Bukan Cuma Senang-Senang, Main Video Games Ternyata Ada Manfaatnya untuk Kesehatan lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 9 Desember 2021 13:28
Bukan Cuma Senang-Senang, Main Video Games Ternyata Ada Manfaatnya untuk Kesehatan lho!
Jika dalam porsi yang tepat, main video games bermanfaat untuk kesehatan nih.

Banyak sekali masyarakat yang memandang bahwa video games merupakan sesuatu yang buruk, seperti buang-buang waktu dan kekanak-kanakan. Padahal, melansir dari Medical Daily via Merdeka.com, bermain video games itu tak selama buruk. Jika dalam porsi yang tepat, bermain video games juga punya sejumlah manfaat untuk kesehatan lho!

 

1 dari 6 halaman

Melepaskan Dopamim

Ilustrasi Wanita Main Game © Diadona

Bermain video games tentu salah satu cara menghibur diri dan membuat diri senang. Ketika senang, otak melepaskan hormon bernama dopamim alias hormon bahagia. Sehingga ketika kembali beraktivitas pun akan siap dan menjalaninya dengan suka cita.

2 dari 6 halaman

Meditatif

Ternyata, sensasi dan perasaan ketika bermain video games kesukaan itu serupa ketika meditasi. Hal tersebut membuatmu sangat terlibat dalam permainan tersebut. Sehingga, kamu pun bisa pulih dari pekerjaanmu yang membuat bosan.

 

3 dari 6 halaman

Mengistirahatkan Tubuh dan Pikiran

Ilustrasi Wanita Main Game © Diadona

Ketika bermain video games, itu berarti kamu mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Rasa yang timbul adalah rasa puas. Penelitian bahkan menyebutkan bahwa lebih dari 60 persen perusahaam besar mempersilahkan untuk bermain game ketika beristirahat dari kerja setiap harinya.

 

4 dari 6 halaman

Interaksi Sosial Meningkat

Bukan malah tertutup, justru dalam beberapa jenis game, seseorang bisa meningkatkan interaksi sosialnya, baik seara daring maupun luring. Sehingga, orang tersebut bisa menjadi mudah untuk terhubunga dengan orang lain dan berbagi perasaannya.

 

5 dari 6 halaman

Ekpresikan Kreativitas dan Kebebasan

Ilustrasi Wanita Main Game © Diadona

Bermain video games ternyata membuat seseorang mendapatkan lebih banyak kreavitias dan kebebasan. Apalagi video games yang dimainkan berbentuk sandbox atau simulasi. Hal tersebut bisa menunjukkan dan melatih kreativitas yang dimiliki.

 

Beri Komentar