Facebook Terancam Kehilangan Instagram dan WhatsApp, Mark Zuckerberg Apa Gak Pusing tuh?

Reporter : Yoyok
Jumat, 11 Desember 2020 12:50
Facebook Terancam Kehilangan Instagram dan WhatsApp, Mark Zuckerberg Apa Gak Pusing tuh?
Hal ini diakibatkan gugatan yang dilayangkan dari Amerika Serikat

Facebook merupakan media sosial terbesar di dunia saat ini. Puluhan bahkan ratusan juta penggunanya setiap hari mengakses Facebook dari komputer maupun dari smartphone.

Tidak hanya besar, Facebook pun juga telah mengakuisisi banyak media sosial lainnya. Diantaranya adalah Instagram yang berbasis foto dan video dan WhatsApp yang digunakan untuk bertukar chat.

Kabar terbaru mengatakan bahwa Facebook terancam kehilangan Instagram atau WhatsApp lho.

1 dari 4 halaman

Digugat FTC

Dikutip dari Reuters, Facebook sedang menghadapai masalah yang cukup pelik karena terancam kehilangan Instagram atau WhatsApp. Facebook tengah menghadapi gugatan dari pemerintah Amerika Serikat melalui US Federal Trade Commission (FTC). Mereka menggugat agar Facebook melepas atau menjual salah satu dari WhatsApp ataupun Instagram.

Google Alphabet pun juga tengah digugat oleh Departemen kehakiman AS karena diklaim memanfaatkan kekuasaannya untuk menyingkirkan para rival. Hal ini pula yang tengah terjadi dituduhkan kepada Facebook yaitu dengan memonopoli dan menyingkirkan rival yang lebih kecil.

2 dari 4 halaman

Monopoli Rival

Facebook dituding melakukan monopoli persaingan dengan cara membeli perusahaan rival sebelum menjadi besar. Tentu saja fokus FTC yaitu pada pembelian Instagram di tahun 2012 senilai 1 miliar Dollar dan WhatsApp di tahun 2014 dengan nilai 19 miliar Dollar.

" Selama hampir satu dekade, Facebook telah menggunakan dominasi dan kekuatan monopolinya untuk menghancurkan rival lebih kecil, menghabisi kompetitor, semuanya dengan biaya dari para user sehari-hari," ucap Jaksa Agung New York, Letitia James.

" Tidak ada perusahaan yang harus memiliki kekuatan begitu besar tanpa dicek dalam hal interaksi pribadi dan sosial kita. Itulah kenapa kami mengambil tindakan hari ini," lanjut Letitia James.

3 dari 4 halaman

Sukses karena Facebook

Proses pengadilan ini diperkirakan bakal berlangsung cukup lama. Hal ini dikarenakan FTC sendiri yang lebih dulu mengizinkan akuisisi gelar. Menanggapi gugatan ini, Facebook berujar kalau pertaturan anti kompetisi seharusnya tidak digunakan kepada perusahaan yang sukses.

Jennifer Newstead, penasihat hukum pihak Facebook, berujar kalau Instagram dan WhatsApp bisa sukses seperti sekarang karena akuisisi dari Facebook.

" Aturan anti monopoli eksis untuk melindungi konsumen dan juga mempromosikan inovasi, bukannya untuk menghukum bisnis yang sukses. Ini adalah peringatan menakutkan bagi bisnis Amerika bahwa tidak ada penjualan yang final," ucap Jennifer Newstead.

4 dari 4 halaman

Dengan adanya WhatsApp dan Instagram di tangan Facebook, perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut terlihat sangat superior damat banyak orang. Satu platform dari tiga media sosial tersebut memiliki lebih dari satu miliar pengguna.

Ilustrasi Facebook

Gimana nih menurut kamu? Facebook baiknya melepas Instagram atau WhatsApp nih?

Beri Komentar