Ini Menu Buka Puasa yang Baik Bagi Penderita Diabetes, Jangan Asal Comot Ya!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 4 Mei 2021 08:27
Ini Menu Buka Puasa yang Baik Bagi Penderita Diabetes, Jangan Asal Comot Ya!
Yuk, jangan asal makan saat berbuka puasa!

Salah penyakit yang masih sering diidap oleh masyarakat luas adalah dibates. Salah satu penyebab memiliki penyakit ini adalah kesalahan dalam pola makan. Untuk itu, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah memperhatikan pola makan. Sayangnya, penderita diabetes justru malah sering asal comot di bulan puasa ini.

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita LaparIlustrasi Wanita Lapar © Shutterstock

Melansir dari Merdeka.com, Felicia Deasy Irwanto, dokter spesialis gizi klinik Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDKI), mengatakan bahwa penderita diabtes benar-benar harus lebih memerhatikan pola makan di bulan puasa ini.

Waktu berbuka puasa adalah waktu yang rawan banget nih. Felicia pun mengingatkan untuk mengganti makanan yang punya kadar lemak tinggi agar tak terjadi kenaikan kadar gula darah yang tinggi. Selain itu, jangan lupa untuk tertap beraktivitas.

 

2 dari 4 halaman

Ilustrasi GorenganIlustrasi Gorengan © Liputan6.com

" Bagi penderita diabetes, dan masyarakat disarankan pada saat berbuka puasa nantinya tidak mengkonsumsi makanan dengan kadar gula darah terlalu banyak, selama berpuasa tetap menjaga pola makan dan pola aktivitas meskipun pandemi melanda," kata dia dalam siaran persnya, ditulis Kamis.

Makanan kaya serat adalah makanan yang sangat disarankan untuk berbuka puasa. Contohnya bisa seperti oatmeal, kurma, dan roti gandum, serta masih banyak lagi. Di samping itu, minum air mineral dalam jumlah yang cukup sangatlah penting agar tetap bertenaga dan tidak dehidrasi.

Ilustrasi kurmaIlustrasi kurma © https://suaramuslim.net

 

3 dari 4 halaman

Jika bulan puasa dijalankan dengan benar termasuk juga pola makannya, manfaat besar akan didapatkan untuk penderita diabetes. Felicia menyebutkan puasa bisa memperbaiki pola makan yang buruk, mengatur kadar gula darah, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun untuk penderita diabetes kronis yaitu hipoglikemia, disarankan untuk tidak berpuasa sebab bisa mengancam nyawa.

" Bagi penderita diabetes kronis, seperti memiliki gejala hipoglikemia yang dapat mengancam nyawa, disarankan untuk tidak berpuasa dan membawa persediaan makanan manis seperti permen apabila mulai muncul gejala."

 

4 dari 4 halaman
Beri Komentar