Hati-hati Jangan Langsung Mandi Setelah Bangun Tidur, Ini Bahayanya!

Reporter : Mila Ismiranda
Senin, 13 Desember 2021 07:57
Hati-hati Jangan Langsung Mandi Setelah Bangun Tidur, Ini Bahayanya!
Kenapa sih kok bisa bahaya?

"Bangun tidur ku terus mandi...", kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan lirik lagu anak-anak ini kan? Untuk segera produktif dan beraktifitas, biasanya kebanyakan orang langsung mandi setelah bangun dari tidur.

Tapi, ternyata kebiasaan tersebut tidak sepenuhnya baik dan bisa berdampak pada kesehatan lho. Untuk lebih lengkapnya, yuk intip artikel di bawah ini!

1 dari 4 halaman

Kondisi Tidur saat Bangun Tidur

Ilustrasi Bangun TidurIlustrasi Bangun Tidur © Shutterstock

Melansir Sleep, tubuh akan mengalami berbagai efek saat terbangun. Misalnya, kemampuan berpikir tidak setajam saat dalam keadaan sadar. Makanya, orang yang baru bangun tidur cenderung tidak bisa bereaksi dengan cepat saat dihadapkan pada hal sepele sekalipun (alias lemot).

Hal tersebut karena aktivitas otak, denyut jantung, pencernaan, dan berbagai fungsi lain pada tubuh mengalami penurunan selama terlelap. Tapi jangan khawatir, ingatan dan kesadaran akan kembali penuh setelah beberapa menit kamu bangun.

2 dari 4 halaman

Efek Kalau Langsung Mandi Setelah Bangun Tidur

Ilustrasi MandiIlustrasi Mandi © Shutterstock

Kalau kamu langsung melakukan aktivitas ketika bangun tidur, seperti mandi atau sekadar berdiri, tubuh tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk mengembalikan fungsi normalnya. Akibatnya, tubuh menjadi 'kaget' dan belum berfungsi normal.

Posisi berdiri saat mandi membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Nah, saat kamu langsung mandi begitu bangun tidur, denyut jantung masih rileks. Belum mempersiapkan untuk memompa darah secara optimal ke seluruh tubuh. Akibatnya, tekanan darah menjadi lebih rendah dari seharusnya.

3 dari 4 halaman

Menyebabkan Penyakit Serius

Ilustrasi MandiIlustrasi Mandi © shutterstock.com/id/g/Jay Zynism

Saat nekat mandi setelah bangun tidur, kamu mungkin akan merasakan pusing yang muncul tiba-tiba. Jantung pun merespons kondisi ini dengan berdetak lebih kencang agar suplai darah ke seluruh tubuh tetap terpenuhi.

Pada kasus yang lebih parah, langsung mandi setelah bangun tidur bisa menyebabkan hipotensi ortostatik. Kondisi ini terjadi saat jantung tidak sempat menyuplai darah menuju otak karena kamu berdiri secara mendadak dari posisi awal berbaring.

Meskipun hipotensi ortostatik tidak berlangsung lama, tapi kondisi ini juga bisa menimbulkan komplikasi berupa stroke, nyeri dada, detak jantung tidak teratur, pingsan, hingga kematian akibat gagal jantung.

4 dari 4 halaman

Beri Jeda Tubuh untuk 'Sadar' Sepenuhnya

Jadi, sebaiknya saat bangun tidur biarkan tubuhmu rileks sejenak sambil membuka mata. Kemudian, duduklah dahulu di tepi tempat tidur. Kamu bisa sambil mengatur napas dan rasakan detak jantung  kembali normal. Setelah tubuh dirasa sudah siap beraktivitas, barulah kamu bisa mandi agar tubuh lebih segar.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Beri Komentar