.

Cara memasak nasi di kompor sangatlah mudah bukan?

 

Beri Komentar