Cara Membuat Masker Tomat, Mentimun dan Jeruk Nipis untuk Wajah Berjerawat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 5 Februari 2020 15:23
Cara Membuat Masker Tomat, Mentimun dan Jeruk Nipis untuk Wajah Berjerawat
.Kandungan vitamin pada tomat mampu menangkis semua masalah kulit. Cocok banget untuk kamu yang takut bahan kimia dan kantong jebol dalam perawatan wajah.


Beberapa orang mengklaim kalau tomat bisa digunakan sebagai obat alami untuk berbagai masalah kulit. Tapi seampuh apa sih untuk bikin kamu tergerak mencari cara membuat masker tomat?

Dilansir dari healthline.com, tomat itu memang sehat karena mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tomat juga mengandung kaliaum, vitamin A, vitamin B, magnesium.

Sayangnya, cuman ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung klaim kamu untuk manfaat dari cara membuat masker tomat dan mengoleskannya ke wajah kamu. Meski begitu, ada beberapa penelitian yang mungkin bikin kamu berubah pikiran. Apa saja?

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Wajah dari Tomat

TomatTomat © rawpixel.com

Tomat sebagai Pelindung Kanker Kulit

Ini karena tomat mengandung Sumber Tepercaya lycopene, karotenoid yang ditemukan di berbagai jenis buah-buahan. Senyawa alami ini memberi tomat warna merah. Nah, likopen juga memiliki efek antikanker yang kuat.

Tapi cuman ada sedikit bukti yang mendukung efek antikanker dari aplikasi cara membuat masker tomat ke wajah. Salah satunya, pemberian tomat ke tikus membuat peluang terkena tumor pada mereka jadi lebih kecil dibanding tikus tanpa konsumsi buah tomat. Penelitian ini jadi membuktikan keampuhan konsumsi tomat untuk penangkal kanker kulit, tapi belum bisa dijadikan patokan pada keampuhannya bila diaplikasikan dalam bentuk masker.

Tomat untuk Mengurani Resiko Terbakar Matahari

Tomat bukan pengganti tabir surya, tetapi likopen dalam buah tomat mungkin memiliki efek perlindungan terhadap cahaya matahari dan sinar UV.

Tomat dapat Menyembuhkan Luka

Bukan luka karena hati patah ya, tapi vitamin C pada tomat dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan ikat baru, yang juga dapat membantu memperbaiki luka dan mempercepat proses penyembuhan.

Tomat dapat Meredakan Peradangan Kulit

Senyawa likopen, beta karoten, lutein dan Vitamin E dan C bisa membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan iritasi kulit atau terbakar sinar matahari. Tapi sekali lagi, belum ada penelitian lebih lanjut tentang efek tomat saat dioleskan langsung ke kulit.
Semua manfaat tomat tersebut bisa kamu dapatkan kalau mengkonsumsinya secara langsung. Tapi nggak ada salahnya kan mencoba menambah asupan dari nutrisi terbaik pada tomat, dengan cara membaut amsker tomat dan mengaplikasikannya lngsung ke kulit.

Kamu bisa menggunakan tomat sebagai masker cuman dengan memotongnya menjadi beberapa lapisan tipis lalu meletakannya di wajah, atau bisa menghaluskannya terlebih dahulu. Tomat pounya kandungan asam yang nggak terlalu tinggi, namun meski terbuat dari bahan alam, pastikan juga kalau wajah kamu nggak teriritasi dengan tomat itu sendiri. 

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Tomat untuk Jerawat

Ilustrasi Masker WajahIlustrasi Masker Wajah © thayers.com

Dilansir dari stylecraze, berikut cara membuat masker tomat untuk wajah berjerawat.
Tomat dianggap dapat membatu menyembuhkan jerawat karena kandungan asam yang dapat menangkis bakteri-bakteri.

Bahan yabng digunakan untuk cara membuat masker tomat
1/2 buah tomat
1 sendok teh minyak jojoba
3-5 tetes tea tree oil

Cara membuat masker tomat untuk wajah berjerawat
Haluskan tomat dan campur dengan kedua minyak
Oleskan campuran ini pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit.
Bilas dengan air hangat terlebih dahulu dan kemudian dengan air dingin. Apliaksikan sebanyak 2 - 3 kali seminggu.

Cara membuat masker tomat dengan minyak jojoba dan tea tree oil ini dianggap ampuh untuk mengusir jerawat karena minyak jojoba mudah diserap ke dalam kulit dan melembabkannya. Nggak cuman itu, minyak jojoba juga akan mengontrol kelebihan minyak yang diproduksi oleh kulit dan menyumbat pori-pori. Sementara Minyak pohon teh adalah antiseptik yang membersihkan infeksi dan jerawat.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Tomat dan Jeruk Nipis

ilustrasi jeruk nipisilustrasi jeruk nipis © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Cara membuat masker tomat dan jeruk nipis biasanya digunakan sebagai penghilang noda hitam di wajah. Ini karena fungsi keduanya sebagai penangkal hiperpigmentasi wajah. Meski begitu, dalam cara membuat amsker wajah dengan jeruk nipis kamu harus memperhatikan efek berupa iritasi karena kandungan assam yang tinggi dari kedua bahan tersebut.

Bahan yang harus kamu siapkan dalam cara membuat masker tomat dan jeruk nipis
1 sendok teh bubur tomat
3-4 tetes air perasaan jeruk nipis

Trus gimana nih cara membuat masker tomat dan jeruk nipis ini?

  • Tambahkan air perasan jeruk nipis ke pasta tomat, dan oleskan ke bagian kulit yang teritasi
  • Biarkan mengering selama 10-12 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Keringkan dan pelembab

Kombinasi tomat dan air jeruk nipis juga bisa banget sebagai masker untuk menghilangkan bintik gelap di wajah, dengan menambahkan yogurt pada resep masker. Begini cara membuat masker tomat, jeruk nipis dan yogurt.

Bahan yang diperlukan.
1 buah tomat
1 sendok teh air lemon
1 sendok makan yogurt plain

Cara membuat masker tomat, dan jeruk nipis dan yogurt
Potong tomat menjadi dua bagian. Peras air dari setengahnya ke dalam mangkuk.
Tambahkan jus lemon dan yogurt ke dalamnya, dan oleskan campuran ini pada wajah kamu.
Cuci bersih dengan air hangat setelah 15 menit.

Terapkan paket masker ini setiap hari untuk hasil yang terbaik. Fungsi memutihkan dari ketiga bahan tersebut cocok banget untuk menghilangkan hitam karena terbakar sinar matahari. Ditambha, yogurt kaya akan nutrisi yang bagus untuk kulit kamu.

 

 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Tomat dan Mentimun

Ilustrasi infused water mentimunIlustrasi infused water mentimun © 2019 https://www.diadona.id/drpatriciamd.com

Tomat dan mentimun memang bagus untuk kulit, baik ketika diaplikasikan sendiri-sendiri atau bersamaan. Selain itu juga murah dan mudah didapatkan. Yuk belajar cara membuat masker tomat dan mentimun untuk kulit cantik nan glowing.

Bahan yang harus kamu siapkan dalam cara membuat masker tomat dan timun
1/2 buah tomat
1/4 mentimun

Cara membuat masker tomat dan mentimun

Haluskan tomat, tambahkan timun yangs udah dihancurkan 
Oleskan campuran ini ke wajah dengan bantuan kapas atau dengan Anda.
Cuci setelah 15-20 menit. Untuk hasil yang optimal, lakukan rangkaian perawatan selama dua kali seminggu.

Lalu apa gunanya sih cara membuat masker tomat dicampur dengan mentimun ini? Mentimun dapat menyegarkan wajah dan menyeimbangkan pH. Ditambah, mentimun bisa membantu membuat pori-pori terlihat mengecil. Cara membuat masker tomat dan mentimun ini bisa kamu terapkan untuk kamu yang ingin wajah bebas jerawat dan kulit bebas minyak.

Beri Komentar