Tuai Banyak Protes, WhatsApp Tunda Berlakunya Kebijakan Privasi yang Terbaru

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 19 Januari 2021 11:00
Tuai Banyak Protes, WhatsApp Tunda Berlakunya Kebijakan Privasi yang Terbaru
TUh guys, jangan lupa dibaca dulu kebijakan terbaru dari WhatsApp ini ya~

Semenjak mengumumkan akan ada kebijakan baru terkait privasi pengguna, WhatsApp mendapat banyak protes dari berbagai pihak. Selain itu, banyak juga pengunannya yang kini beralih ke platform lain seperti Signal ataupun Telegram.

Menyikapi hal ini, WhatsApp memutuskan untuk menunda berlakunya kebijakan tersebut. Melansir dari laman Merdeka, kebijakan yang ahrusnya sudah berlaku sejak 8 Februari itu diundur hingga 15 Mei 2021.

1 dari 4 halaman

Dengan adanya pengunduran waktu ini, WhatsApp berharap pengguna jadi punya waktu lebih panjang untuk mempelajari, meninjau, dan menerima update kebijakan privasi hingga tanggal yang ditentukan. WhatsApp juga memastikan tidak ada akun yang dihapus pada 8 Februari 2021.

Ilustrasi WhatsAppIlustrasi WhatsApp © shutterstock.com/PixieMe

Melansir dari The Verge, WhatsApp mengatakan jika banyaknya informasi salah yang diterima oleh masyarakat. Oleh karenanya, mencoba meluruskan kesalahpahaman tersebut dengan mem-posting berbagai penjelasan di media sosial, termasuk menjelaskan informasi soal data apa yang dilindungi dan tidak ketika seseorang menggunakan WhatsApp.

 

2 dari 4 halaman

WhatsApp mengatakan jika yang embaruan kebijakan privasi ini hanya berlaku untuk percakapan dengan akun Bisnis yang menggunakan WhatsApp Business API dan memilih provider hosting di luar WhatsApp.

" Maksud dari pembaruan ini adalah menyampaikan ke pengguna bahwa pesan dengan bisnis di WhatsApp dapat disimpan di server Facebook, yang mengharuskan pembagian data antara kedua perusahaan." ujar WhatsApp seperti dikutip dari The Verge.

whatsapp dark modewhatsapp dark mode © androidpit

3 dari 4 halaman

Jadi, untuk privasi WhatsApp personal akan tetap terjaga. Tidak akan ada pengintegrasian data WhatsApp dan Facebook.

" Pembaruan ini tidak memperluas kemampuan kami untuk berbagi data dengan Facebook," tutup WhatsApp.

Jadi itu ya guys, kalau ada pembaruan apapun yang ada di aplikasi harap dibaca dulu ya, agar tidak salah mengkonsumsi informasi, hehe.

Beri Komentar