Diet Tanpa Harus Lakukan Olahraga, Emang Bisa?

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 6 Mei 2023 09:06
Diet Tanpa Harus Lakukan Olahraga, Emang Bisa?
Banyak orang pada sibuk dengan ragam aktivitas harian, lalu buat yang mau diet apakah harus dengan berolahraga? Seberapa perlu olahraga untuk kita yang lagi berdiet?

Banyak orang melakukan program diet tertentu untuk menurunkan berat badan tanpa harus capek-capek berolahraga. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti memiliki aktivitas yang sangat padat atau adanya keterbatasan akses ke fasilitas olahraga (seperti gym atau kolam renang).Wajar saja, tak sedikit orang mencoba diet tanpa berolahraga. Namun, pertanyaan selanjutnya adalah, apakah bisa diet dilakukan tanpa harus berolahraga?

1 dari 7 halaman

Well, menurut dr. Dion Haryadi lewat channel YouTube nya (The Doctor’s Diet), menyatakan bahwa seseorang bisa saja kok melakukan diet tanpa olahraga, dengan catatan kalori yang masuk atau bahkan lebih sedikit dengan kalori yang dikeluarkan. Jadi, kamu tetap bisa diet tanpa berolahraga asalkan asupan kalori yang masuk harus sama atau lebih sedikit daripada kalori yang keluar yah Diazens! 

Selain itu, kamu juga bisa ikutin 6 tips diet tanpa olahraga dibawah ini! 

 

2 dari 7 halaman

1. Mengunyah secara perlahan

Ilustrasi Diet Makan © Diadona

Mengunyah makanan secara perlahan dapat membuat mental dan kesadaran berpikir bahwa makanan yang kamu makan sudah banyak, karena akan cenderung lebih lama di konsumsi, otomatis makanan yang dimakan akan lebih sedikit pula daripada saat kamu mengunyah makanan secara cepat.

3 dari 7 halaman

2. Menambah asupan protein di setiap porsi makan

Protein dapat membantu untuk mengontrol nafsu makan, hal ini dikarenakan kandungan dalam protein yang dapat membantu memberikan efek kenyang yang lebih lama. Oleh karena itu, asupan protein pada makanan sehari-hari dapat membantu kamu menurunkan berat badan tanpa perlu usaha lebih.

4 dari 7 halaman

3. Mengonsumsi lebih banyak serat

Ilustrasi Diet Makan © Diadona

Kebanyakan serat memiliki kalori yang rendah meski dimakan dalam jumlah banyak, hal ini dapat mempermainkan pikiran untuk berpikir bahwa asupan makanan yang dimakan sudah cukup banyak. 

5 dari 7 halaman

4. Mengonsumsi air putih

Mengonsumsi air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan pun dapat menjadi salah satu hal yang membantu apabila kalian mau diet tanpa olahraga nih Diazens! Hal ini dikarenakan meminum air putih sebelum makan dapat memberikan efek kenyang lebih cepat.

6 dari 7 halaman

5. Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil

Ilustrasi Makanan Berserat Tinggi © Diadona

Makan dengan porsi yang lebih sedikit, tentunya dapat membantu untuk mengecilkan kuantitas kalori pula, tapi tetap ingat kamu butuh makan dengan gizi yang tercukupi ya Diazens!

7 dari 7 halaman

6. Cukupi waktu tidur

Waktu tidur yang tidak teratur dan tidak tercukupi dapat membuat ketidakseimbangan hormon yang memicu hormon pengatur nafsu makan sehingga bisa mendorong kamu untuk makan lebih banyak daripada seharusnya. Waktu tidur yang baik adalah sekitar 7-9 jam untuk orang dewasa. 

Menurut dr. Dion pun biasanya orang yang tidak ingin melakukan keduanya (berolahraga dan makan sehat) hanya belum menemukan jenis olahraga dan makanan diet yang disukainya, sehingga seseorang perlu untuk mencari jenis diet dan olahraga apa yang ia sukai untuk bisa berdiet dengan cara yang sehat dan benar. Oleh karena itu, kamu perlu untuk mencari jenis diet atau olahraga apa yang kamu sukai sebelum menyerah dan ingin diet tanpa olahraga saja nih Diazens! 

Well, kamu pilih diet dengan olahraga atau enggak nih Diazens? Coba komen di bawah ya…

At Last, Stay Healthy Diazens!

(Editor: Pinkhan Azarin Rahmawaty)

Beri Komentar