Telapak Tangan Sering Bau Tidak Sedap, Waspada 5 Kondisi Medis Ini Mengintai!

Reporter : Mila
Rabu, 15 Desember 2021 07:57
Telapak Tangan Sering Bau Tidak Sedap, Waspada 5 Kondisi Medis Ini Mengintai!
Jangan dianggap remeh.

Tubuh kita memang diciptakan dengan segala keunikannya. Ketika ada sesuatu yang tidak biasa terjadi pada tubuh, mereka secara otomatis mengeluarkan 'alarm' bahaya sebagai pertanda. Salah satunya adalah bau badan.

Tidak hanya di ketiak, bau badan juga bisa muncul di mana saja, termasuk telapak tangan. Bau pada telapak tangan memang banyak penyebabnya yang kadang sepele.

Tapi pada beberapa kondisi, bau pada telapak tangan juga bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan tertentu. Apa saja?

1 dari 6 halaman

Bromhidrosis

Kalau kamu sering mencium bau tak sedap di telapak tangan, bisa jadi itu tanda bromhidrosis. Kondisi ini berhubungan dengan keringat yang dikeluarkan tubuh. Bromhidrosis emang normal, tapi bisa sangat mengganggu bagi beberapa orang.

Pada dasarnya, keringat itu tidak berbau. Tapi, saat berinteraksi dengan bakteri kulit, bakteri bisa memecahnya dan menghasilkan produk sampingan berupa bau tak sedap.

2 dari 6 halaman

Onikomikosis

Ilustrasi Telapak Tangan © Diadona

Onikomikosis adalah infeksi jamur yang menyerang kuku. Hal tersebut juga bisa membuat telapak tangan jadi bau. Baunya biasanya menyerupai bau kaki yang tak sedap atau keju busuk.

Onikomikosis menyebabkan perubahan warna, penebalan, serta pemisahan kuku dari dasar kuku. Umumnya, kondisi ini menyerang kuku kaki, tetapi juga tak jarang terjadi pada kuku tangan.

3 dari 6 halaman

Diabetes

Saat kamu mencium bau manis pada telapak tangan, ini mungkin tanda komplikasi medis serius dari diabetes. Hal tersebut terjadi ketika tubuh kekurangan hormon insulin dan kelebihan glukosa atau gula darah.

Normalnya, gula dalam darah akan dipecah oleh insulin supaya dapat masuk ke dalam sel dan memberikan energi bagi tubuh. Tetapi saat tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak bisa menggunakan insulin secara efektif, gula dalam darah tidak bisa dipecah.

Akibatnya, tubuh memecah asam lemak untuk mendapatkan energi yang cukup. Pemecahan ini kemudian menghasilkan senyawa yang disebut keton atau aseton (jenis yang sama pada penghapus cat kuku). Senyawa inilah yang kemudian tercium sebagai bau badan ketika adanya peningkatan produksi keton. 

4 dari 6 halaman

Penyakit Ginjal atau Hati

Ilustrasi Telapak Tangan © Diadona

Adanya bau yang tidak biasa pada telapak tangan juga bisa menjadi tanda penyakit hati atau ginjal. Kedua organ tubuh itu berfungsi mengeluarkan racun.

Oleh karena itu, saat organ ini tidak berfungsi, racun bisa menumpuk dan meningkatkan kadar amonia dalam darah dan urin. Sehingga memicu bau yang tidak biasa, umumnya menyerupai bau amonia yang tidak sedap.

5 dari 6 halaman

Trimetilaminuria

Bau menyengat lain yang ditemui pada telapak tangan juga bisa menjadi tanda kondisi medis trimetilaminuria. Ini adalah ganguan metabolik di mana tubuh tidak bisa memecah senyawa trimetilamina, yaitu senyawa dengan bau yang sangat menyengat digambarkan seperti telur busuk, sampah, ikan busuk, atau urin.

Normalnya trimeltilamina dikeluarkan oleh tubuh melalui urin, keringat, dan napas. Tapi, saat terjadi gangguan senyawa ini menumpuk dalam tubuh sehingga menyebabkan bau menyengat yang mengganggu.

6 dari 6 halaman

Kalau kamu mengalami telapak tangan yang bau dalam kurun waktu yang lama dengan bau yang sulit dijelaskan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Beri Komentar