Jadi Perbincangan Hangat, Ini 6 Fitur Andalan Signal yang Nggak Kalah Menarik dari WhatsApp

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 16 Januari 2021 08:00
Jadi Perbincangan Hangat, Ini 6 Fitur Andalan Signal yang Nggak Kalah Menarik dari WhatsApp
Fitur-fiturnya keren abis~

Semenjak WhatsApp memperbarui kebijakan privasi untuk pengguna, banyak yang mulai ragu dan berpaling dari WhatsApp. Salah satu aplikasi chatting yang banyak dibicarakan untuk menjadi pengganti adalah Signal.

Alasan utama Signal menjadi aplikasi alternatif adalah aplikasi ini memiliki fitur yang sangat mirip dengan WhatsApp. Bahkan, fitur-fitur yang ada di dalam Signal ini lebih bagus. Apalagi dari segi kelola data dan privasi pengguna.

Lalu apa saja fitur andalan yang dimiliki oleh Signal ini? Yuk simak ulasan singkatnya di bawah.

1 dari 6 halaman

1. Dissappearing message

Fitur Unggulan Signal © Diadona


Melansir dari Wall Street Journal, fitur ini memungkinkan pengirim mengatur seberapa lama pesan ditampilkan kepada penerima. Jadi, kita bisa memilih durasi waktu 5 detik sampai dengan 7 hari.

Nanti, setelah mencapai waktu yang dipilih, pesan akan secara otomatis terhapus. Cara mengaktifkan fitur ini dengan membuka percakapan, lalu klik profil kamu, setelah itu akan ada opsi 'Disappearing Message' dan tinggal aktifkan

2 dari 6 halaman

2. View-once media

Fitur ini memungkinkan kita untuk mengatur pesan ketika mengirim foto atau video akan terhapus secara otomatis begitu penerima membuka file. Jadi, ini itu sangat membantu jika kita hanya ingin menunjukkan sebuah foto atau video dan tak ingin penerima pesan menyimpan file tersebut.

3 dari 6 halaman

3. Group video call di desktop


Berbeda dari WhatsApp, Signal juga menawarkan pilihan untuk melakukan grup video call di perangkat laptop atau PC lho.

Cara melakukan video call di grup Signal pun terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu memilih kontak, menambahkan nama ke grup, dan klik ikon video call.

4 dari 6 halaman

4. Tautkan berbagai perangkat

Ilustrasi Aplikasi Signal © Diadona


Aplikasi ini mempunyai fitur yang membuat kita dapat memakai atau mengakses Signal di berbagai perangkat sebanyak mungkin, tidak seperti WhatsApp.

Jadi, kita dapat menggunakan Signal di smartphone, laptop, tablet, atau perangkat lain dalam waktu yang bersamaan.

5 dari 6 halaman

5. Enkripsi end-to-end

Fitur Unggulan Signal © Diadona

Mirip dengan WhatsApp, semua chat (pesan) yang dikirim atau diterima di Signal sudah terenkripsi end-to-end.

Ini berarti semua pesan yang dikirim hanya terlihat oleh kamu dan lawan chatting, tidak bisa dilihat oleh perusahaan atau siapa pun juga.

6 dari 6 halaman

6. Signal Pin

Signal Pin merupakan gerbang keamanan utama agar orang lain tidak dapat meregistrasi nomor seluler yang sama pada aplikasi Signal di perangkat lain. Jika kita sudah mengaktifkan pin, maka pin tersebut harus dimasukkan ketika registrasi lewat perangkat lain dengan nomor seluler yang sama.

Beri Komentar