Terungkap Bahwa Perempuan Lebih Mudah Kedinginan Dibanding Laki-laki, Kok Bisa sih?

Reporter : Mila
Jumat, 10 Desember 2021 07:57
Terungkap Bahwa Perempuan Lebih Mudah Kedinginan Dibanding Laki-laki, Kok Bisa sih?
Ternyata ada alasannya lho!

Mungkin gak banyak orang yang tahu kalau perempuan lebih mudah kedinginan dibandingkan laki-laki. Dalam udara dingin, laki-laki lebih tahan dan mudah mengatasinya.

Kok bisa sih? Apa sajakah faktor penyebabnya? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

1 dari 3 halaman

Fakta Tentang Suhu Tubuh Manusia

Ilustrasi Dingin © Diadona

Tubuh manusia sebenarnya efisien dalam menjaga kestabilan suhunya. Saat merasa kepanasan, pembuluh darah di kulit akan melebar untuk melepaskan panas melalui kulit. Makanya, kulit jadi berkeringat dan terlihat agak memerah. Kebalikannya, saat merasa kedinginan, pembuluh darah di bawah kulit akan berkontraksi untuk menghemat panas.

Sebenarnya, tubuh yang menggigil adalah reaksi alami untuk menghasilkan panas tubuh dan menjaga suhu tubuh dalam kisaran yang aman. Banyak hal yang bisa memengaruhi perubahan suhu tubuh seseorang, seperti:

  • Ritme sirkadian (ritme pola hidup pemilik tubuh).
  • Tingkat aktivitas.
  • Penyakit yang sedang diderita.
  • Kehamilan (bagi perempuan).
  • Pemakaian kontrasepsi hormonal.

2 dari 3 halaman

Perbedaan Suhu Tubuh Perempuan dan Laki-laki

Ilustrasi Dingin © Diadona

Sebenarnya, tubuh perempuan dan laki-laki sama-sama bisa mempertahankan suhu seimbang secara alami. Tapi, ketahanan kulit saat terpapar suhu di luar tubuh berbeda-beda bagi setiap orang. Untuk suhu dingin, tangan dan kaki biasanya jadi yang paling pertama terpengaruh.

Selain itu, hasil penelitian yang membuktikan bahwa tubuh wanita biasanya jauh lebih dingin daripada tubuh pria. Melansir jurnal medis The Lancet, yang menyebutkan bahwa suhu tangan wanita 2.8 derajat C lebih rendah daripada tangan pria.

Berhubung perempuan pada umumnya bertubuh lebih kecil daripada pria, mereka cenderung lebih cepat kehilangan panas. Sementara itu, massa otot pria juga lebih besar, sehingga mampu menghasilkan panas tubuh lebih besar pula.

3 dari 3 halaman

Cara Agar Tubuh Tetap Hangat

Ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tubuh tetap terasa hangat:

  • Pakai pakaian yang lebih tebal.
    Sama seperti saat sedang meriang, pakai pakaian yang lebih tebal untuk menghalau suhu dingin pada tubuh. Misalnya: jaket atau sweater.

  • Makan secara teratur dan pilih yang bernutrisi tinggi.
    Dengan cara ini, kadar gula terjaga dan energi tersedia, sehingga tubuh tetap hangat.

  • Konsumsi herbal.
    Ginkgo biloba adalah obat tradisional yang sering digunakan untuk meningkatkan sirkulasi ke tangan dan kaki. Bawang putih dan jahe juga bisa secara efektif meningkatkan sirkulasi.

  • Tetaplah aktif berkegiatan fisik.
    Mulailah rajin berolahraga, bahkan yang sesederhana berjalan kaki. Dengan meningkatnya massa otot, tubuh akan menyimpan panas yang cukup untuk menghangatkan diri.

  • Kurangi atau hindari konsumsi alkohol dan kafein.
    Alkohol dan kafein sama-sama meningkatkan aliran darah ke kulit, sehingga tubuh kehilangan suhu hangat yang cukup. Inilah yang membuat tubuhmu lebih mudah kedinginan.

Beri Komentar