Punya Manfaat Bagus tapi Kebanyakan Minum Suplemen Vitamin C Juga Bisa Bahayakan Ginjal lho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 8 Desember 2021 17:03
Punya Manfaat Bagus tapi Kebanyakan Minum Suplemen Vitamin C Juga Bisa Bahayakan Ginjal lho!
Baik buat tubuh sih, tapi akalu berlebihan bahaya juga lho!

Vitamin C memang salah satu nutrisi penting bagi tubuh. kamu bisa mendapatkan asupan vitamin C ini dari buah-buahan, sayuran, makanan sehari-hari atau mengonsumsi suplemen vitamin C.

Tapi, minum suplemen vitamin C terlalu sering juga bisa membahayakan kesehatan tubuh karena toksisitas. Toksisitas ini bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare dan perasaan mual. Tterus ada juga yang bilang kalau kebanyakan minum vitamin C bisa bikin batu ginjal. Benarkah?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi SuplemenIlustrasi Suplemen © Shutterstock.com

Efek samping itu bisa terjadi bila kita mengonsumsi lebih dari 2.000 mg suplemen vitamin C sekaligus. Jika kamu mengalami diare atau mual ketika minum suplemen vitamin C, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut.

Minum vitamin C terlalu banyak juga bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal. Karena, tubuh mengeluarkan kelebihan vitamin C dalam tubuh sebagai oksalat.

2 dari 5 halaman

Pada beberapa kasus, oksalat mungkin mengikat mineral dan membentuk kristal. Karena itulah, suplemen vitamin C bisa menyebabkan batu ginjal.

Medical News Today menyatakan bahwa batu ginjal bisa menjadi kondisi yang sangat menyakitkan. Karena, komplikasi kesehatan lebih lanjut bisa menyebabkan infeksi ginjal dan organ tidak berfungsi dengan baik.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Batu GinjalIlustrasi Batu Ginjal © medicalnewstoday.com

Batu ginjal yang besar dapat menyebabkan nyeri hebat, mual dan muntah. Dalam beberapa kasus, batu ginjal yang terlalu besar mungkin membutuhkan pembedahan.

Penyebab lain dari batu ginjal ermasuk tidak minum cukup cairan dan minum obat tertentu. Misalnya, mengonsumsi aspirin dapat meningkatkan risiko seseorang terkena batu ginjal berulang. Orang juga lebih mungkin mengembangkan batu ginjal jika ada riwayat keluarga dengan kondisi tersebut.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi jeruk mandarinIlustrasi jeruk mandarin © mustsharenews.com

Nah, kita harusnya tak boleh menggantungkan asupan vitamin C dalam tubuh hanya dengan suplemen saja. Banyak kok, buah-buahan dan sayuran di sekitar kita yang harusnya menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

Selain mudah didapatkan, harganya juga terjangkau banget kan. Nah, kalau ingin mencoba buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C kamu bisa mencoba buah jeruk, strawberry, brokoli ataupun vabai merah.

Beri Komentar