Kurang Air Putih Saat Buka Puasa, Siap-siap Berat Badan Naik Setelah Ramadan

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 6 Mei 2021 14:40
Kurang Air Putih Saat Buka Puasa, Siap-siap Berat Badan Naik Setelah Ramadan
Apa hubungannya kurang air putih dengan berat badan naik setelah sebulan puasa?

Menjaga asupan cairan selama Bulan Ramadan adalah tantangan tersendiri. Waktu minum yang terbatas karena puasa harus dimaksimalkan sedemikian rupa dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup, terutama saat berbuka.

Tak hanya membuat kita dehidrasi, kurang cairan saat buka puasa rupanya dapat berpengaruh terhadap berat badan kita lho. Hal ini dijelaskan oleh Ketua Indonesia Hydration Working Group, Dr dr Diana Sunardi M.Gizi SpGK. Ia mengingatkan bahwa kebanyakan konsumsi gula dibanding air putih dapat membuat berat badan naik dan sistem hormonal di tubuh terganggu.

1 dari 3 halaman

Sebabkan Penumpukan Lemak Sampai Risiko Diabetes

Gula yang terdapat di minuman dan makanan manis, yang biasa dijadikan pembatal puasa, seharusnya digunakan tubuh sebagai sumber energi. Ketika gula tersebut tidak digunakan dengan baik lantaran kurangnya gerak atau aktivitas fisik, pelan-pelan akan diubah menjadi lemak.

Ketika lemak menumpuk di dalam tubuh, efek yang paling kelihatan adalah penambahan berat badan.

" Makanya ada yang selama bulan puasa justru berat badannya bertambah," Kata Diana Sunardi dalam webinar 'Melindungi Diri dan Raih Kemenangan Bersama Aqua' belum lama ini.

Lebih lanjut, kelebihan gula atau karbohidrat sederhana juga akan mengganggu sistem hormonal di dalam tubuh, yaitu hormon insulin yang mengelola gula di dalam tubuh kita.

" Nanti bisa jadi diabetes," dia menekankan.

2 dari 3 halaman

Mengganggu Fungsi Organ

Tak bisa dipungkiri bahwa gula dan gorengan merupakan godaan puasa. Namun, mesti diingat bahwa gorengan pun sumber lemak.

Kombinasi kurang minum air putih ditambah hanya mengonsumsi yang manis dan gorengan. Jangan kaget kalau di penghujung Ramadan bermasalah dengan berat badan.

Diana Sunardi, menambahkan, tubuh manusia butuh air supaya bisa mentransportasikan oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke jantung dan otak, serta mentransportasikan zat-zat gizi.

" Kalau kekurangan air, tentunya nanti organ-organ tubuhnya akan terganggu," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Berbuka dengan Air Putih

Diana Sunardi menyebut bahwa tidak ada salahnya berbuka puasa dengan yang manis-manis. Akan tetapi tentunya harus dibatasi karena Sunnah Nabi pun menganjurkan hanya mengonsumsi tiga biji kurma dan segelas air putih.

" Itu bagus sekali karena tubuh kita hanya butuh sedikit, sesaat, untuk mentralisir yang mungkin kita kekurangan saat berpuasa. Selebihnya harus pelan-pelan dan tidak berlebihan. Biar lambungnya beradaptasi dulu, biar enggak kaget," Diana Sunardi menekankan.

Reporter: Aditya Eka Prawira

Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar